IMPLEMENTASI PENERAPAN NILAI-NILAI ASWAJA DALAM KITAB ADABUL ‘ALIM WAL MUTA’ALLIM DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK SISWA KELAS VII MTS MADRASATUL QUR AN TEBUIRENG JOMBANG

Authors

  • Ahmad Fahmi Rusdi Baihaqi Universitas Hasyim As`ari
  • Nailul Maromi Universitas Hasyim Asyari
  • Achmad Fathoni Al Faris Universitas Hasyim Asyari
  • Norma Fitria Universitas Hasyim Asyari

DOI:

https://doi.org/10.61722/jssr.v3i1.3061

Keywords:

Nilai Aswaja; Kitab Adabul ‘alim wal Muta’alim; Akhlak

Abstract

Abstrak Materi akhlak yang eksis diajarkan di pondok pesantren diantaranya keutamaan ilmu, keutamaan belajar, keutamaan menyebarluaskan ilmu (mengajarkannya), adab (akhlak) pelajar terhadap dirinya sendiri, adab pelajar terhadap pendidik/orang yang berilmu, adab seorang pelajar terhadap ilmu yang dipelajarinya. Adab orang yang berilmu terhadap dirinya sendiri. Adab pendidik/orang yang berilmu dalam proses belajar-mengajar. adab seorang guru kepada murid-muridnya dan adab terhadap kitab. Materi-materi tesebut banyak tertuang di dalam kitab yang ditulis oleh para ulama diantaranya KH Hasyim Asy‟ari dalam kitabnya adabul alim wal muta‟alim. Pondok pesantren yang mengajarkan kitab tersebut dan mengamalkannya diantaranya adalah Mts madrasatul Qur`an. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui : penerapan kitab Adabul „Alim Wal Muta‟alim sebagai pembinaan akhlak al-karimah siswa Mts madrasatul Qur`an. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian adanya inovasi guru menerapkan nilai kitab Adabul ‘Alim wal Muta’allim dalam pembelajaran atau kegiatan sehari-hari dengan metode keteladanan (uswah hasanah). Guru juga dilakukan proses rekrutmen yang berafiliasi NU

References

Adisusilo, S. (2012). Pembelajaran nilai - karakter: Konstruktivisme dan VCT sebagai inovasi pendekatan pembelajaran afektif. Rajawali Pers.

Al-Zarnuji, B. I. (n.d.). Ta`limul Muta`alim. Al-Hidayah.

Apriliani, I., & Justitia, T. (2021). The Implementation of Islamic Education in Muslim Minority Area. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 150–161. https://doi.org/10.31538/nzh.v4i2.1224

Aprilianto, A., & Mariana, W. (2018). Permainan Edukasi (Game) Sebagai Strategi Pendidikan Karakter. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 139–158. https://doi.org/10.31538/nzh.v1i1.47

Barnoto, B. (2020). Merespon Perubahan Dalam Pemenuhan Kebutuhan Sumber Daya Manusia Di SMP Negeri 1 Pacet. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v1i1.27

Budiya, B. (2021). Manajemen Pengelolaan Kelas Masa Pandemi di SD Ta’miriyah Surabaya. Attadrib: Jurnal PendidikanGuruMadrasahIbtidaiyah,4(1),https://jurnal.staidagresik.ac.id/index.php/attadrib/article/view/129

Faisal Sanapiah (2003) ‘Format-format Penelitian Sosial’, in Raja Grafindo Persada, p. 20.

Fauzan, F., & Bahrissalim, B. (2017). Curriculum Analysis Teacher Professional Education Program (ppg) of Islamic Education in Indonesia. TARBIYA: Journal of Education in Muslim Society, 4(2), 148–161. https://doi.org/10.15408/tjems.v4i2.6400

Hasanah & Khomsiyati (2022) ‘Etika Pembelajaran Perspektif KH. Hasyim Asy’ari dan Implementasinya di Pondok Pesantren’, Jurnal Pengkajian Islam, pp. 178–201.

Ma`arif, M. A. (2018). Analisis Strategi Pendidikan Karakter Melalui Hukuman Preventif. Ta’allum: Jurnal PendidikanIslam,6(1),31–56. https://doi.org/10.21274/taalum.2018.6.1.31-56

Muhaimin, A. (2017). Strategi Pendidikan Karakter Perspektif Kh. Hasyim Asy’ari. Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 26–37. http://e- journal.ikhac.ac.id/index.php/nidhomulhaq/article/view/20

Muhibbin Syah. (2013). Psikologi Pendidikan dengan pendekatan baru (18th ed.). Remaja Rosdakarya.

Permadi, B. A. (2021). Pengaruh Kecintaan Siswa Pada Al-Qur’an Terhadap Perilaku Sosial di Sekolah Dasar Al Islam Plus Kabupaten Sidoarjo. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah

Rahman, A. (2016). Pendidikan Akhlak Menurut Az-Zarnuji dalam Kitab Ta’lim al-Muta’allim. At-Ta’dib, 11(1). https://doi.org/10.21111/at-tadib.v11i1.647

Rohayati, E. (2011). Pemikiran al-ghazali tentang pendidikan akhlak. Ta’dib, 16(01), 93–112. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/tadib/article/view/56

Rony, & Jariyah, S. A. (2020). Urgensi Pendidikan Karakter dalam Membentuk Akhlak Peserta Didik. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 1(1), 79–100. https://doi.org/10.31538/tijie.v1i1.18

Rosyadi, K. (2004). Pendidikan profetik. Pustaka Pelajar.

Sanika, E., & Hidayah, F. (2018). Program Pembentukan Akhlak Siswa Pada Masa Pubertas (Studi Kasus di SMP Tri Bhakti Tegaldlimo Banyuwangi Tahun Pelajaran 2018/2019. EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 82–93. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.458

Sugiono (2019) ‘Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan)’, Jurnal Inspiratif Pendidikan.

Sugiyono (2016) ‘Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D’, Jurnal Alfaberta, 2.

Supian, S., Rahman, K. A., Daud, S. M., & Thohirin, N. (2020). Development of Pesantren Teachers In The Perspective of Uswah Nubuwah. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 3(3), 371–388. https://doi.org/10.31538/nzh.v3i3.693

Zami, Q. A., & Suyanto, B. (2021). Digital Divide for Teacher During Pandemic Covid-19. Al- Mada: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 4(2), 213–224. https://doi.org/10.31538/almada.v4i2.1235

Zami, Q. A., & Suyanto, B. (2021). Digital Divide for Teacher During Pandemic Covid-19. Al- Mada: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 4(2), 213–224. https://doi.org/10.31538/almada.v4i2.1235

Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan karakter, Konsepsi dan Aplikasinya dalam Pendidikan. Kencana Prenada.

Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan karakter, Konsepsi dan Aplikasinya dalam Pendidikan. Kencana Prenada.

Zulaikhah, D., Sirojuddin, A., & Aprilianto, A. (2020). Analisis Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kurikulum 2013 Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamiion,1(1),6

Downloads

Published

2024-12-06