Peran Mahasiswa PGMI Dalam Pengembangan Media Pembelajaran Book Creator Untuk Meningkatkan Pemahaman Pendidikan Agama Islam di Kelas V SDIT Al-Furqan

Authors

  • Nanda Sabila IAIN Palangka Raya
  • Murti Fatikha Dewi IAIN Palangka Raya
  • Anisa Rahmasari IAIN Palangka Raya
  • Zaitun Qamariah IAIN Palangka Raya
  • Muhammad Syabrina IAIN Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.61722/jssr.v3i5.5527

Keywords:

Peran, Media, Book Creator

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman siswa kelas V SD IT Al Furqan terhadap materi Pendidikan Agama Islam (PAI), yang disebabkan oleh penggunaan metode pembelajaran konvensional. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif menggunakan Book Creator yang dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi PAI. Metode yang digunakan adalah ABCD (Asset-Based Community Development). Hasil kegiatan menunjukkan bahwa validasi ahli materi dan desain mencapai 98% dan 96%, masing-masing, sehingga media dinyatakan sangat layak. Selain itu, respon siswa pada pre-test menunjukkan 75,91% dan post-test meningkat menjadi 84,09%. Dampak signifikan dari kegiatan ini adalah peningkatan pemahaman siswa terhadap materi PAI, serta terciptanya suasana belajar yang lebih interaktif dan menarik.

References

Aditya, L., Musa, D., & Saptaputra, I. (2021). Pelatihan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Resona : Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat. RESONA : Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat, 5(2), 148–157.

Aima, Z., Anggraini, V., Edriati, S., Putri, A., Alma, S. H., & Syahwa, K. A. (2024). Pelatihan Penyusunan Buku Digital Menggunakan Platform Book Creator. Beujroh : Jurnal Pemberdayaan Dan Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 69–83. https://doi.org/10.61579/beujroh.v2i1.53

Anggraeni, P., & Akbar, A. (2018). Kesesuaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Dan Proses Pembelajaran. Jurnal Pesona Dasar, 6(2), 55–65. https://doi.org/10.24815/pear.v6i2.12197

Junaedi Ifan. (2019). Proses Pembelajaran Yang Efektif. Jisamar, VOL. 3 NO.(2), 19–25.

Kholis, N. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pendidikan Agama Islam Berbasis Book Creator. As-Salam, 8(5), 55.

Nurhakim, M. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Multimedia Smart Apps Creator ( SAC ) di Sekolah Dasar. 14(1), 1365–1380.

Rahman, D. (2021). Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar dan Informasi. Jurnal Perpustakaan Dan Informasi, 1(1), 9–14.

Sanjaya, P. A. (2022). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sejarah dan Ilmu Sosial Pengembangan Pembelajaran Sejarah Berdiferensiasi Menggunakan E-Module Berbasis Book Creator. PRODIKSEMA I Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sejarah Dan Ilmu Sosial “Pembelajaran Sejarah Berbasis Kearifan Lokal Sebagi Sumber Pendidikan Karakter Di Era Disrupsi,” 52–60.

Silalahi, J., Butarbutar, I., Sirait, R., & Gultom, T. Y. (2023). Pengembangan Pembelajaran Virtual dengan Aplikasi Book Creator Pada Mata Kuliah Tafsir Perjanjian Lama. Jurnal Shanan, 7(2), 263–282. https://doi.org/10.33541/shanan.v7i2.4624

Syabrina, M., & Arrazi, M. S. (2025). Pengembangan Bahan Ajar Ajar Media Pembelajaran Book Creator Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas IV MI / SD SDIT Cahaya Harati Palangka Raya. 3(1), 531–540.

Ummah, M. S. (2019). Pendidikan: Hakekat, Tujuan, Dan Proses. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14.

Wonosari, S. M. K. N. (2023). Pemanfaatan “ Book Creator ” Dalam Pembelajaran Literasi Digital Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Mata Pelajaran “ Produk Kreatif Dan Kewirausahaan ” Pemanfaatan “ Book Creator ” Dalam Pembelajaran Literasi Digital Untuk Meningkatkan Minat Dan H. Jurnal Cahaya Mandalika, 243–259. https://www.ojs.cahayamandalika.com/index.php/JCM/article/view/1411%0Ahttps://www.ojs.cahayamandalika.com/index.php/JCM/article/download/1411/1203

Yusuf, M., Iswanto, J., Fuad, M., & Dianto, A. Y. (2023). Pendampingan Metode Abcd Dalam Peningkatan Pemahaman Al-Qur’an Dan Fiqh Dasar Pada Peserta Jamaah Tahlil Di Desa Joho Pace Nganjuk. Ngaliman: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 103–112.

Downloads

Published

2025-06-28