Analisis Penggunaan Video Pembelajaran Pada Materi Perubahan Energi Kelas IV SD Muhammadiyah Dadapan

Authors

  • Selly Distian Cahya Universitas PGRI Yogyakarta
  • Heru Purnomo Universitas PGRI Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.61722/jssr.v3i5.5408

Keywords:

Video Pembelajaran, Perubahan Energi, IPA, Sekolah Dasar, Pemahaman Konsep

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penggunaan video pembelajaran pada topik perubahan energi di kelas IV SD Muhammadiyah Dadapan. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya pemahaman konsep dan motivasi belajar siswa dalam pelajaran IPA, terutama pada materi yang bersifat abstrak seperti perubahan energi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian terdiri atas satu guru kelas IV dan 25 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan video pembelajaran berdampak positif terhadap keterlibatan dan pemahaman siswa. Visualisasi yang ditampilkan dalam video membantu siswa memahami konsep kompleks dengan mengaitkannya pada pengalaman sehari-hari. Selain itu, siswa menunjukkan peningkatan konsentrasi dan partisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran. Guru juga merasakan manfaat dari penggunaan media video, karena proses mengajar menjadi lebih efisien dan menyenangkan. Namun, ditemukan pula beberapa tantangan, seperti keterbatasan sarana teknologi dan pentingnya pemilihan video yang sesuai dengan karakteristik dan perkembangan siswa. Kesimpulannya, video pembelajaran terbukti efektif sebagai media pendukung dalam penyampaian materi IPA yang bersifat abstrak serta berpotensi meningkatkan kualitas pembelajaran yang interaktif dan kontekstual.

References

Affiati, A., Haifaturrahmah, H., Mariyati, Y., & Saddam, S. (2021). Tingkat Keaktifan Dan Kemampuan Kognitif Siswa Melalui Penggunaan Video Pembelajaran. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 4(1), 27–31. http://journal.ummat.ac.id/index.php/pendekar/article/view/4423

Amaliyah, A., & Rahmat, A. (2021). Pengembangan Potensi Diri Peserta Didik Melalui Proses Pendidikan. Attadib: Journal of Elementary Education, 5(1), 28. https://doi.org/10.32507/attadib.v5i1.926

Anggraini, P. D., & Wulandari, S. S. (2020). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 292–299. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p292-299

Asfar, A. M. I. T., & Asfar, A. M. I. A. (2020). Landasan Pendidikan: Hakikat Dan Tujuan Pendidikan (Implications Of Philosophical Views Of People In Education ). Method, 1(January), 1–16. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.22158.10566

Luh, N., & Ekayani, P. (2021). Pentingnya penggunaan media siswa. Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa, March, 1–16. https://www.researchgate.net/profile/Putu-Ekayani/publication/315105651_PENTINGNYA_PENGGUNAAN_MEDIA_PEMBELAJARAN_UNTUK_MENINGKATKAN_PRESTASI_BELAJAR_SISWA/links/58ca607eaca272a5508880a2/PENTINGNYA-PENGGUNAAN-MEDIA-PEMBELAJARAN-UNTUK-MENINGKATKAN-PRESTASI-

Putri, L. A., & Dewi, P. S. (2020). Media Pembelajaran Menggunakan Video Atraktif pada Materi Garis Singgung Lingkaran. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 32. https://doi.org/10.33365/jm.v2i1.568

Reski, A., Palittin, I. D., & Astutik, R. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Fisika Materi Usaha Dan Energi Berbasis Powerpoint. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 10(2), 107–112. https://doi.org/10.24252/jpf.v10i2.29642

Ribawati, E. (2015). Pengaruh penggunaan media video terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Candrasangkala, 1(1), 1–12.

Ruliandari, L., Sari, M., Alfiana, R., & Shafitri, N. M. (2025). Analisis Tantangan dan Strategi Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran IPA di SD. 5, 3129–3139.

Sari, E. R., Yusnan, M., & Matje, I. (2022). Peran Guru Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran. Jurnal Eduscience, 9(2), 583–591. https://doi.org/10.36987/jes.v9i2.3042

Schleicher Andreas. (2018). The Future of Education and Skills: Education 2030. OECD Education Working Papers, 23. http://www.oecd.org/education/2030/E2030 Position Paper (05.04.2018).pdf

Sugiarto. (2019). Proses Pendidikan Dan Pembelajaran. 4(1), 1–23.

Downloads

Published

2025-06-26