REVITALISASI NILAI NILAI TASAMUH DALAM PENERAPAN PENGUATAN PENDIDIKAN BERKARAKTER DI PONDOK PESANTREN MODERN 4 BAHASA AL MUHIBBIN JATIROGO TUBAN

Authors

  • Ainur Rofi'ah Universitas Kiai Abdullah Faqih (UNKAFA) Gresik
  • Ali Ahmad Yenuri Universitas Kiai Abdullah Faqih (UNKAFA) Gresik

DOI:

https://doi.org/10.61722/jssr.v2i6.3006

Keywords:

Revitalisasi, Tasamuh, Pendidikan Berkarakter

Abstract

Artikel ini menjelaskan tentang uraian penelitian terkait realitas sikap tasamuh yang sudah diterapkan oleh santri di Pondok Pesantren Modern 4 Bahasa Al Muhibbin Jatirogo Tuban, dan Revitalisasi Nilai Tasamuh Dalam Penerapan Penguatan Pendidikan Berkarakter Di Pondok Pesantren Modern 4 Bahasa Al Muhibbin Jatirogo Tuban. Adapun hal yang melatarbelakangi adanya penelitian adalah karena banyak konflik yang melatarbelakangi perpecahan suatu bangsa yang multikultural, banyaknya golongan intoleran akan perbedaan. Yang akan menimbulkan perpecahan suatu bangsa dan Negara, itu juga akan berpengaruh dalam ranah pendidikan, yang notaben nya mengarah pada lahirnya generasi penerus. Ini perlu diwaspadai dan menjadi fokus penting dalam dunia pendidikan. Sikap tasamuh penting diterapkan dalam lembaga  pendidikan salah satunya dalam lembaga pesantren dapat dilakukan untuk penguatan pendidikan berkarakter sebagai cara perluasan betapa pentingnya sikap saling pengertian, saling menghargai. Metode penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif, jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri. Analisis data menggunakan metode analisis deskriptif. yakni penyusunan data untuk kemudian diolah, dijelaskan dan dianalisis serta dilakukan bersamaan dengan pengumpulan data. Hasil penelitian ini menyajikan bahwa pertama, Perilaku tasamuh dalam membentuk karakter pada santri pondok pesantren 4 bahasa al muhibbin dimulai dengan hal kecil yaitu adanya saling tolong menolong antar teman, dan adanya saling menghargai sedikit banyak sudah diterapkan dalam diri santri itu sendiri. Kedua, Dalam revitalisasi nilai tasamuh sebagai penguatan pendidikan karakter, pesantren modern 4 bahasa al muhibbin menanganinya dengan berbagai metode seperti diadakannya berbagai kegiatan dalam pondok pesantren berupa: 1. pendalaman kitab kuning, program 4 bahasa (arab,inggris,jepang,mandarin), berbagai esktrakulikuler, dan muhadhoroh. 2. Keteladanan kyai. 2. Pembiasaan sikap tasamuh dalam diri santri. 3. Peran Guru Pendidik. 

References

Afga Sidiq Rifai, Pembaharuan Pendidikan Pesantren Dalam Menghadapi Tantangan dan Hambatan di Masa Modern, Jurnal Inspirasi, Vol. 1, No. 1, Januari-Juni 2017.

Ahmad Tafsir, Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya, 1992.

Ahmad, Ibn Hanbal, Musnad Ahad Ibn Hanbal. Beirut: al Maktab al-Islami, 1993..

Baidi, Bukhori, Toleransi Terhadap Umat Kristiani: Ditinjau dari Fundamentalis Agama dan Kon- trol Diri, Semarang: IAIN Walisongo Semarang, 2012.

Bukhari Umar, Hadis Tarbawi Pendidikan Dalam Perspektif Hadis, Jakarta: Bumi Aksara, 2012.

Dr. M. Quraish Syihab, Wawasan Al-Qur’an Tafsir maudhu’I atas berbagai Persoalan Umat, Mizan, Jakarta, 1997.

Harum, Natasha, Revitalisasi Lembaga Pendidikan dalam Upya Membangun Karakter Bangsa. Jurnal Pemikiran Islam; Vol. 37, No 1 Januari-Juni 2012.

Ika, Setiyani, Dica Lanitaaffinoxy dan Ismunajab, Pendidikan Agama Islam, Swadaya Murni,2010.

Inkafa, Gresik. Pedoman penulisan karya ilmiah, Edisi kesembilan. Gresik:: LPPM Inkafa, 2021

Irwan, Masduqi, Berislam Secara Toleran: Teologi Kerukunan Umat Beragam, Bandung: PT. Mizan Pustaka, 2011.

Irwan, Masduqi, Berislam Secara Toleran: Teologi Kerukunan Umat Beragam., Bandung: PT. Mizan Pustaka, 2011.

Jamal, Ma’mur Asmani, Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Madrasah, Yogyakarta: Diva Press, 2012.

M. Kasir, Ibrahim, Kamus Arab Indonesia Indonesia Arab. ApolloLestari, Surabaya, t.th., h.

Nurcholish, Madjid, Islam. Kerakyatan dan KeIslaman, Bandung: Mizan, 1994.

Said, Aqiel Siradj, Tasawuf Sebagai Basis Tasamuh: Dari Social Capital Menuju Masyarakat Moderat. Al-Tahrir vol.13 No.1.

Shalahuddin Sanusi, Integrasi Ummat Islam: Pola pembinaan Kesatuan Ummat Islam, Bandung: Penerbit Iqamatuddin, 1987.

Sri, Hidayati Djoeffan, Revitalisasi pendidikan sebagai paradigm peningkatan kualitas bangsa dalam MIMBAR: Jurnal Sosial dan Pembangunan, Volume XX No. 2 April- Juni 2004.

Usa, muslih. Pendidikan Islam dalam Peradaban Industrial. Yogyakarta: Aditya Media, 1997.

Downloads

Published

2024-11-30