Pengaruh Model Pembelajaran Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Subtema 3 Memelihara Kesehatan Organ Pernapasan Manusia Kelas V Sd Negeri 097320 Serapuh

Authors

  • Al Yurfa Irzami Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Rio Parsaoran Napitupulu Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Theresia Monika Siahaan Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.61722/jssr.v1i1.65

Keywords:

Influence, Learning, Images and Drawings

Abstract

This research is experimental research, the aim of this research is to determine the effect of the Picture and Picture learning model on student learning outcomes for subtheme 3 maintaining the health of human respiratory organs in class V of SD Negeri 097320 Serapuh. The design used in this research is One-Group-Pretest-Posttest. The population used in this research was all class V students, totaling 28 students. The instruments used in this research were a pretest and posttest, each consisting of 20 multiple choice questions with the same type of questions. The data obtained during the research was then analyzed using validity tests, reliability tests, level of difficulty of questions, distinguishing power of questions, normality tests and t tests.

Based on the analysis that has been carried out in this research, the research results or findings in this research are that there is an influence of the Picture and Picture learning model on student learning outcomes in sub-theme 3 how to maintain human respiratory organs in class V of SD Negeri 097320 Serapuh as proven by the results of the t test with tcount (18,710).

References

Anggraeni, P. Akbar, A. 2018. “Kesesuaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan Proses Pembelajaran”. JURNAL PESONA DASAR. Vol 6(2): 55-65.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. ed.3. Jakarta: Bumi Aksara.

Sinaga, Y,T,C. Sihombing, L, N. Pasaribu, E. 2022. ”Pengaruh Model Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Subtema 2 Hidup Rukun dengan Teman Bermain pada Kelas II SD Negeri 091316 Pematang Raya”. Jurnal Pendidikan dan Konseling. Vol. 4(6): 1469-1479.

Friani, F, I, Sulaiman dan Mislinawati. 2017. “Kendala Guru Dalam Menerapkan Model Pembelajaran Tematik Berdasarkan Kurikulum 2013 Di SD Negeri 2 Kota Banda Aceh”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol. 2(1): 88-97.

Fatimah, Soewarno dan Suci. 2016. “Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar Pada Subtema Indonesiaku, bangsa yang berbudaya Kelas V Banda Aceh”. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Unsyiah. Vol 1(2): 19-25.

Hidayat, Ryan. 2017. “ Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Nurul Azman Gunung Putri Bogor”. DEIKSIS. Vol. 9(3): 385-391

Kuranedah dan Saliadin. 2016. “Penerapan metode Picture and Picture Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V B Di Min Konawe Selatan Kec. Konda Kab. Konawe Selatan”. Jurnal Al-Ta’dib. Vol 9 (1): 144-161.

Kurniasih, I. Sani, B. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Kata Pena.

Lestari, Indah. 2015. “ Pengaruh Waktu Belajar dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Formatif. Vol 3 (2): 115-125.

Marlina, E, V. 2013. “Kurikulum 2013 Yang Berkarakter”. JUPIIS. Vol 5 (2): 27-38.

Majid, Abdul. 2019. Pembelajaran tematik terpadu. PT Remaja Rosdakarya.

Mirdad, Jamal. 2020. “Model-Model Pembelajaran (Empat Rumpun Model Pembelajaran”. Dharmasraya: Jurnal Pendidikan dan Sosial Islam. Vol. 2 (1): 14-23.

Munawaroh, M. Rofi’ah. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas III DI MI TARBIYATUSSHIBYAN”. Attadib Journal of Elementary Education. Vol 1(2): 94-100.

Munir, A. dkk. 2014. Pembelajaran Tematik. PT. Raja Grafindo Persada.

Nafiati, A, D. 2021. “ Revisi Taksonomi Bloom: Kognitif, Afektif, dan Psikomotorik”. Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum. Vol 2(2): 151-172.

Octavia, A, S. 2020. Model-model pembelajaran. CV. BUDI UTAMA.

Setiadi, Heri. 2016. “Pelaksanaan Penilaian Pada Kurikulum 2013”. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. Vol 20(2): 166-178.

Setiawan, Eko. 2018. Pembelajaran tematik teoritas & praktis. Erlangga.

Shoimin, Aris. 2022. 68 Model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Susanti dan Kusmariyani. 2017. ”Penerapan Model Picture And Picture Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Pengetahuan Ipa”. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. Vol. 1 (2): 99-106.

Supa’at. 2017. “Pengembangan Sistem Evaluasi Pendidikan Agama Islam. STAIN. Hal: 39-40

Syaifuddin, 2017. “ Implementasi Pembelajaran Tematik di Kelas 2 SD Negeri Demangan Yogyakarta”. Yogyakarta: Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah. Vol. 2 (2): 139-144.

Utami dan Sujarwo. 2022. “Pengaruh Model Picture and Picture Terhadap Hasil Tematik Tema Tubuhku Di Kelas 1 Sdn No 106842 Taban”. Medan: Jurnal Penelitian Pendidikan. Vol. 2(1): 59-69.

Downloads

Published

2023-10-01