ANALISIS SENTIMEN ULASAN APLIKASI DANA Di GOOGLE PLAY STORE MENGGUNAKAN ALGORITMA NAÏVE BAYES

Authors

  • Pipit Ayu Mandasari Universitas Yudharta
  • Arif Faizin Universitas Yudharta

DOI:

https://doi.org/10.61722/jssr.v3i5.6436

Keywords:

Analisis Sentimen, DANA, Google Play Store, Naïve Bayes, Ulasan Aplikasi

Abstract

DANA sebagai dompet digital terkemuka di Indonesia, menerima banyak ulasan yang perlu dianalisis untuk memahami sentimen pengguna. Analisis sentimen sangat penting untuk mengkategorikan ulasan secara otomatis menjadi positif, negatif, dan netral. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sentimen ulasan aplikasi DANA di Google Play Store menggunakan algoritma Naïve Bayes dan menguji efektivitasnya dalam mengklasifikasikan sentimen pengguna. Penelitian ini menggunakan algoritma Naïve Bayes, mencapai akurasi keseluruhan sebesar 88% dengan kinerja terbaik pada kelas positif (presisi 0,92, recall 0,94, F1-score 0,93). Kelas negatif menunjukkan hasil yang cukup baik (presisi 0,76, recall 0,83, F1-score 0,79), tetapi gagal mengenali kelas netral (presisi 0,67, recall 0,00, F1-score 0,01). Distribusi data tidak seimbang dengan 72,2% positif, 22,9% negatif, dan hanya 4,4% netral. Algoritma Naïve Bayes efektif untuk mengklasifikasikan sentimen ulasan aplikasi DANA ke dalam kelas positif dan negatif, tetapi tidak dapat mengenali kelas netral karena ketidakseimbangan data.

References

Abrilia, N. D. (n.d.). PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN DAN FITUR LAYANAN TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN E-WALLET PADA APLIKASI DANA DI SURABAYA.

Adhi Putra, A. D. (2021). Analisis Sentimen pada Ulasan pengguna Aplikasi Bibit Dan Bareksa dengan Algoritma KNN. JATISI (Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi), 8(2), 636–646. https://doi.org/10.35957/jatisi.v8i2.962

Agustina, N., Citra, D. H., Purnama, W., Nisa, C., & Kurnia, A. R. (2022). Implementasi Algoritma Naive Bayes untuk Analisis Sentimen Ulasan Shopee pada Google Play Store: The Implementation of Naïve Bayes Algorithm for Sentiment Analysis of Shopee Reviews On Google Play Store. MALCOM: Indonesian Journal of Machine Learning and Computer Science, 2(1), 47–54. https://doi.org/10.57152/malcom.v2i1.195

Aprilianti, H., Mustofa, H., Umam, K., & Handayani, M. R. (n.d.). Comparative Study of SVM, KNN, and Naïve Bayes for Sentiment Analysis of Religious Application Reviews. 9(3).

Ire Puspa Wardhani, Yudi Irawan Chandra, & Ferri Yusra. (2024). Application of the Naïve Bayes Classifier Algorithm to Analyze Sentiment for the Covid-19 Vaccine on Twitter in Jakarta. International Journal of Innovation in Enterprise System, 7(1), 1–18. https://doi.org/10.25124/ijies.v7i01.171

Khoirul Insan, M. K., Hayati, U., & Nurdiawan, O. (2023). ANALISIS SENTIMEN APLIKASI BRIMO PADA ULASAN PENGGUNA DI GOOGLE PLAY MENGGUNAKAN ALGORITMA NAIVE BAYES. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 7(1), 478–483. https://doi.org/10.36040/jati.v7i1.6373

Maulana, R., Voutama, A., & Ridwan, T. (2023). Analisis Sentimen Ulasan Aplikasi MyPertamina pada Google Play Store menggunakan Algoritma NBC. Jurnal Teknologi Terpadu, 9(1), 42–48. https://doi.org/10.54914/jtt.v9i1.609

Nurian, A. (2023). ANALISIS SENTIMEN ULASAN PENGGUNA APLIKASI GOOGLE PLAY MENGGUNAKAN NAÏVE BAYES. Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan, 11(3s1). https://doi.org/10.23960/jitet.v11i3s1.3348

Riansyah Ramadhan, G., & Agus Sugianto, C. (2024). ANALISIS SENTIMEN ULASAN APLIKASI DANA DI GOOGLE PLAY STORE MENGGUNAKAN ALGORITMA NAÏVE BAYES. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 8(5), 9849–9857. https://doi.org/10.36040/jati.v8i5.10732

Sahria, Y. (2020). Implementasi Teknik Web Scraping pada Jurnal SINTA Untuk Analisis Topik Penelitian Kesehatan Indonesia.

Sapitri, I. A., & Fikry, M. (2023). PENGKLASIFIKASIAN SENTIMEN ULASAN APLIKASI WHATSAPP PADA GOOGLE PLAY STORE MENGGUNAKAN SUPPORT VECTOR MACHINE. 6.

Downloads

Published

2025-08-28