ANALISIS MEDIA PEMBELAJARAN IPAS PADA MATERI TANAMAN PUTRI MALU BAGI SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Alika Salsabila STKIP Al Maksum Langkat
  • Brenda Novita Br Panjaitan STKIP Al Maksum Langkat
  • Nurul Hasanah STKIP Al Maksum Langkat

DOI:

https://doi.org/10.61722/jssr.v3i5.6099

Keywords:

media pembelajaran, IPAS, tanaman putri malu, sekolah dasar.

Abstract

Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di sekolah dasar membutuhkan strategi yang mampu menghubungkan konsep sains dengan pengalaman konkret siswa. Salah satu materi yang menarik adalah tanaman putri malu (Mimosa pudica) yang menunjukkan gerak tumbuhan secara alami. Namun, pembelajaran di SDN 056031 Beras Basah masih terbatas pada metode konvensional tanpa pemanfaatan media pembelajaran yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas media pembelajaran IPAS terhadap keterlibatan dan pemahaman siswa dalam materi tanaman putri malu. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan subjek penelitian siswa kelas V. Teknik pengumpulan data mencakup observasi, angket, dan dokumentasi, sedangkan analisis data dilakukan secara statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif dan kontekstual meningkatkan antusiasme, partisipasi, dan pemahaman siswa terhadap materi. Media visual terbukti membantu siswa memahami konsep gerak tumbuhan secara konkret dan menarik. Penelitian ini merekomendasikan agar guru mengembangkan media pembelajaran berbasis teknologi dan lingkungan sekitar sebagai sarana membangun pengalaman belajar yang menyenangkan dan bermakna dalam IPAS. Sekolah juga diharapkan mendukung guru dalam inovasi pembelajaran melalui pelatihan dan penyediaan fasilitas pendukung.

References

Amalia, R., & Huda, N. (2023). Efektivitas Media Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Lingkungan. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 9(1), 45–53.

https://jurnal.stkippgri-bkl.ac.id/index.php/jpdk/article/view/523

Andriyanto, A., Armadi, A., & Dewi, I. Y. M. (2023). Peningkatan Hasil Belajar IPAS melalui Pembelajaran Kontekstual: Peran Media Mind Mapping. Pendas, 10(1). https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23609

Bintang, C., Sutomo, M., & Mua’alimin, M. (2023). Analisis Kebutuhan untuk Mengembangkan Media Pembelajaran PowerPoint Interaktif Berbasis Android. At-Ta’dib, 8(3). https://doi.org/10.32832/at-tadib.v8i3.19435

Fujiyati, I., Sunarso, A., & Isdaryanti, B. (2023). Efektivitas Media Pembelajaran IPAS Materi Tata Surya melalui Aplikasi Augmented Reality. Jurnal Pendas, 9(4). https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.20070

Hidayat, H., Ilham, I., & Ningsih, R. M. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Digital pada Pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar. Ainara Journal, 5(4), 424–430. https://doi.org/10.54371/ainj.v5i4.459

Kusuma, D. S., & Arifin, B. (2024). Triangulasi dalam Penelitian Kualitatif: Teknik Validasi Data. Jurnal Penelitian Sosial, 15(2), 112–120. https://ejournal.um-surabaya.ac.id/index.php/penelitiansosial/article/view/912

Muharani, I. N., & Purnama, P. (2023). Efektivitas Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran IPA di SD. Semnaspendas, Universitas Pakuan. https://semnaspendas.unpak.ac.id/index.php/SEMNASPENDAS/article/view/29

Pratiwi, S. A., & Yuniarti, R. (2023). Analisis Pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar Berbasis Kurikulum Merdeka. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 8(2), 101–109. https://journal.unesa.ac.id/index.php/JIPD/article/view/9876

Putri, D. M., & Hartati, S. (2021). Model Miles dan Huberman dalam Analisis Data Kualitatif. Jurnal Metodologi Penelitian Pendidikan, 6(1), 23–29.

https://jurnal.uhamka.ac.id/index.php/metopen/article/view/541

Rahayu, N. (2020). Teknik Sampling dalam Penelitian Kualitatif: Pendekatan Purposive. Jurnal Ilmiah Penelitian Pendidikan, 5(3), 67–75.

https://ejournal.unib.ac.id/index.php/pendidikankualitatif/article/view/117

Sari, F. D. A., Sholeh, M., & Sari, N. M. (2024). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi dalam Pembelajaran IPAS. JIEPP, 4(3), 391–397. http://journal.ainarapress.org/index.php/jiepp/article/download/383/468/6691

Siregar, T., & Ramadhani, R. (2020). Studi Kasus sebagai Desain Penelitian Kualitatif. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 4(1), 39–47.

https://jurnal.umj.ac.id/index.php/jkp/article/view/273

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wulandari, D., & Hidayati, R. (2021). Penelitian Deskriptif Kualitatif dalam Pendidikan Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Dasar, 5(2), 83–90.

https://journal.umpo.ac.id/index.php/pendas/article/view/365

Yuliana, E. (2024). Analisis Media Pembelajaran Interaktif di Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan Dasar, 3(1), 55–64.

https://jurnal.upi.edu/index.php/tekpendas/article/view/1236

Downloads

Published

2025-07-25