Dinamika Pembelajaran dan Pemerolehan Bahasa Arab

Authors

  • Ika Oktaviani Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Rahma Sekarningrum Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Maulidah Syahrisyarifah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • M Yunus Abu Bakar Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.61722/jssr.v2i6.3015

Keywords:

Dinamika Pembelajaran, Metode Pembelajaran, Pemerolehan Bahasa, Bahasa Arab

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dinamika pembelajaran Bahasa Arab, dengan fokus pada pengaruh perbedaan metode pembelajaran terhadap pemahaman yang diperoleh oleh anak-anak dan orang dewasa. Menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini menganalisis literatur terkait, seperti buku dan jurnal ilmiah, untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas pembelajaran Bahasa Arab di Indonesia. Hipotesis utama yang diuji adalah bahwa perbedaan metode pembelajaran akan memengaruhi tingkat pemahaman siswa, terutama antara kelompok usia yang berbeda. Temuan awal menunjukkan bahwa faktor lingkungan belajar, motivasi, serta ketersediaan sumber daya berperan penting dalam proses pembelajaran. Selain itu, perbedaan teknik pengajaran yang diterapkan pada anak-anak dan orang dewasa memiliki dampak yang signifikan terhadap hasil yang diperoleh. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan mendalam mengenai prinsip-prinsip pembelajaran dan pemerolehan bahasa Arab, serta kontribusinya dalam meningkatkan kualitas pengajaran di berbagai tingkat pendidikan.

References

A, Mohammad Haafiz, ‘Sustaining Arabic Language Learning Strategies’, 1.4 (2020), pp. 15–32

Alif Cahya Setiyadi, Mohammad Syam’un Salim, ‘Integrasi Teori Krashen Dalam Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Inggris Pada Pembelajaran Daring Di Perguruan Tinggi’, At-Ta’dib, 8.02 (2013), pp. 1–16, doi:10.53977/ps.v1i01.345

Alpala, Ochoa, Carol Anne, Roberto Flórez, and Eliana Edith, ‘Blended Learning in the Teaching of English as a Foreign Language’, An Educational Challenge HOW, 18 (2011), pp. 154–68 <http://www.redalyc.org/articulo.oa?id=499450717010>

Alwi, Said, ‘Pemerolehan Dan Pembelajaran Bahasa Kedua Pada Anak Usia Prasekolah’, Jurnal Saree, 3.1 (2021), pp. 2746–4466 <https://journal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/sareehttps://doi.org/10.47766/saree.v3i2.539>

Asma Wati Ndita, Amri Tanduklangi, Amirudin Rahim, ‘Kompetensi Guru Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMAn 1 Barangka Kabupaten Muna Barat’, 9.2 (2020), pp. 1–14

Azhar, Muhammad, Hakmi Wahyudi, Promadi, and Masrun, ‘Penggunaan Teknologi Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Indonesia’, Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6.4 (2023), pp. 3160–64 <https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/20984/15794>

Beno, J, A.P Silen, and M Yanti, ‘Faktor Faktor Efektivitas Pembelajaran Bahasa Arab’, Pradi Khusufi Syamsu, 11.02 (2022), pp. 1–21

Evi Nurus Suroiyah, and Dewi Anisatuz Zakiyah, ‘Perkembangan Bahasa Arab Di Indonesia’, Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3.1 (2021), pp. 60–69, doi:10.51339/muhad.v3i1.302

Filailatil Fitriyah, Roichatuzzuhriyah, ‘Hakikat Pemerolehan Dan Pembelajaran Bahasa Pada Anak’, Jip, 2.7 (2024), pp. 1011–19

Kapoh, Ruty J, ‘Faktor Yang Mempengaruhi Dalam Perolehan Bahasa’, Interlingua, 4.April (2010), pp. 87–95

Khusniyah, Nurul Lailatul, ‘Review Teoretik Pemerolehan Bahasa Dan Bakat Bahasa Bagi Anak’, Qawwam, 13.1 (2019), pp. 14–28, doi:10.20414/qawwam.v13i1.1700

Mahbubi, Abdillah, Nur Aqilah L. R. Opier, Arroyyanah F, and M. Yunus Abu Bakar, ‘Implementasi Teori Generatif Transformatif Dalam Pembelajaran Bahasa Arab’, An-Nidzam : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Studi Islam, 10.2 (2023), pp. 211–28, doi:10.33507/an-nidzam.v10i2.1127

Masum, Ali, ‘Gradasi Materi Pembelajaran Menulis Permulaan Arab Bagi Pelajar Non-Penutur Arab Gradation of Arabic Beginning Writing Learning Materials For Non- Arabic Speaker Students’, Majalah Sainstekes, 9.2 (2022), pp. 82–89

Salloum,et al., Said A., ‘A Survey of Lexical Functional Grammar in the Arabic Contex’, International Journal of Computing and Network Technology, 4.3 (2016), pp. 141–46, doi:10.12785/ijcts/040304

Santosa, Imam, Neni Nurkhamidah, and Theresia Arianti, ‘Tren Pemanfaatan Teknologi Pembelajaran Dalam Pengajaran Kosakata Bahasa Inggris Pada Sekolah Dasar’, Jurnal Holistika, 5.2 (2021), p. 72, doi:10.24853/holistika.5.2.72-84

Downloads

Published

2024-12-02