PERAN GURU MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI AKHLAK TERPUJI PADA SISWA KELAS VIII MTS AL-FATAH BANJARNEGARA

Authors

  • Fitriani Nur Amalia Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo
  • Asep Sunarko Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo
  • Nasokah Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo

DOI:

https://doi.org/10.61722/jssr.v3i5.5808

Keywords:

The role of teachers, faith and morals

Abstract

This research aims to; 1.) To understand the concept of teachers in the subject of moral beliefs and instilling commendable moral values; 2) To find out the role of the moral aqidah subject teacher in instilling moral values ​​in class VIII students at Mts Al Fatah Banjarnegara; 3) To determine the supporting and inhibiting factors in the role of moral aqidah subject teachers in instilling commendable moral values ​​in students of class VIII Mts Al Fatah Banjarnegara. This research uses a qualitative approach with field research and uses descriptive methods. The subjects of the study consisted of Akidah Akhlak subject teachers, grade VIII students totaling 145 children, and administrators of Islamic boarding schools. Data collection techniques in this study were observation, interviews, and documentation. While the data analysis techniques used range from 1) Data reduction; 2) Data presentation; and 3) Drawing conclusions/verification.

References

Supardi, Ahmad. “Pengertian Pendidikan Agama Islam”, LP2M IAIRM Ngabar, https://www.lp2m.iairm-ngabar.ac.id/blog/pengertian-pendidikan-agama-islam/.

Alipia, Andri. “Peran Guru Akidah Akhlak dalam Menanamkan Karakter Religius Siswa Kelas VII MTs NU Negarabatin Kecamatan Kota Agung Barat Kabupaten Tanggamus" Skripsi Sarjana Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Intan Lampung,2023.

Arikunto, Suharsimi. 2016. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Hadiawati. 2017. "Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Kesadaran Beragama," Jurnal Pendidikan Islam.

Hartini, Sri. "Pendidikan Karakter Disiplin," Basic Of Education Vol 02, No. 01 (2017).

Hawi, Akmal. 2014. Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Rajawali Press

Kementrian Agama RI, Al-Qur'an dan Terjemahannya (Jakarta: Lajnah Pentashihah Mushaf Al-Qur'an 2021)

Kriyantono, R. 2020. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana, 2020

Margono, S. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2009

Moleong, Lexy J . 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif . Bandung: PT.Remaja Rosdakarya

Moleong, Lexy J . 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyadi. 2024. "Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Islami Siswa Sekolah Dasar," Jurnal Ilmu Pendidikan, no. 1

“Observasi Partisipan Adalah: Definisi, Kelebihan, Kekurangan," Populix, https://info.populix.co/articles/observasi-partisipan-adalah/

Permatasari, Desy. “Peran Guru Akidah Akhlak dalam Upaya Mengembangkan Karakter Disiplin Peserta Didik kelas VII MTs DDI Taqwa Parepare" Skripsi Sarjana. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah IAIN Parepare, 2022.

Stiyowati, Dwei. "Peranan Guru Aqidah Akhlak dalam Pendidikan Karakter untuk Membentuk Akhlak Peserta Didik" Skripsi Sarjana. IAIN Metro Lampung, 2018.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukamadinata, Nana Syaodih. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Cet.8; Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sulistyowati, Nofa Arum. "Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Penanaman Nilai-Nilai Islam Peserta Didik di SDIT Shahabat Plupuh Sragen", MODELLING: Jurnal Program Studi PGMI vol. 9 no. 2 (Juni 2022)

Syaifin, Riyo Asmin. “Peranan Guru Akidah Akhlak terhadap Pembentukan Akhlak Peserta didik di Madrasah Aliyah DDI At-Taufiq Padaelo Kabupaten Barru”. Jurnal Al-Qayyimah, vol. 5 no. 1, (Juni 2022)

Anwar, Rosihon. 2010. Akhlak Tasawuf. Bandung: Pustaka Setya.

Amin, Samsul Munir. 2022. Ilmu Akhlak. Jakarta: Sinar Grafika Offset.

Redhizma, Al-Ghofiqi. “Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Religius Peserta Didik Di Mts Ath-Tholibin Lampung Utara” Skripsi Sarjana UIN Raden Intan, 2022.

Buan, Yohana Alfiani Ludo. 2021. Guru dan Pendidikan Karakter: Sinergitas Peran Guru Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter di Era Milenial. Indramayu: Penerbit Adab.

Wahyudi, Dedi. 2017. Pengantar Akidah Akhlak Dan Pembelajarannya. Yogyakarta: Lintang Rasi Aksara Books.

Moloeng, Lexy J. 2021. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Ginanjar, M. Hidayat. “Pembelajaran Akidah Akhlak Dan Korelasinya Dengan Peningkatan Akhlak Al-Karimah Peserta Didik”. Jurnal Edukasi Islam, vol. 06, no. 12 (Januari 2017)

Downloads

Published

2025-07-08