Implementasi Bhineka Tunggal Ika Berbasis Dialog Untuk Mencegah Intoleransi Agama Di Indonesia

Authors

  • Saniria Benu Institut Agama Kristen Negeri Kupang
  • Jonathan Leobisa Institut Agama Kristen Negeri Kupang
  • Yakobus Adi Saingo Institut Agama Kristen Negeri Kupang

DOI:

https://doi.org/10.61722/jssr.v3i1.3971

Keywords:

Bhineka Tunggal Ika, Dialog Kondusif, Mencegah Intoleransi Agama

Abstract

Indonesia adalah negara yang memiliki banyak suku, agama, budaya, adat istiadat, tradisi, dan bahasa yang beberda, yang membuatnya menjadi masyarakat multikultural yang kompleks. Keberaggaman ini merupakan kekayaan dan potensi besar, namun juga menimbulkan tantangan berupa konflik diskriminasi, dan intoleransi, khususnya dalam konteks agama. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui tentang implementasi Bhinneka Tunggal Ika berbasis dialog sebagai solusi untuk mencegah intoleransi agama. Metode yang digunakan adalah studi pustaka, yang mengumpulkan data dari berbagai sumber akademis untuk menawarkan solusi dan saran dalam mencegah terjadinya konflik antara umat beragama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dialog antara umat beragama dan pendidikan yang menekankan nilai-nilai toleransi sangat penting dalam membangun pemahaman dan saling menghargai, serta menangkis pengaruh ideologi ekstremis. Dialog berbasis Bhineka Tunggal Ika direalisasikan dengan berkolaborasi antara pemerintah, organisasi masyarakat, dan tokoh agama untuk menciptakan lingkungan yang aman dan harmonis dalam konteks keberagaman agama masyarakat Indonesia. Implementasi dialog kondusif antara umat beragama dilakukan dengan pendidikan toleransi, dan kegiatan multikultural, motivasi untuk menghargai perbedaan, dan berkolaborasi dalam menciptakan lingkungan yang harmonis.

References

Abdulatif, S., & Dewi, D. A. (2021). Peranan Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membina Sikap Toleransi Antar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 4(2), 103–109. https://doi.org/10.55215/jppguseda.v4i2.3610

Arifin, S., Muthohirin, N., Tongat, & Wahyudi. (2018). Interseksi Hak Asasi Manusia dan Sharī‘ah di Indonesia. ISLAMICA: Jurnal Studi Keislaman, 12(2), 279–305. https://doi.org/10.15642/islamica.2018.12.2.261-287

Azwar, B. (2023). Peranan Guru BK dalam Mengembangkan Self Esteem Siswa Pada Kurikulum Merdeka Belajar. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(2), 450–466. https://doi.org/10.31316/gcouns.v7i03.4556

Banunaek, S. S., & Saingo, Y. A. (2024). Pengamalan Sila Pertama Pancasila Dalam Keluarga Yang Berbeda Keyakinan Agama. Pediaqu: Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 3(3), 1938–1952.

Binawan, R., & Najicha, F. U. (2023). Peranan Wawasan Nusantara Sebagai Upaya Dalam Mengatasi Konflik Nasional. AZZAHRA: Scientific Journal of Social Humanities, 1(3), 175–185. Retrieved from https://journal.csspublishing/index.php/azzahra

Husnullail, M., Risnita, Jailani, M. S., & Asbui. (2024). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data Dalam Riset lmiah. Journal Genta Mulia, 15(2), 70–78.

Karmawan, & Haromaini, A. (2024). Implementasi Moderasi Beragama Terhadap Praktik Kultur Budaya Kehidupan Warga Binaaan Di Lapas Pemuda Kelas II A Tangerang Provinsi Banten. Islamika: Jurnal Agama, Pendidikan, Dan Sosial Budaya, 18(1), 41–61.

Malau, T. W. (2024). Dialog Antara Agama Dan Kontribusi Tokoh Agama Dalam Penyelesaian Konflik Dan Implementasinya Untuk Memperkuat Toleransi. Jurnal Magistra, 2(1), 1–18.

Mukhibat, M., Istiqomah, A. N., & Hidayah, N. (2023). Pendidikan Moderasi Beragama di Indonesia (Wacana dan Kebijakan). Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 4(1), 73–88. https://doi.org/10.21154/sajiem.v4i1.133

Ningsih, A. sri, Hurairah, J., & Rahayu, M. (2024). Peran Pendidikan Islam Dalam Melawan Radikalisme Melalui Moderasi Beragama. AL-ABSHOR : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(3), 107–116.

