PublicTalk: Sistem Chatbot Pintar Berbasis Natural Language Processing untuk Layanan Pemerintahan Digital

Authors

  • M. Erlangga Fauzi Universitas Bina Darma
  • Tata Sutabri Universitas Bina Darma

DOI:

https://doi.org/10.61722/jssr.v3i2.4325

Keywords:

Chatbot, Natural Language Processing, Layanan Publik, Pemerintahan Digital, PublicTalk, Kecerdasan Buatan

Abstract

Transformasi digital di sektor pemerintahan menuntut layanan publik yang cepat, akurat, dan mudah diakses. PublicTalk adalah sistem chatbot cerdas berbasis Natural Language Processing (NLP) yang dirancang untuk mendukung pelayanan digital pemerintah. Sistem ini mampu memahami pertanyaan masyarakat dalam bahasa alami, termasuk bahasa Indonesia sehari-hari, serta memberikan jawaban relevan secara real-time. PublicTalk dilengkapi modul pengenalan maksud, ekstraksi entitas, dan generator respons dinamis yang terus ditingkatkan melalui umpan balik pengguna. Pengujian pada berbagai skenario layanan publik—seperti administrasi kependudukan, perizinan, dan bantuan sosial—menunjukkan tingkat akurasi dan kepuasan pengguna yang tinggi. Hasil ini mengindikasikan bahwa PublicTalk berpotensi menjadi solusi strategis dalam mendukung layanan pemerintahan digital yang efisien, responsif, dan inklusif.

References

Ait Baha, T., El Hajji, M., Es-Saady, Y., & Fadili, H. (2024). The impact of educational chatbot on student learning experience. Education and Information Technologies, 29(8), 10153-10176.

Ardiansyah, A. (2023). Pendampingan Perancangan Chatbot Sebagai Media Interaktif Dalam Menghadapi Tantangan Era Digitalisasi. Lamahu: Jurnal Pengabdian Masyarakat Terintegrasi, 2(1), 44-55.

Fauzi, M. E., Zakiansyah, M., Al Ariiq, D. T., & Sutabri, T. (2023). Transformasi teknologi digital di bidang perbankan. Kohesi: Jurnal Sains Dan Teknologi, 1(8), 91-100.

Hanif, A. J., Farid, M. N., & Hasanah, B. (2023). Penerapan Natural Language Processing untuk Klasifikasi Bidang Minat berdasarkan Judul Tugas Akhir. Jurnal Sistim Informasi Dan Teknologi, 41-49.

Indah, M. P., Negara, E. S., Sutabri, T., & Novrianda, R. (2024). ANALISIS JARINGAN INFORMASI DALAM NATURAL LANGUAGE PROCESSING TERHADAP SITUS CNN INDONESIA MENGGUNAKAN GRAPHGPT (STUDI KASUS: BERITA HASIL PILPRES 2024). ZONAsi: Jurnal Sistem Informasi, 6(3), 634-648.

Khansa, A., & Sutabri, T. (2024). Pengembangan Customer Experience Berbasis Artificial Intelligence pada Startup Marketplace Shopee. Router: Jurnal Teknik Informatika dan Terapan, 2(4), 28-39.

Lestari, D., Ramdhani, F., Ruliansyah, M. J., Beay, R. B. R., & Mulyana, D. I. (2023). Implementasi chatbot Telegram dalam meningkatkan partisipasi kegiatan warga. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara, 4(2), 866-874.

Machdi, I., MNSPM, A. R., Wijayanto, A. W., Putra, A. P., & Pramana, S. IMPLEMENTASI BIG DATA DAN KECERDASAN ARTIFISIAL UNTUK STATISTIK OFISIAL. ARTIFICIAL, 47.

Prasetyo, V. R., Benarkah, N., & Chrisintha, V. J. (2021). Implementasi natural language processing dalam pembuatan chatbot pada program information technology universitas surabaya. Jurnal TEKNIKA, 10(2), 114-121.

Pratama, N. Y. N., & Al Irsyadi, F. Y. (2021). Perancangan Chatbot Islami untuk Aplikasi ChatAja. Emitor: Jurnal Teknik Elektro, 21(1), 64-71.

Riza, A. R. (2023). PROSIDING SEMINAR NASIONAL VOKASI INDONESIA 2022-Peran Paten dalam Kemandirian Teknologi di Era Revolusi Industri 5.0. Airlangga University Press.

Simanullang, G. S. B. (2024). Roles of Natural Language Processing in New Product Development Process: Literature Review. Jurnal Rekayasa Sistem Industri, 13(1), 117-130.

Sutabri, T. (2014). Pengantar teknologi informasi. Andi.

Sutabri, T. S., & Natipulu, D. N. (2019). Sistem informasi bisnis. Andi.

Downloads

Published

2025-04-19