Pengaruh Label Halal Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pempek Dua Putri Pada Masyarakat Muslim Kota Jambi

Authors

  • Nurul Ismainy Putri UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Agustina Mutia UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Ogi Saputra UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.61722/jssr.v1i2.388

Keywords:

Halal Label, Product Quality, Purchase Interest

Abstract

Currently, competition in the culinary business is getting tighter every day. This is evidenced by the large number of culinary businesses, one of which is MSMEs. Pempek Dua Putri is one of the MSMEs in Jambi City. Everyone has their own choices before deciding to buy a product. Halal labeling and product quality are one of the factors that influence consumer buying interest. This study aims to determine and analyze the effect of halal labeling and product quality on consumer buying interest in Pempek Dua Putri for Muslim communities in Jambi City

References

Al-Qur’an

Ikatan Penerbit Indonesia. Al-Qur’an al-Karim. Bandung: CV Penerbit Diponegoro, 2013.

Buku

Ajzen, Icek dan Fishbein Martin, The Influence of Attitudes On Behavior. 2005.

Assauri, Sofyan. Pangan Pasar. Jakarta: Lembaga Penerbit Universitas Indonesia, 2001.

Fauzia, Ika Yunia, dkk. Prinsip Ekonomi Islam (Prinsip Maqashid al-Syariah), Cet 1. Jakarta: Prenada Media Group, 2014.

Ferdinand, Augusty. Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2006.

Gozali. Model dan Persamaan Struktural Konsep dan Aplikasi dengan Program Ver 5.0, 2008.

Handoko. Manajemen. Edisi Kedua, Cetakan Ketiga belas. Yogyakarta: BPFE, 2013.

Hasan, Ali. Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta: Caps, 2013.

Konoras, Abdurrahman. Jaminan Produk Halal dan Indonesia Prospektif Hukum Perlindungan Konsumen. Depok: Raja Grafindo, 2017.

Kotler dan Keller. Manajemen Pemasaran. Jilid I Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga, 2009.

Kotler, Philip. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Prenhallindo, 2000.

Kotler, Philip. Principles of Marketing. Pearson, 2017.

Koter, Philip, dan Gary Amstrong. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga, 2012.

Kotler, Philip, dan Gary Amstrong. Principles of Marketing Eighteenth Edision. Pearson Education, 2021.

Kotler, Philip, dan Gary Amstrong. Prinsip-Prinsip Marketing. Edisi Ketujuh. Jakarta: Salemba Empat, 2004.

Kusuma, Hadri. Akuntansi Manajemen. Yogyakarta: Ekonisia, 2013.

Listyaningsih, Erna, dan Apip Alansori. Kontribusi UMKM Terhadap Kesejahteraan Masyarakat. Yogyakarta: Andi, 2020.

Mowen, John C, dan Michael Minor. Perilaku Konsumen . Jakarta: Erlangga, 2002.

Nizar, Muhammad dan Iltiham, Muhammad Fahmul. Label Halal Bawa Kebaikan. Pasaruan: Perpustakaan Nasional : Kutalog Dalam Terbitan (KDT). 2013

Siswantoro. Metode Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.

Siyoto, Sandu, dan M. Ali Sodik. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing, 2015.

Sudaryono. Manajemen Pemasaran Teori dan Implementasi. Yogyakarta: Andi Offset, 2016.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif dan R&D. Cetakan ke 22. Bandung: Alfabeta, 2015.

Sukmadinata, Nana Syaodikh. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010.

Sumarwan, Ujang. Riset Pemasaran dan Konsumen. Bogor: IPB Press, 2012.

Sunyoto, Danang. Analisis Regresi dan Korelasi Bivariat. Yogyakarta: Amara Books, 2007.

Sunyoto, Danang. Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran Konsep; Strategi dan Kasus. Yogyakarta: Caps, 2012.

Umar, Husein. Metode Penelitian untuk Skiripsi dan Tesis Bisnis. Edisi Kedua. Jakarta: Rajawali Pers, 2011.

Una, Sayuti. Pedoman Penulisan Skripsi. Cetakan 1. 2012.

