Pengembangan Bahan Ajar Ajar Media Pembelajaran Book Creator Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas IV MI/SD SDIT Cahaya Harati Palangka Raya
DOI:
https://doi.org/10.61722/jssr.v3i1.3676Keywords:
Bahan ajar, Buku Kreator, Canva, Pendidikan PancasilaAbstract
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis media pembelajaran digital menggunakan aplikasi Book Creator pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila untuk siswa kelas IV MI/SD SDIT Cahaya Harati. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Bahan ajar yang dikembangkan dirancang untuk meningkatkan minat belajar siswa melalui penyajian materi yang interaktif, visual menarik, dan mudah diakses. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan memenuhi kriteria validitas, efektivitas, dan kepraktisan. Uji validasi oleh ahli materi dan media memperoleh skor rata-rata tinggi, sedangkan hasil uji coba kepada siswa menunjukkan peningkatan pemahaman konsep dan minat belajar. Implementasi bahan ajar ini juga di terima dengan baik oleh guru, yang menganggapnya sebagai alternatif inovatif dalam proses pembelajaran. Kesimpulannya, bahan ajar berbasis Book Creator efektif di gunakan sebagai media pendukung pembelajaran Pendidikan Pancasila di kelas
References
Amalia, Intan. “Menggunakan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Dalam Proses Pembelajaran Di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK) 2, no. 2 (2020): 152–55. https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i1.900.
Annisak, Fadillah, and Abdul Gani Jamora Nasution. “Peran Guru PKn Dalam Menumbuhkan Jiwa Nasionalisme Pada Siswa MI/SD.” Jurnal Pendidikan Tambusai 8, no. 1 (2024): 1736–39. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/12641/9703.
Arief, Hikmat, Ecep Andang Mulyana, Enung Nurjanah, and Yuan Risnandah. “Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pelajaran Matematika Melalui Pembelajaran Tutorial Berbasis Ispring.” Jurnal Ilmiah Mandala Education 7, no. 1 (2021): 57–65. https://doi.org/10.36312/jime.v7i1.1658.
Hutagaol, Rutmauli. “Inovasi Teknologi Dalam Pendidikan Klinis Keperawatan Sebagai Strategi Pembelajaran Kreatif: Apa Saja Manfaatnya Bagi Mahasiswa Keperawatan?: Sebuah Literatur Review.” Jurnal Skala Kesehatan 14, no. 1 (2023): 28–39. https://doi.org/10.31964/jsk.v14i1.384.
Juari, Erwin Winaryati Dyah Ristanti Ari, Rida Fironika Kusumadewi, and Yunita Sari. “Pengembangan ‘BALING’ Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VI Sekolah Dasar.” Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD) 2, no. 2 (2021): 75. https://doi.org/10.30595/jrpd.v2i2.9908.
Kosasih, Usep Kosasih, Samnur Saputra, and Egi Ahmad Supriadi. “Pengembangan Bahan Ajar Bentuk Aljabar Melalui Pendekatan Open-Ended.” PERISAI: Jurnal Pendidikan Dan Riset Ilmu Sains 1, no. 1 (2022): 90–97. https://doi.org/10.32672/perisai.v1i1.64.
Murtiningsih, Siti. “Konsep Penguatan Pendidikan Karakter (Ppk) Melalui Pembelajaran Pendidikan Pancasila.” Dirasah : Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam 6, no. 2 (2023): 112–17. https://doi.org/10.51476/dirasah.v6i2.530.
Putri, Muhammad Syabrina, and Sulistyowati. “Pelatihan Aplikasi Canva Dalam Meningkatkan Literasi Digital Dan Kreativitas Peserta Didik Di MI Al-Muhajir Kereng Pangi.” Anfatama: Jurnal Pengabdian Masyarakat 2, no. 4 (2023): 14–24.
Rahma, Febrizka Alya, Hary Soedarto Harjono, and Urip Sulistyo. “Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Digital.” Jurnal Basicedu 7, no. 1 (2023): 603–11. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4653.
Seviana, Ranida. “Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality Pada Pembelajaran Geografi Materi Planet Di Tata Surya.” Geodika: Jurnal Kajian Ilmu Dan Pendidikan Geografi 6, no. 2 (2022): 198–208. https://doi.org/10.29408/geodika.v6i2.6122.
Sinaga, Wellty Mely Betesda Br, and Alief Firmansyah. “Perubahan Paradigma Pendidikan Di Era Digital.” Jurnal Teknologi Pendidikan 1, no. 4 (2024): 10. https://doi.org/10.47134/jtp.v1i4.492.
Subroto, Desty Endrawati, Supriandi, Rio Wirawan, and Arief Yanto Rukmana. “Implementasi Teknologi Dalam Pembelajaran Di Era Digital: Tantangan Dan Peluang Bagi Dunia Pendidikan Di Indonesia.” Jurnal Pendidikan West Science 1, no. 07 (2023): 473–80. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i07.542.
Sulianti, Ani, Yusuf Efendi , and Halimatus Sa’. “JPK : Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan (Print) Penerapan Nilai-Nilai Pancasila Dalam Lembaga Pendidikan.” JPK: Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan 5, no. 1 (2020): 54–65. https://doi.org/10.24269/jpk.v5.n1.2020.
Sulistyowati, Sulistyowati, Istiyati Mahmudah, Muhammad Syabrina, Nur Inayah Syar, Rahmad Rahmad, and Abdul Wahid. “Pengembangan Bahan Ajar Digital Pada Mata Ipas Kelas Iv Di Mi/Sd.” Jurnal Kajian Kritis Pendidikan Islam 7, no. 1 (2024): 35–52. https://doi.org/10.52484/as.
Susanty, Sri. “Inovasi Pembelajaran Daring Dalam Merdeka Belajar.” Jurnal Ilmiah Hospitality 9, no. 2 (2020): 157–66. https://doi.org/10.47492/jih.v9i2.289.
Syabrina, Muhammad, and Sulistyowati. “Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Flash Ibtidaiyah.” Tarbiyah Wa Ta’lim : Jurnal Penelitian Pendidikan & Pembelajaran 7, no. 1 (2020): 25–36.
Syafruddin, Muhammad Akbar, and Nur Indah Atifah Anwar. “Sinergi Pendidikan Jasmani Dan Teknologi Multimedia Di Era Digital.” Judika (Jurnal Pendidikan Unsika) 12, no. 1 (2024): 123–36. https://doi.org/10.35706/judika.v12i1.9238.
Syuhendri, Syuhendri, Lara Sania, and Hamdi Akhsan. “Pengembangan Bahan Ajar Teks Perubahan Konseptual Materi Fisika Dasar Topik Kinematika.” Jurnal Kumparan Fisika 4, no. 1 (2021): 43–50. https://doi.org/10.33369/jkf.4.1.43-50.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JOURNAL SAINS STUDENT RESEARCH

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.