Peran Pendidikan Kewirausahaan, Lingkungan Keluarga Dan Adversity Quotient Terhadap Intensi Berwirausaha Mahasiswa

Authors

  • Muhammad Hammam Misbahuddin Universitas Siliwangi
  • Edi Fitriana Afriza Universitas Siliwangi
  • Raden Roro Suci Nurdianti Universitas Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.61722/jssr.v3i2.4364

Keywords:

Adversity Quotient; Intensi Berwirausaha; Lingkungan Keluarga; Pendidikan Kewirausahaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari pendidikan kewirausahaan, lingkungan keluarga, dan adversity quotient terhadap intensi berwirausaha pada mahasiswa Fakultas Kewirausahaan Universitas Garut. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yang ditunjang dengan metode survey. Survey penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 212 mahasiswa fakultas kewirausahaan yang telah dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data hasil penelitian ini  dianalisis menggunakan teknik regresi linear berganda melalui software SPSS versi 25. Penelitian ini memperoleh hasil yang menunjukkan bahwa ketiga variabel bebas memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap intensi berwirausaha mahasiswa. Hal ini dutunjukkan oleh hasil dari uji hipotesis yang memperoleh nilai t hitung sebesar 3,487 (X1), 3,689 (X2), dan 13,731 (X3). Dimana hasil tersebut telah melebihi nilai t tabel (1,971) dengan nilai signifikansi ketiga variabel dibawah 0,005. Besarnya pengaruh dari ketiga variabel bebas  yakni 84,1% dan sisanya sebesar 15,9% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini.

References

Adnyana, I. G. L. A., & Purnami, N. M. (2016). Pengaruh pendidikan kewirausahaan, self efficacy dan locus of control pada niat berwirausaha. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 5(2). Diambil dari https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/download/16350/12318.

Agustina, Putu Nanik Siska Sri., dan Suniasih, Ni Wayan. (2021). Adversity Quotient (AQ) Ditinjau dari Jenis Kelamin Santri Kelas VI SD. Jurnal Mimbar Ilmu, 26 (1). Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Ajzen, I. (1991). The theory of planned behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50(2), 179–211.

Aminah, P. Z. (2020). Pengaruh kecerdasan adversitas dan locus of control internal terhadap intensi berwirausaha mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Tulungagung. Jupeko (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 5(1), 53–63.

Carr, J. C., & Sequeira, J. M. (2007). Prior family business exposure as intergenerational influence and entrepreneurial intent: A theory of planned behavior approach. Journal of Business Research, 60(10), 1090–1098.

Dewi, R. (2020). Minat Berwirausaha Melalui Pengetahuan, Motivasi Dan Self Efficacy Di Kalangan Millenial. Media Mahardhika, 19(1), 143–152. https://doi.org/10.29062/mahardika.v19i1.205

Dihni, V. A. (2023). Jumlah wirausahawan di Indonesia ganjal pertumbuhan ekonomi. Katadata.co.id. Diakses tanggal 18 Desember 2024, dari https://katadata.co.id/analisisdata/6464b3d3c584e/jumlah-wirausahawan-di-indonesia-ganjal-pertumbuhan-ekonomi

Falah, N., & Marlena, N. (2022). Pengaruh pendidikan kewirausahaan dan pengalaman prakerin terhadap minat berwirausaha siswa SMK. Jurnal PTK dan Pendidikan, 8(1). https://doi.org/10.18592/ptk.v8i1.6453

Fayolle, A., & Gailly, B. (2015). The impact of entrepreneurship education on entrepreneurial attitudes and intention: Hysteresis and persistence. Journal of Small Business Management, 53(1), 75–93.

Hadian, V. A., Maulida, D. A., & Faiz, A. (2022). Peran lingkungan keluarga dalampembentukan karakter. Jurnal Education and Development, 10(1), 240-246.