Winarno, Wing Wahyu. Analisis Ekonometrika dan Statistika dengan Eviews Edisi IV. Yogyakarta: UPP STM YKPN, 2015.

Jurnal/Skripsi

Aditi, Bunga. ”Analisis Pengaruh Inovasi Produk, Harga, dan Sertifikasi Halal Terhadap Minat Beli Ulang Melalui Kepuasan Konsumen UMKM di Kota Medan,” Proceedings Roundtable for Indonesian Entrepreneurship Educators V, 2017.

Alfian, Ian, dan Muslim Marpaung. “ Analisis Pengaruh Label Halal, Brand dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian di Kota Medan,”At- Tawassuth 2, no 1 (2017).

Alim, Shilachul Alfinul, M. Kholid Mawardi, dan Aniesa Samira Bafadhal. “Pengaruh Persepsi Halal dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fesyen Muslim (Survei pada Pelanggan Produk Zoya Muslim di Kota Malang),” Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) 62, no 1 (September 2018).

Ambali, Abdul Raufu dan Ahmad Naqiyuddin Baqar. ”Halal Food and Product in Malaysia: People’s Awareness and Policy Implications.” Intelectual Discourse 21, no 1 2013.

Aminuddin. “Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Minat Beli (Studi Pada Konsumen Pizza Hut Kota Medan.” Jurnal Riset Akuntansi Multiparadigma (JRAM) 5 no 2 (Sepember 2018).

Anisya, Riska, Ratna Wijayanti, dan Bahtiar Efendi. “Pengaruh Label Halal, Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Aice (Studi Kasus pada Mahasiswa UNSIQ Jawa Tengah di Wonosobo).” Journal of Economic, Business and Engineering (JEBE) 2, no 1 (Oktober 2020).

Ashari, Mela. “Pengaruh Pengetahuan Produk dan Sertifikasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Farmasi di Desa Mojorejo Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun.” 2019.

Bulan, Tengku Putri Lindang, dan Khairul Fazrin. “Pengaruh Label Halal dan Bonus dalam Kemasan Terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Kinder Joy pada Masyarakat Kota Langsa.” Jurnal Manajemen dan Keuangan 6, no 2 (2017)

Desmayonda, Ananda, dan Trenggana, Arlin Ferlina Mochamad. “Pengaruh Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian dengan Religiusutas sebagai Variabel Intervening di Mujigae Resto Bandung.” Ekonomi dan Bisnis 12, no 1 (2019).

Fatimah, Neneng, Sri Kasnelly, dan Abd Hamid. “Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kopi Liberika Dalam Perspektif Islam pada Gerai UMKM Mekar Jaya.” Al-Mizan: Jurnal Ekonomi Syariah 3, no 2 (Desember 2020).

Halim, Abdul. “Pengaruh Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Mamuju.” Growth: Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan 1 no 2 (2020).

Haqiqi, Nur, dan Handari Adji Widwi. “Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen di Perkebunan Sayuran Andritani Farm Kabupaten Cianjur.” Jurnal Ilmiah MEA(Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi)5 no 3 (2021).

Hendradewi, Savitri, Amalia Mustika, dan Anis Darsiah. “Pengaruh Kesadaran Halal dan Label Halal Terhadap Minat Beli Mie Instan Korea pada Remaja Sekolah di Jakarta.” Jurnal Ilmiah Pariwisata 26 no 2 (Juli 2021).

Indika, Deru R, dan Cindy Jovita. “Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Promosi Untuk Meningkatkan Minat Beli Konsumen.”Jurnal Bisnis Terapan 1 no 1 (2017).

Izzuddin, Ahmad. “Pengaruh Label Halal, Kesadaran Halal dan Bahan Makanan Terhadap Minat Beli Makanan Kuliner.” Jurnal Penelitian Ipteks 3 no 2, (Juli 2018).

Karnowati, Nandang Bekti, Herni Justiana Astuti, Pujiharto, dan Azmi Fitriati.”Pengaruh Kualitas Layanan, Pengalaman, Kepuasan Konsumen dan Perilaku Mencari Variasi Terhadap Perpindahan Merek.” Jurnal Manajemen Motivasi 17 no 1 (2021).

