PENGARUH LOKASI DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN (Cafe Muntaz Muara Bulian)
DOI:
https://doi.org/10.61722/jssr.v3i6.7045Keywords:
keputusan pembelian; kualitas produk; lokasiAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh persaingan bisnis kuliner yang semakin meningkat sehingga Cafe Muntaz perlu memahami faktor yang memengaruhi keputusan pembelian konsumennya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh lokasi dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sampel sebanyak 96 responden yang ditentukan melalui rumus Slovin. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan penyebaran angket, kemudian dianalisis menggunakan regresi linear berganda melalui SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lokasi berpengaruh signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian, demikian pula kualitas produk yang terbukti menjadi variabel paling dominan. Secara simultan, lokasi dan kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Temuan ini menegaskan bahwa kedua variabel tersebut berperan penting dalam meningkatkan keputusan pembelian konsumen di Cafe Muntaz.
References
Anonim, Al-Qur’an dan Terjemahnya. (Jawa Barat : Cipta Bagus Safara 2012)
-----------Buku Pedoman penulisan Skripsi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis.
Institut Agama Islam Nusantara BatangHari. 2020
Abdul Aziz. Ekonomi Islam Analisis Mikro Dan Makro. Yogyakarta : Graha Ilmu, 2008.
Ajat, Rukajat. Pendekatan Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta : DETPUBLISH, 2018.
Alam, S. Ekonomi. Jakarta : Erlangga, 2007.
Al-Qurthubi, Syeikh Imam. Tafsir Al-Qurthubi/Syeikh Imam Al-Qurthubi.
Jakarta: Pustaka Azzam, 2007.
Ariani, D.Wahyu. Manajemen Operasional Jasa. Yogyakarta : Graha Ilmu, 2009.
Bungin Burhan. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta : Kencana, 2011.
Firmansyah, M.Anang. Perilaku Konsumen. Yogyakarta : CV. Budi Utama,
Gitosudarmo, Indriyo. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta : BPFE, 2000.
H. Mulyadi,Nasusastro. Perilaku Konsumen Dalam Perspektif Kewirausahaan. Bandung : Alfabeta, 2012.
Hamdani dan Rambut Lupiyoadi. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta : Salemba Empat, 2009.
Hidayat, Mohammad. An Introduction The Sharia Economic : Pengantar Ekonomi Islam. Jakarta : Zikrul Karim, 2010.
Husaini Usman dan Purnomo Setiady Akbar. Metodologi Penelitian Sosial.
Jakarta : PT Bumi Aksara, 2009.
Iskandar. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial. Jakarta : Gaung Persada Pers, 2009.
Kismono, Gugup. Bisnis Pengantaran. Yogyakarta : BPFE, 2002.
Kotler dan Amstrong. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta : Erlangga, 2001.
Kotler dan Amstrong. Prinsi-prinsip Pemasaran, Edisi 12. Jakarta : Erlangga, 2008.
Kotler dan Keller. Marketing Management. New Jersey : Pearson Prentice Hall, 2012.
Lamarto, Yohanes. Konsultan Manajemen. Yogyakarta: Erlangga, 1984.
M. Mursid. Manajemen Pemasaran. Jakarta : PT Bumi Aksara, 2015. Muhammad. Metodologi Penelitian Ekonomi Islam Pendekatan Kuantitatif. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada, 2008.
Nugroho, J.Setiadi. Perilaku Konsumen : Perspektif Kontemporer motif, tujuan, dan keinginan konsumen. Jakarta : Kencana, 2013.
Riduwan. Path Analysis. Bandung : CV Alfabeta, 2013.
Rokan, Mustofa Kamal. Hukum Persaingan Usaha “Teori Dan Prakteknya di Indonesia”. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada, 2012.
Simamora, Bilson. Panduan Riset Perilaku Konsumen. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama, 2004.
Simamora. Bilson. Memenangkan Pasar Dengan Pemasaran Efektif Dan Profitable. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama, 2003.
Sudaryono. Manajemen Pemasaran Teori Dan Implementasi. Yogyakarta : Andi, 2016.
Tjiptono. Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Andi, 2007.
Umar,Husein. Riset Pemasaran Dan Perilaku Konsumen. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama, 2005.
Amanah, Dita. “Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Majestyk Bakery & Cake Shop Cabang
H.M. Yamin Medan”. Jurnal Keuangan & Bisnis 2(1), 2010.
Amilia, Suri. “Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota Langsa”. Jurnal Manajemen dan Keuangan 6(1), 2017.
Atmaja, Desy Purwanti dan Martinus Febrian Adiwinata. “Pengaruh Produk, Harga, Lokasi dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Di Kopitiam Oey Surabaya”. Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa 1(2), 2013.
Ayu Puspita. “Pengaruh Gaya Hidup, Fitur, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Blackberry Curve 9300”. Jurnal Ilmu Manajemen 1(1) Arifin, Isep Zaynal. 2008. “Bimbingan dan Konseling Islam (Al-Irsyad Wa Altawjîh Al-Islam) Berbasis Ilmu Dakwah”, Journal for Homiletic Studies 4(11), 2013.
Bonaventura, Efrian Antyadika. “Analisis Pengaruh Lokasi, Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Wong Art Bakery & Cafe Semarang) Jurnal: Universitas Diponegoro, 2012.
Emor, Rizky Y.S dan Agus Supandi Soegoto. “Pengaruh Potongan Harga, Citra Merek, dan Servicescape Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Indomaret Tanjung Batu”, Jurnal EMBA 3(2), 2015.
Fahrudin, Muhammad Fajar dan Emma Yulianti. “Pengaruh promosi, lokasi, dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian nasabah Bank Mandiri Surabaya”. Journal of Business and Banking 5(1), 2015.
Fristiana, Dessy Amelia. “Pengaruh Citra Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Ramai Swalayan Peterongan Semarang”. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis 1(2), 2012.
Fure, Hendra. “Lokasi, Keberagaman Produk, Harga, dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Minat Beli Pada Pasar Tradisional Bersehat I Calala”. Jurnal Emba 1(3), 2013.
Harahap, Dedy Ansari. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen di Pajak USU (PAJUS) Medan”. Jurnal Keuangan dan Bisnis 7(3), 2015.
Hayat, Afra Wibawa Makna. “Pengaruh Lokasi dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Distro Ouval Research di Buahbatu Bandung”. Jurnal UNIKOM 1(1), 2012.
Heryanto, Imam. “Analisis Pengaruh Produk, Harga, Distribusi, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Serta Implikasinya Pada Kepuasan Pelanggan”. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship 9(2) Hidayat, Mohammad. 2010. An Introduction to The Sharia Economic: Pengantar Ekonomi Islam. Jakarta: Zikrul Hakim, 2015
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JOURNAL SAINS STUDENT RESEARCH

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










