Analisis Pengaruh Harga dan Kualitas produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada produk krupuk di Kediri
DOI:
https://doi.org/10.61722/jssr.v3i3.4962Keywords:
Harga, Kualitas Produk, Keputusan PembelianAbstract
In a competitive business world, price and product quality are two important factors that influence purchasing decisions. This study was conducted to determine the effect of price and product quality on consumer purchasing decisions at CV. Merpati Sejahtera Kediri. This study uses a quantitative approach with a survey method, where data is obtained by distributing questionnaires to consumers of krecek krupuk CV. Merpati Sejahtera totaling 30 respondents. The analysis technique used is multiple linier regression to test the effect between independent variables (price and product quality) on the dependent variable (purchase decisions). The results of this study indicate that both price and product quality have a positive and significant effect on consumer purchasing decisions, both partially and simultaneously. These findings indicate that competitive pricing strategies and improving product quality can be important factors in driving purchasing decisions.
References
Alparabi, A., Hilda, H., & Pratama, C. R. F. (2024). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Usaha Rumahan Kerupuk Kelempang Cek Isyah Palembang. Journal Economic Excellence Ibnu Sina Vol.2, No.2 Juni 2024, 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.59841/excellence.v2i2.1328
Annisa, E. A. (2024). Keputusan Pembelian Kerupuk Singkong Mekar Wangi: Peran Kualitas Produk dan Harga di Desa Ngaglik Blitar. Jurnal Riset Mahasiswa Ekonomi (RITMIK), 6(3), 230–239.
Ardiansyah, G., & Praswati, A. N. (2024). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, dan Harga Terhadap Minat Keputusan Pembelian pada UMKM Surakarta. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi dan Bisnis Islam, 5(7), 3919–3935.
Cahyono, Y., Suryani, P., & Elvandari, N. (2020). Pengaruh Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian pada PT. Vista Bangun Propertindo. Journal of Industrial Engineering & Management Research (JIEMAR), 1(1), 1–23.
Dara, N. D., Fitriadi, B. W., & Barlian, B. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Dan Customer Experience Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsumen Rabbani Tasikmalaya ). JIM (Journal Of Indonesian Management), 3(3), 459–468.
Darsana, I. M., Rahmadani, S., Salijah, E., Akbar, A. Y., Bahri, K. N., Amir, N. H., Jamil, S. H., & Nainggolan, H. (2021). Strategi Pemasaran (Vol. 1, Nomor 0). CV. Intelektual Manifes Media.
Desmara, M. Z. (2024). Pengaruh Harga, Cita Rasa Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Krupuk Barokah Di Sampit. E-Jurnal Surplus (Jurnal Ilmu Manajemen dan Kewirausahaan), 4(1), 107–116.
Dethan, S. H., Meikapasa, N. W. P., & Catharina, T. S. (2022). Analisis Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kerupuk Rumput Laut UD. Harkat Makmur. jurnal Ganec Swara, 1407–1410.
Eza, A. M., Satya, I., & Suryawardana, E. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Penetapan Harga Terhadap Keputusan Pembelian ( Studi Kasus pada Toko Deva Elektonik). SOLUSI : Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Ekonomi, 20(4), 363–369.
Handayani, P. (2023). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kerupuk Ikan Pada UMKM Lamora Desa Socah Kabupaten Bangkalan. JIMEK: Jurnal Ilmu Manajemen EKonomi dan Kewirausahaan, 3(2).
Marcal, A. R., Saldanha, E. D. S., & Amaral, A. M. (2020). Examining the Structural Relatiosnhips of Product Price , Product Quality and Customer Purchasing Decision. Timor-Leste Journal of Business and Management, 2(2), 1–9.
Munte, H. B., Winarso, W., Meutia, K. I., Handayani, M., & Wijayaningsih, R. (2024). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Kerupuk Ikan CV Laksana Jaya Di Kebalen Kabupaten Bekasi. Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, 1192, 123–131.
Nurfaizah, D. L., Suprapto, & Anom, L. (2024). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kerupuk Uli Bawang Ageng Cirung. Seminar Inovasi Manajemen Bisnis dan Akuntansi (SIMBA) 6, September.
Ramdhan, M. S. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Minat Beli Ulang pada Kerupuk Rambak NSR Bandung. Judicious: Journal Of Management, 111–121.
Saputri, S. D. K., Syafnur, M., & Kusumah, S. (2024). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada UMKM Kerupuk Ikan Tamban Ik Berkah. EKOMA: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 3(1), 946–960. https://doi.org/10.53363/buss.v2i1.90
Sari, F. N., & Mulyani, I. D. (2021). Pengaruh Cita Rasa dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Kerupuk Udang Sinar Jaya Kaligangsa Brebes. JECMA: Journal Economics and Management, 2(01), 19–27.
Sari, M. B., & Soebiantoro, U. (2022). Pengaruh Kualitas Produk , Persepsi Harga , Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Teh Gelas Di Kota Surabaya. Jurnal Ekombis, 10(2), 851–858. https://doi.org/https://doi.org/10.37676/ekombis.v10i2
Vanny, G., & Tua, M. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Mesin Pompa Air Submersible Dab Decker Di CV. Citra Nauli Electricsindo Pekanbaru. Jurnal Jukim: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(4), 140–154.
Widodasih, R. . W. K., Putri, R. E., & Sbr, K. (2023). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian pada UMKM Baso Aci Mba Pit di Jonggol. Formosa Journal of Multidisciplinary Research (FJMR), 2(5), 1073–1080.
Windasari, A. A., Nersiwad, & Dwihandoko, T. H. (2023). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Kerupuk Cassava Pada Umkm Bintang Anugrah Kota Mojokerto. Jurnal Manuhara: Pusat Penelitian Ilmu Manajemen dan Bisnis, 1(3).
Zhang, J. A., & Utami, W. (2023). Pengaruh Inovasi Produk, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Elly Bakery. PERFORMA: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 8(5).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JOURNAL SAINS STUDENT RESEARCH

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.