EVALUASI KENDALA PENGGUNAAN APLIKASI RKAS DAN PERUMUSAN STRATEGI PENGEMBANGAN SISTEM PENGELOLAAN KEUANGAN SEKOLAH STUDI : PADA TK SWASTA ISLAM NAMIRA
DOI:
https://doi.org/10.61722/jssr.v3i6.6946Keywords:
Kendala, RKAS, Strategi, PengembanganAbstract
Evaluasi kendala penggunaan aplikasi RKAS dan perumusan strategi pengembangan sistem pengelolaan keuangan sekolah: studi pada TK Swasta Islam Namira. Aplikasi ini menyediakan kemudahan dalam mengakses serta pengelolaan keuangan pada TK Swasta Islam Namira, yang sebelumnya sudah dilakukan dengan baik, tetapi masih banyak mengalami kesalahan dalam proses pekerjaan yaitu fitur fitur dan item kegiatan masih secara manual atau belum valid. Sehingga kurang mampu dalam memberikan informasi secara teliti dan tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kendala yang dihadapi dalam penggunaan aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) serta merumuskan strategi pengembangan sistem pengelolaan keuangan sekolah yang lebih efektif dan efisien. Aplikasi RKAS merupakan salah satu instrumen penting dalam mendukung transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan di lingkungan sekolah. Namun, dalam implementasinya, masih ditemukan berbagai kendala teknis dan non-teknis, seperti keterbatasan infrastruktur, kurangnya pelatihan bagi pengguna, serta kendala dalam sinkronisasi data dengan sistem lain. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar pengguna mengalami kesulitan dalam mengoperasikan aplikasi karena kurangnya pelatihan dan sosialisasi. Selain itu, terdapat kebutuhan untuk peningkatan fitur aplikasi agar lebih adaptif terhadap kebutuhan sekolah. Berdasarkan temuan tersebut, dirumuskan strategi pengembangan yang meliputi peningkatan kapasitas SDM, integrasi sistem yang lebih baik, serta penguatan kebijakan teknis dari pemerintah. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi dasar perbaikan sistem pengelolaan keuangan sekolah berbasis digital secara berkelanjutan. Tujuan dari Skripsi ini adalah untuk mengetahui sejauh mana perencanaan, pelaksanaan, pelaporan sistem informasi akuntansi pengelolaan Dana BOSP pada TK Swasta Islam Namira.
References
Arifin, M. 2021. Evaluasi Penerapan Aplikasi RKAS di Sekolah Dasar. Jurnal Manajemen Pendidikan, 12(2), 45-46
Fitriani, R., & Nugroho, A. 2021. Digitalisasi dan akuntabilitas pengelolaan dana BOS di sekolah dasar. Jurnal Manajemen Pendidikan, 12(1), 55–63
Hidayat, T., & Prasetyo, A. 2021. Tantangan implementasi aplikasi RKAS dalam pengelolaan keuangan sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan, 18(2), 123–135
Suryana, D., & Dewi, A. 2022. Pengembangan Sistem Pengelolaan Keuangan Sekolah Berbasis Aplikasi RKAS. Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(1), 33-47
Suryani, D., & Puspitasari, R. 2022. Analisis Kendala Penggunaan Aplikasi RKAS dalam Pengelolaan Keuangan Sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan, 14(2), 55–66
Susanti, E., & Rahayu, T. 2022. Analisis pemanfaatan aplikasi RKAS dalam pengelolaan keuangan sekolah menengah pertama. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 3(2), 101–112
Sutisna, Y. 2021. Strategi penguatan tata kelola pendidikan melalui sistem informasi manajemen. Jurnal Kebijakan Pendidikan, 7(3), 87–94
Wahyuni, D. 2023. Evaluasi implementasi aplikasi RKAS di sekolah dasar:Studi kasus di Kabupaten Sleman. Jurnal Teknologi Pendidikan, 14(1), 33–45
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JOURNAL SAINS STUDENT RESEARCH

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










