Implementasi Pendidikan Karakter untuk Etika Berbicara Siswa Kelas 5 SD Kanisius Wirobrajan 1

Authors

  • Raden Roro Elfrida Elysia Ivana Padmarini Universitas PGRI Yogyakarta
  • Heru Purnomo Universitas PGRI Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.61722/jssr.v3i5.5421

Keywords:

Pendidikan Karakter, Implementasi, Karakter Sopan Santun, Karakter Siswa, Internalisasi Nilai

Abstract

Pendidikan karakter adalah upaya untuk membangun kebiasaan berperilaku baik, sehingga dalam pelaksanaannya diperlukan penanaman nilai-nilai karakter, termasuk sikap sopan santun. Artikel ini mengeksplorasi implementasi pendidikan karakter untuk meningkatkan kesantunan berbicara siswa kelas 5 SD. Perilaku seperti nada suara tinggi dan kurangnya penghargaan terhadap lawan bicara menjadi perhatian utama. Faktor penyebabnya meliputi minimnya pemahaman siswa, kurangnya integrasi nilai karakter dalam pembelajaran, serta pengaruh lingkungan sosial dan media. Solusi yang diusulkan meliputi pengintegrasian nilai karakter dalam kurikulum, pelatihan guru, dan kerja sama dengan orang tua. Metode berbasis nilai seperti bercerita, diskusi kelompok, dan bermain peran diterapkan untuk memperkuat internalisasi nilai kesantunan. Hasilnya, siswa diharapkan mampu memahami dan menerapkan etika berbicara dalam kehidupan sehari-hari, menciptakan generasi yang tidak hanya cerdas, tetapi juga berkarakter.

References

Araniri, N. (2020). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Sikap Keberagamaan Yang Toleran. Risâlah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 6(1), 54–65. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v6i1.122

Kartono, K. (2016). Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Jakarta: Gramedia.

Purwanti, D. (2017). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Dan Implementasinya.

Suyanto, M. (2013). Dasar-dasar Pendidikan Karakter. Yogyakarta: UNY Press.

Suryadi, D. (2018). Strategi Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Nilai. Bandung: Alfabeta.

Suyatno. (2019). Pendidikan Karakter Terintegrasi dalam Kurikulum. Surabaya: Bina Ilmu.

Surya, D. (2020). Pendidikan Karakter: Tantangan dan Implementasi di Sekolah. Jakarta: Pustaka Pendidikan.

Suyatno. (2019). Pendidikan Karakter Terintegrasi dalam Kurikulum. Surabaya: Bina Ilmu.

Surya, D. (2020). Pendidikan Karakter: Tantangan dan Implementasi di Sekolah. Jakarta: Pustaka Pendidikan.

Downloads

Published

2025-06-27