PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR PADA KELAS RENDAH
DOI:
https://doi.org/10.61722/jssr.v3i5.5403Keywords:
Karakter religius; lingkungan sekolah; pembiasaan.Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk memahami dan mendeskripsikan secara mendalam pengaruh lingkungan sekolah terhadap pembentukan karakter religius siswa kelas I di SD Muhammadiyah Dadapan. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pentingnya penanaman nilai-nilai religius sejak dini, khususnya di lingkungan sekolah dasar yang menjadi fondasi pembentukan karakter anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara terstruktur dan observasi partisipatif. Informan utama dalam penelitian ini adalah guru kelas I, serta siswa sebagai subjek observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan sekolah yang religius ditandai dengan kegiatan keagamaan rutin, simbol-simbol religius, dan keteladanan guru berkontribusi secara signifikan terhadap pembentukan karakter religius siswa. Siswa menunjukkan partisipasi aktif dalam kegiatan ibadah serta perilaku sosial yang mencerminkan nilai-nilai religius seperti sopan santun dan kerja sama. Kolaborasi antara guru, sekolah, dan orang tua juga memperkuat proses internalisasi nilai tersebut. Penelitian ini menyimpulkan bahwa lingkungan sekolah yang kondusif, pembiasaan rutin, dan keteladanan dari guru merupakan faktor kunci dalam membentuk karakter religius siswa sejak usia dini.
References
Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches (4th ed.). Sage Publications.
Febri Yanto, I. N. C. (2022). Peran Orang Tua Siswa Kelas IV SD Negeri Sumuranja 2 dalam Membantu Belajar di Rumah. Jurnal Persada, 5(3), 185–191.
Fitri, A. Z. (2020). Peran Kolaborasi Orang Tua dan Sekolah dalam Menanamkan Nilai Karakter Religius pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 55–66. https://doi.org/10.21009/jpaud
Muhamad Pilus, S., & Nguyen, N. M. (2023). Influence of Knowledge Aspects of The Multicultural on The Implementation of Multicultural Education in Elementary Schools. International Journal of Asian Education, 4(3), 190–201. https://doi.org/10.46966/ijae.v4i3.352
Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rafiq, S., Afzal, A., & Kamran, F. (2022). Impact of School Environment on Students’ Academic Achievements at the University Level. VFASTTransactions OnEducation and Social Sciences, 10(4), 19–30.
Saldaña, J., & Omasta, M. (2018). Qualitative Research: Analyzing Life. SAGE Publications.
Sobri, M., Nursaptini, Novitasari, S., Widodo, A., & Anar, A. P. (2021). The Content of Character Values in the First-Grade Elementary School Student Books on the Theme of Me. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 529, 498–501. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210421.073
Solehudin Azmi, H., Suryana, N., & Hanafi, J. (2023). Pengaruh lingkungan sekolah terhadap pembentukan karakter peserta didik (Penelitian terhadap peserta didik di SDN 1 Parakannyasag Kota Tasikmalaya). Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), 2023–2071.
Sukma, E., Ramadhan, S., & Indriyani, V. (2020). Integration of environmental education in elementary schools. Journal of Physics: Conference Series, 1481(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1481/1/012136
Supriyadi, T. (2017). Keteladanan Guru dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(2), 204–214. https://doi.org/10.21831/jpk.v7i2.18023
Suyadi, & Ulfatin, N. (2018). Pendidikan Karakter Berbasis Integrasi Sosial: Upaya Penanaman Nilai Religius melalui Kegiatan Belajar Kolaboratif. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 5(1), 31–44.
Taja, N., Nurdin, E. S., Kosasih, A., Suresman, E., & Supriyadi, T. (2021). Character education in the pandemic era: A religious ethical learning model through Islamic education. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 20(11), 132–153. https://doi.org/10.26803/ijlter.20.11.8
Utaminingsih, E. S., & Purwati, P. D. (2024). Characteristics of Third-grade Elementary School Student and The Importance of Student Character Identification. Research and Development Journal of Education, 10(2), 1066–1077.
Valentri, A., Yusup, M., Ningtias, D., & Rizqia, M. S. (2024). PEMBELAJARAN KELAS RENDAH YANG DISESUAIKAN DENGAN PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK SDN SERANG 17. 13(7), 1492–1499. https://doi.org/10.26418/jppk.v13i7.84164
Wardani, W., & Faridah, F. (2021). Pembentukan Karakter Siswa Melalui Budaya Sekolah Di Sekolah Dasar Islam. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9(3), 764–774. https://doi.org/10.26858/jak2p.v2i2.10149
Wiyani, N. A. (2016). Desain Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JOURNAL SAINS STUDENT RESEARCH

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.