Nurhakim, N., Adriansyah, M. I., & Dewi, D. A. (2024). Intoleransi Antar Umat Beragama di Indonesia. MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(1), 50–61. https://doi.org/10.60126/maras.v2i1.126

Nurul, A. F., Meilawati, M., Arifaturrizki, S., Ashifa, S. N., Agustina, T. N., Komariah, S., & Nugraha, D. M. (2024). Intoleransi di Balik Semboyan Bhinneka Tunggal Ika Afifah. SOSIO RELIGI: Jurnal Kajian Pendidikan Umum, 22(1), 33–38.

Pertiwi, A. D., & Dewi, D. A. (2021). Implementasi Nilai Pancasila Sebagai Landasan Bhinneka Tunggal Ika. Jurnal Kewarganegaraan, 5(1), 212–221. https://doi.org/10.31316/jk.v5i1.1450

Riyadi, I., Prabowo, E. A., & Hakim, D. (2024). Peran Bhinneka Tunggal Ika Dalam Keberagaman Adat Budaya di Indonesia. Jaksa: Jurnal Kajian Ilmu Hukum Dan Politik, 2(3), 34–49. Retrieved from https://doi.org/10.51903/jaksa.v2i3.1870

Saingo, Y. A., Koroh, T. D., Se’u, W. G. G., Hermin, Noach, Y. M. C., & Baun, S. (2022). Concept Of Religious Moderation As A Society Bridge And Technical Guidance For The Making Of Handsanitizer. Procedia of Social Sciences and Humanities, 72, 468–478.

Santiawan, I. N., & Warta, I. N. (2021). Dialog Lintas Iman Sebagai Upaya Memperkuat Moderasi Beragama. Widya Aksara: Jurnal Agama Hindu, 26(1), 102–110.

Santoso, G., Marsella, A. T., Permana, D. A., Syabilla, K. S., & Apriliani, N. A. D. (2023). Implementasi Bhinneka Tunggal Ika dan Cita-Cita Luhur Bangsa Indonesia Versi Generasi Z Jurnal Pendidikan Transformatif ( Jupetra ). Jupetra: Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(2), 246–255. Retrieved from https://jupetra.org/index.php/jpt/article/view/391%0Ahttps://jupetra.org/index.php/jpt/article/download/391/148

Setiadarma, F. (2022). Resolusi Konflik Dalam Kepemimpinan Kristen: Studi Resolusi Konflik Dalam Kepemimpinan Musa. TRACK: Jurnal Kepemimpinan Kristen, Teologi, Dan Entrepreneurship, 1(2), 99–118. https://doi.org/10.61660/tep.v1i2.25

Silalahi, H. (2020). Bermisi Dalam Aksi: Kajian Teologis Misi Gereja Terhadap Perwujudan Kerukunan Umat Beragama Di Indonesia. TE DEUM: Jurnal Teologi Dan Pengembangan Pelayanan, 10(1), 25–47. https://doi.org/10.51828/td.v10i1.32

Siregar, V. D., & Boiliu, F. M. (2023). Pendidikan Agama Kristen Humanis Sebagai Pendekatan dalam Membina Sikap Toleransi Beragama. Regula Fidei : Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 8(1), 10–17. https://doi.org/10.33541/rfidei.v8i1.160

Steviani, D. S. (2020). Implementasi Nilai Kebangsaan Bhinneka Tunggal Ika Dalam Peningkatan Pelayanan Publik. Jurnal Swara Justisia, 4(3), 261–268.

Sukandarman, S., & Sofa, A. R. (2024). Harmoni dalam Keberagaman : Toleransi dan Kerukunan Antar Umat Beragama Berdasarkan Al- Qur’an dan Hadits. Perspektif: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Bahasa, 2(4), 128–144.

Tlonaen, N. M., & Saingo, Y. A. (2023). Peran Ideologi Pancasila Dalam Pembentukan Perilaku Anti Ekstremisme Agama. Jurnal Multidisiplin West Science, 2(12), 1040–1050. https://doi.org/10.58812/jmws.v2i12.810

Utami, D., Susanti, R., & Meilinda. (2023). Implementasi Bhinneka Tunggal Ika Dan Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Identitas Manusia Indonesia Di Sekolah. Jurnal Pengabdian West Science, 2(1), 14–24. https://doi.org/10.58812/jpws.v2i01.130

Downloads

Published

2025-02-01