Khairunnisa, Hana, Lubis, Deni, dan Hasanah Qoriatul.“Kenaikan Omzet UMKM Makanan dan Minuman di Kota Bogor Pasca Sertifikasi Halal.” AL- MUZARA’AH 8, no 2 (Desember 2020).

Kholil, Ahmad, Abdul Wahab, Fawa’id, Muhamad Wildan, dan Lailatul Hidayah. “Pengaruh Harga dan Label Halal Terhadap Minat Beli Roti Naf’a di Kecamatan Kepung Kediri.” Jurnal Qawanin 5, no 1 (Januari-Juni 2021).

Maulidah, Fai’zah Laila, dan Renny Oktafia. ”Strategi Pengembangan Usaha Kecil dan Mikro Serta Dampak Kesejahteraan Masyarakat Desa Kweden Kecamatan Tarik Kabupaten Sidoarjo (Menurut Pandangan Maqashid Syariah).” Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam 6, no 3 (2020).

Mariam, Aam, dan Nila Nopianti. “Pengaruh Label Halal dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen pada Produk Kosmetik (Studi Kasus Siswa/Siswi Perhotelan SMK Negeri 1 Ciamiss).” Jurnal Kewarganegaraan 6, no 2 (Juli 2022).

Medriyansah. ”Peran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Menurut Perspektif Ekonomi Islam (Studi pada Usaha Tempe di Desa Sumber Jaya Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan).” 2017.

Pardede, Ratlan. “Pengaruh Persepsi Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Yang Dimediasi Kepuasan Konsumen.” Journal of Business & Applied Management 10, no 1, 2017.

Putri, Arinda Widiantika. “Pengaruh Strategi Pemasaran MLM Syariah dan Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen.” 2018.

Rangkuti. “Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan dalam Kemasan (Snack Merek Chitato) pada Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.” 2010.

Satria, Arif Adi. “Pengaruh Harga, Promosi dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen pada Perusahaan A-36.” Jurnal Lentera Bisnis 2 no 1 (April 2017).

Sinaga, S. “Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Produk Makeover pada Pengunjung Counter Makeover di Plaza Medan Fair.” 2018.

Syahputra, Adi, dan Haroni Doli Hamoroan. “Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Masyarakat Kecamatan Perbaungan dalam Pembelian Produk Makanan dalam Kemasan.” Jurnal Ekonomi dan Keuangan 2,no 8 (2013).

Veranita, Mira, dkk.”Labelisasi Halal, Kualitas Produk dan Harga Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Produk-Produk UMKM Saffa Tjahya Lestari.” Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Keuangan Syariah 4, no 1 (Juli 2022).

Wardani. “Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Muslim pada Jaizah Boutique Tlogosari Semarang.” 2015.

Wijaya, Yan Berlin Angga, dan Rahardjo, Basuki. “Labelisasi Halal dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Aspek Religiusitas Sebagai Variabel Interving.” 2018.

Lainnya

Badan Pusat Statistik (BPS). diakses 23 Juni 2023. http://www.bps.go.id/.

Ihram. “Kemenag Bantu Sertifikasi Halal 120 Pelaku Usaha di Jambi,” diakses 15 Juni 2023 https://ihram.republika.co.id/berita/r8xs4k366/kemenag-bantu- sertifikasi-halal-120-pelaku-usaha-di-jambi .

Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi. “Ketua MUI Jambi: Miliki Sertifikat Halal Hindari Keraguan Konsumen, “ diakses 15 Juni 2023 https://jambi.kemenag.go.id/news/7546/ketua-mui-jambi-miliki-sertifikat- halal-hindari-keraguan-konsumen.html .

Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal. Diakses 27 Juni 2023. https://jdih.kemenag.go.id.

Kusnandar, Viva Budy. https://databoks.katadata.co.id.

Laman Resmi Republik Indonesia, “Portal Informasi Indonesia,” diakses 8 Juli 2023. https://indonesia.go.id/profil/agama.

Octavia, Ria. “Hasil Wawancara Masyarakat Muslim Kota Jambi.” 15 Juli 2023.

Downloads

Published

2023-12-01