PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI
(Survei Pada Siswa Kelas X dan XI IPS MA Daarul Anba Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025)
DOI:
https://doi.org/10.61722/jssr.v3i5.5701Keywords:
Lingkungan Belajar, Prestasi BelajarAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei desain eksplanatori. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas X dan XI IPS yang berjumlah 64 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh sehingga semua populasi dijadikan sampel. Data diperoleh dari penyebaran angket dan dianalisis menggunakan analisis regresi sederhana dengan bantuan SPSS versi 30. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lingkungan belajar berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap prestasi belajar. Hal ini dilihat dari nilai signifikansi yang diperoleh melalui uji hipotesis yang menunjukkan nilai signifikansi 0,000 yang kurang dari 0,05 dan t hitung 5.541 yang melebihi t tabel 1,998, sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, yang menunjukkan bahwa variabel X atau lingkungan belajar memiliki pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar.
References
Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Baruque, M. (2014). Learning Theory and Instructional Design Using Learning Objects. Journal of Educational Multimedia and Hypermedia, 13(4): 343 370.
Berek, P. A. L., Sanan, Y. C. U., & ... (2023). Hubungan antara Kemandirian Belajar dan Motivasi Belajar dengan Prestasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Ilmiah.http://jurnalilmiahcitrabakti.ac.id/jil/index.php/jil/article/view/1578
Budiningsih. (2005). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Dalyono, M. (2007). Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Ghajali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Universitas Diponogoro
Rifa’i, Ahmad dan Catharina Tri Anni. (2012). Psikologi Pendidikan. Semarang; UPT UNNES Press
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Suardin, S., & Yusnan, M. (2021). Pengaruh Manajemen Waktu Belajar Terhadap Efikasi Diri Dan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. JEC (Jurnal EdukasiCendekia).http://jurnalumbuton.ac.id/index.php/JEC/article/view/2978
Tarumasely, Y. (2021). Pengaruh Self Regulated Learning dan Self Efficacy terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Edutama. https://scholar.archive.org/work/tkttoccp7vhbtpzoj5i2h3vwom/access/waback/https://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE/article/downlod/1359/pdf
Thaib, E. N. (2013). Hubungan antara Prestasi Belajar dengan Kecerdasan Emosional. Jurnal Ilmiah Didaktika Vol. XIII, No. 2
Yusdasari, M., Ambarita, A., & ... (2020). Hubungan Lingkungan Belajar Sekolah dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Pedagogi. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1602777&val=7239&title=Hubungan%20Lingkungan%20Belajar%20Sekolah%20dan%20Motivasi%20Belajar%20Terhadap%20Hasil%20Belajar%20Peserta%20Didik
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JOURNAL SAINS STUDENT RESEARCH

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.