Analisis dan Simulasi Pengendali PI pada Sistem Kecepatan Motor DC Menggunakan MATLAB/Simulink

Authors

  • Azliana Siregar Universitas Negeri Medan
  • Roi Tua Simarmata Universitas Negeri Medan
  • Rizki Renaldi Universitas Negeri Medan
  • Desman Jonto Sinaga Universitas Negeri Medan
  • Arwadi Sinuraya Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.61722/jssr.v3i6.6945

Keywords:

DC motor, PI controller, MATLAB/Simulink, speed control system, dynamic response.

Abstract

Motor arus searah (DC) merupakan salah satu aktuator yang banyak digunakan pada sistem kendali karena kemampuannya dalam memberikan respon kecepatan yang cepat dan mudah dikendalikan. Namun, perubahan beban dan gangguan eksternal dapat menyebabkan kecepatan motor tidak stabil. Oleh karena itu, diperlukan sistem pengendali yang mampu mempertahankan kecepatan motor sesuai dengan nilai referensi yang diinginkan. Pada penelitian ini dilakukan simulasi sistem pengendali kecepatan motor DC menggunakan pengendali Proportional-Integral (PI) berbasis perangkat lunak MATLAB/Simulink. Nilai setpoint yang digunakan sebesar 250 sebagai referensi kecepatan. Simulasi dilakukan untuk menganalisis kinerja pengendali PI dalam memperbaiki respon dinamis motor DC, meliputi waktu naik (rise time), waktu tunak (settling time), serta kesalahan keadaan tunak (steady-state error). Hasil simulasi menunjukkan bahwa pengendali PI mampu mengatur kecepatan motor DC secara efektif dengan respon yang stabil, kesalahan keadaan tunak yang kecil, dan waktu tunak yang relatif cepat.

Kata Kunci: Motor DC, Pengendali PI, MATLAB/Simulink, Sistem Kendali Kecepatan, Respon Dinamis.

References

Baharom, R., Hamzah, M. K., Zaliha, S., & Noor, M. (2007). SINGLE-PHASE CONTROLLED RECTIFIER USING SINGLE-PHASE. (December). https://doi.org/10.1109/PEDS.2007.4487899

Basic DC Motors. (n.d.).

Drives, D. C., & Controlled, U. (n.d.). CHAPTER THIRTEEN DC DRIVES USING CONTROLLED. (i).

Fambudi, J. S., & Sobhita, R. A. (n.d.). Publication Periode Design and Analysis of a Thyristor-Based Controlled Rectifier Circuit for Stabilization of Speed and Rotation in DC Motors.

Gunanto, B. (n.d.). A Study on the Application of One-Phase Controlled Wave Rectifiers for Full Resistive Load in Community. xx(xx).

Hakim, L. (2024). Single Phase Controlled Rectifier using TN3050H-12 Thyristor and VS- E5PX3012 Diode : Power Control and Energy Efficiency in Marine Applications 2 Single-Phase Controlled Rectifier. 23, 318–323. https://doi.org/10.37394/23201.2024.23.31

Information, A. (2022). Original Research Article Speed Control of Direct Current Motors * Onah ,. 7(1), 319–329.

Kang, J. H. K., & Kim, J. K. S. (2018). Speed control for direct current motor using an AFE rectifier 2 . Rectifier Types and Characteristics 3 . DC Motor Control Using AFE Rectifier. 42(10), 829–835.

Kerutagi, D. (2018). CLOSED LOOP CONTROL OF DC MOTOR USING FIRING ANGLE. 5(4), 40–46.

Muskhir, M., Luthfi, A., Yuhendri, M., Aswardi, A., & Fortuna, A. (2024). Performance Analysis of DC Motors With Integrated Proportional-Integral and Artificial Neural Network Control. 13(4), 2684–2693. https://doi.org/10.18421/TEM134

Nasikhin, K. (n.d.). Study on Controlled Rectifiers with Optocoupler Integration : Evaluating Impact on DC Motor Voltage Stabilization and Rotational Speed Control. xx(xx).

Sinuraya, K. E. (2025). Analisis Pengendalian Kecepatan Motor DC Menggunakan Penyearah Terkendali Berbasis Simulasi MATLAB / Simulink. 3(6), 857–863.

Trisna, A., Eviningsih, R. P., & Intyanto, G. W. (2023). Three Phase Controlled Rectifier Circuit for Characteristic Control in DC Shunt Motor. 107–112. https://doi.org/10.5220/0011713700003575

Trisna, A., Muhammad, N., Mubarrok, R., Yuniza, S. I., & Ghafirul, M. (n.d.). Analysis of Thyristor Usage in Controlled Half-Wave Rectifiers on DC Motor Speed Control. xx(xx).

Verma, A., Rai, A., Singh, A. K., & Channid, H. K. (2021). Design and Simulation of Armature Controlled DC Motor using. 8(12), 237–242.

Yahia, T. T. (2025). DC Motor Speed / Torque Estimation and Control Based on Transfer Function Characteristics. 2023 International Conference on Engineering, Science and Advanced Technology (ICESAT), (June 2023), 156–161. https://doi.org/10.1109/ICESAT58213.2023.10347312

Yashwant, S., & Bhosale, P. S. A. (2024). International Journal of Research Publication and Reviews Optimized Closed-Loop Speed Control of Motors via Full-Bridge Controlled Rectifier Systems. 5(11), 870–875.

Downloads

Published

2025-11-06