PENGARUH PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER TOLERANSI DI SD PERKOTAAN DAN PEDESAAN: STUDI SDN BAYAN SURAKARTA DAN SDN 3 GEMOLONG

Authors

  • Nabila Zuama Muthoharoh Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Yuli Puji Lestari Universitas Sebelas Maret
  • Suci Isnaini Universitas Sebelas Maret
  • Endrise Septina Rawanoko Universitas Sebelas Maret

DOI:

https://doi.org/10.61722/jssr.v3i6.7137

Keywords:

Pendidikan karakter, toleransi, sekolah dasar, wilayah perkotaan, wilayah pedesaan, PPKn, pendekatan kontekstual

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi perbedaan penerapan pendidikan karakter toleransi di sekolah dasar yang berada di wilayah perkotaan dan pedesaan. Studi dilakukan pada SDN Bayan Surakarta (perkotaan) dan SDN 3 Gemolong (pedesaan) dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SDN Bayan mengimplementasikan nilai toleransi melalui program Selasa Rohani yang memberikan ruang ekspresi keagamaan secara inklusif bagi semua siswa. Sebaliknya, SDN 3 Gemolong mempraktikkan toleransi melalui pembiasaan kegiatan keagamaan yang homogen, seperti murojaah dan kegiatan Ramadan, yang disesuaikan dengan konteks sosial-budaya lokal. Meskipun berbeda pendekatan, kedua sekolah berhasil menanamkan sikap toleransi siswa melalui strategi yang kontekstual dan partisipatif. Penelitian ini menekankan pentingnya adaptasi strategi pendidikan karakter sesuai dengan kondisi lokal agar nilai toleransi dapat tertanam kuat pada siswa sejak usia dini.

Author Biographies

Nabila Zuama Muthoharoh, Universitas Sebelas Maret Surakarta

Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Yuli Puji Lestari , Universitas Sebelas Maret

Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Suci Isnaini , Universitas Sebelas Maret

Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Endrise Septina Rawanoko, Universitas Sebelas Maret

Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

References

Abdulatif, S., & Anggraeni Dewi, D. (2021). Peranan Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membina Sikap Toleransi Antar Siswa. 4(2), 103–109. https://www.academia.edu/download/81414017/403.pdf.

Alim Tufando, P., & Muh. Hanif. (2024). ANALISIS PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KURIKULUM NASIONAL : KETERKAITANNYA DENGAN KEADILAN SOSIAL DI INDONESIA. 9(4), 299–311. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.20480

Deliyati, A., Gustina, R., Winata, A., Rejeki, S., & Bidaya, Z. (2023). Seminar Nasional Paedagoria Pentingnya Peranan Pendidikan Karakter dalam Menghadapi Tatangan di Era Digitalisasi. 478–486. https://journal.ummat.ac.id/index.php/fkip/article/view/16457

Haryanti, N. D., Ratnasari, Y., & Riswari, L. A. (2023a). Strategi Penanaman Karakter Toleransi Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 1167–1175. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.5014

Kholisah, N., Anggraeni Dewi, D., & Furi Furnamasari, Y. (2021). Meningkatkan Sikap Toleransi Antar Sesama Masyarakat di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9021. https://www.academia.edu/download/94718260/483330676.pdf.

Kurnia Sari, N., & Dian Puspita, L. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar. Jurnal DIKNAS BANTARA, 2(1), 57–72. https://doi.org/https://doi.org/10.32585/jdb.v2i1.182

Mariyah, S. (2023). Implementasi Pengajaran Nilai-Nilai Toleransi melalui Pendidikan Akhlak Budi Pekerti pada Siswa Sekolah Dasar. JMPIS, 5(1). https://doi.org/10.38035/jmpis.v5i1

Nadhifah, I., Eka Subekti, E., Haryati, T., & Estiyani. (2023). Analisis Pembentukan Karakter Toleransi Siswa Melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaran Di SDN Pandeanlamper 03 Semarang. 5(2), 3120–3124.

Nur, Z., & Rizkia Pangestika, R. (2022). Penguatan Karakter Toleransi Melalui Budaya Sekolah. 1(2), 60–67. https://doi.org/https://doi.org/10.56916/bip.v1i2.264

Nurul Annisa, M., Wiliah, A., & Rahmawati, N. (2020). PENTINGNYA PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK SEKOLAH DASAR DI ZAMAN SERBA DIGITAL. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(1), 35–48. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang

Septina Rawanoko, E., & Wuryandani, W. (2018). Implementasi pendidikan karakter demokratis melalui pembelajaran ppkn pada siswa kelas XII. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 4(2), 187–196. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v4i2.10188

Yosiphanungkas, Y., & Mandayu, B. (2020). PEMBENTUKAN KARAKTER TOLERANSI MELALUI HABITUASI SEKOLAH. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 5(2), 31–33. https://doi.org/10.1007/978-3-319-78692

Yuliani, D., Isnaini, P. N., Nafisah, S., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. (2021). Implementasi Nilai Karakter Toleransi dalam Pembelajaran PKn di SDN Baranangsiang. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(3), 137–142. https://doi.org/10.31004/aulad.v4i3.183

Downloads

Published

2025-11-24