MAKING AND TESTING SIMPLE ELECTRICAL CIRCUITS

Authors

  • Fahira Sinaga STKIP AL MAKSUM
  • Nurhariyati Br Sitepu STKIP AL MAKSUM

DOI:

https://doi.org/10.61722/jssr.v3i4.5965

Keywords:

Circuit, Electricity, Static, Dynamic, Series, Parallel

Abstract

Electricity is essential to us because it's difficult to do normal things without it. It gives us light, and almost all technology requires it to function. This study aims to understand how people learn about series and parallel circuits by conducting simple science experiments. In this study, the authors observed series and parallel circuits during simple activities, using descriptive qualitative methods. The authors conducted this research at STKIP Al Maksum Langkat. The results showed that static electricity occurs when an electric charge remains in one place. Dynamic electricity occurs when an electric charge moves through a wire. In a series circuit, electricity has only one path to flow, so if one part is removed, the entire circuit stops functioning

References

Ayub S, Wahyudi W, & Handayani E, P. 2022. Penguasaan Konsep Rangkaian Seri dan Paralel Melalui Penggunaan Kit Listrik SEQIP di SD Negeri 6 Mataram. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika, 3(2)

Ayuni F, A, Tyas N, I, Nur A, K, & Kurniawati W. 2023. Pembelajaran Rangkain Seri dan Pararel di Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(2)

Erfan M, Maulyda M, A, Ermiana I, Rachmatul V, Hidayati H, & Ratu T. 2020. Profil Kemampuan Pembedaan Rangkaian Seri dan Paralel Calon Guru Sekolah Dasar. EduSains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 8(1)

Hamdani. 2021. Miskonsepsi Siswa tentang Konsep-Konsep dalam Rangkaian Listrik Seri dan Paralel. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 4(1)

Kartika D, D. 2022. Peningkatan Hasil Belajar Materi Rangkaian Listrik Melalui Metode Eksperimen Siswa Kelas VI SDN Junrejo 01 Batu Tahun Jurnal Pendidikan, 2(1)

Nasem N, Rudiyana R, & Wulandari Y. 2021. Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Sumber Energi Melalui Metode Scramble Pada Siswa Kelas IV MI Taufiqurrahman I Depok. Jurnal Tahsinia, 2(1)

Ngatiroh S, Miyono N, & Numareta F, Y. 2024. Penerapan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Rangkaian Listrik Kelas V di SDN Bugangan 03 Semarang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1)

Pujiana E. 2022. Penerapan Praktikum Sederhana pada Pembelajaran Sains di SD Negeri Emboan. Jurnal Basicedu, 8(3)

Purnama N, A. 2023. Analisis Yuridis Tindak Pidana Pencurian Dengan Pemberatan Pada Objek Instalasi Tenaga Listrik (Studi Putusan Nomor 1435/Pid. Sus/2021/PN. Mks). Doctoral dissertation, Universitas Hasanuddin. Makassar

Putri R, Y, Sudarti S, & Prihandono T. 2022. Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa dalam Pembelajaran Rangkaian Seri Paralel Menggunakan Metode Praktikum. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1)

Sufiyanto M, I, & Hefni M. 2021. Analisis Penggunaan Praktikum Sederhana untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Di SDN Durbuk III Pamekasan Tahun Pelajaran 2019/2020. Eduproxima, 3(1)

Sholikhah A. 2023. Statistik Deskriptif Dalam Penelitian Kualitatif. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah dan Komunikasi, 10(2)

Sugiyono. 2023. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Kedua. Alfabeta. Bandung

Taufik Irfan. 2021. Pengaruh Serbuk Grafit Dan Silika Sebagai Matriks Serta Epoxy Sebagai Bahan Pengikat Terhadap Konduktivitas Listrik, Kekasaran Dan Struktur Mikro Pelet Komposit. Diss. Universitas Islam Riau. Riau

Wahyuningtias E, D, Fauziah H, N, Kusumaningrum A, C, & Rokmana A, W. 2021. Ide Guru IPA dalam Melaksanakan Praktikum di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(2)

Downloads

Published

2025-07-18