Hasanah, U., Abdurahman, R. D., & Murniningsih, R. (2024). Literasi digital, adversity quotient dan pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha mahasiswa. Prosiding University Research Colloquium, 19, 125–137. https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/2786

Hutagalung, B., Muchtar, Y. C., Tamimi, M. I., Dilham, A., & Hutagalung, A. Q. (2018, Januari). The adversity quotient (Control, Origin & Ownership, Reach, and Endurance) and its relationship toward entrepreneurial intention: A study on student in Faculty of Economics & Business Universitas Sumatera Utara. Dalam 1st Economics and Business International Conference 2017 (EBIC 2017) (hlm. 409–413). Atlantis Press.

Juhari, Hamdan, Nurwasya, Safitri, M., & Makrus, M. (2024). Penurunan angka pengangguran dan peningkatan kesempatan kerja di Kota Pangkalpinang. EKOMA: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 3(3), 1087–1099.

Liñán, F., & Chen, Y. W. (2009). Development and cross-cultural application of a specific instrument to measure entrepreneurial intentions. Entrepreneurship Theory and Practice, 33(3), 593–617. https://doi.org/10.1111/j.1540-6520.2009.00318

Marietza, F., & Wijayanti, I. O. (2021). Pengaruh pandangan investasi investor institusional terhadap kredit rating perusahaan. Nominal: Barometer Riset Akuntansi dan Manajemen, 10(2), 293–303.

Munthe, Y. U., & Nawawi, Z. M. (2023). Peran kewirausahaan berbasis digital dalam mengurangi tingkat pengangguran. ManBiz: Journal of Management and Business, 3(1), 12–17. https://doi.org/10.47467/manbiz.v3i1.1911

Noviantoro, G., & D. R. (2017). Pengaruh pengetahuan kewirausahaan, motivasi berwirausaha dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Fakultas Ekonomi, 1(1), 1–7.

Nurhadifah, S. N. (2018). Pengaruh kepribadian, Lingkungan Keluarga dan Teman Sebaya terhadap minat Berwirausaha mahasantri Program Studi Pendidikan Akuntansi fakultas ekonomi Universitas Negeri. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarata: Yogyakarta. (Eprints.Uny.Ac.Id.Skripsi Siti…PDF Hasil Web Pengaruh Kepribadian…- Lumbung Pustaka UNY) Selasa, 12 November 2019, 9.45.

Prihandani, F. H., Nurlatifah, H. A., & Nuriansyah, F. (2024). Pengaruh perceived desirability dan perceived feasibility terhadap intensi berwirausaha. Edunomic: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 12(1), 66–75.

Psi, S., & Rahardjo, P. (2018). Hubungan kemandirian dan motivasi berprestasi pada intensi berwirausaha pada mahasiswa. Media Ekonomi Universitas Muhammadiyah Purwokerto, 7(2), 29581.

Rosyanti, & Irianto, A. (2019). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Motivasi Berwirausaha Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Padang. Ecogen, 2(3), 587–595.

Shapero, A., & Sokol, L. (1982). Social dimensions of entrepreneurship. Dalam C. Kent, D. Sexton, & K. H. Vesper (Ed.), Encyclopedia of Entrepreneurship (hlm. 72–90).

Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar metodologi penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Slameto. (2018). Belajar Dan Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: PT.Adi Mahasatya.

Sryna, M. G., Nainggolan, E. E., & Muslikah, E. D. (2025). Analisis hubungan keberanian mengambil risiko dan norma subjektif terhadap intensi berwirausaha mahasiswa: Temuan yang tidak signifikan. Innovative: Journal of Social Science Research, 5(2), 531–543.

Stoltz, P. G. (2018). Adversity Quotient Mengubah Hambatan Menjadi Peluang. (diterjemahkan oleh T Hermaya). Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Sugiyono. (2023). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Suryana. (2018). Kewirausahaan: Kiat dan proses menuju sukses. Jakarta Selatan: Salemba Empat.

Downloads

Published

2025-04-23