PENGARUH PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER TOLERANSI DI SD PERKOTAAN DAN PEDESAAN: STUDI SDN BAYAN SURAKARTA DAN SDN 3 GEMOLONG
DOI:
https://doi.org/10.61722/jssr.v3i6.7137Keywords:
Pendidikan karakter, toleransi, sekolah dasar, wilayah perkotaan, wilayah pedesaan, PPKn, pendekatan kontekstualAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi perbedaan penerapan pendidikan karakter toleransi di sekolah dasar yang berada di wilayah perkotaan dan pedesaan. Studi dilakukan pada SDN Bayan Surakarta (perkotaan) dan SDN 3 Gemolong (pedesaan) dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SDN Bayan mengimplementasikan nilai toleransi melalui program Selasa Rohani yang memberikan ruang ekspresi keagamaan secara inklusif bagi semua siswa. Sebaliknya, SDN 3 Gemolong mempraktikkan toleransi melalui pembiasaan kegiatan keagamaan yang homogen, seperti murojaah dan kegiatan Ramadan, yang disesuaikan dengan konteks sosial-budaya lokal. Meskipun berbeda pendekatan, kedua sekolah berhasil menanamkan sikap toleransi siswa melalui strategi yang kontekstual dan partisipatif. Penelitian ini menekankan pentingnya adaptasi strategi pendidikan karakter sesuai dengan kondisi lokal agar nilai toleransi dapat tertanam kuat pada siswa sejak usia dini.
References
Abdulatif, S., & Anggraeni Dewi, D. (2021). Peranan Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membina Sikap Toleransi Antar Siswa. 4(2), 103–109. https://www.academia.edu/download/81414017/403.pdf.
Alim Tufando, P., & Muh. Hanif. (2024). ANALISIS PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KURIKULUM NASIONAL : KETERKAITANNYA DENGAN KEADILAN SOSIAL DI INDONESIA. 9(4), 299–311. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.20480
Deliyati, A., Gustina, R., Winata, A., Rejeki, S., & Bidaya, Z. (2023). Seminar Nasional Paedagoria Pentingnya Peranan Pendidikan Karakter dalam Menghadapi Tatangan di Era Digitalisasi. 478–486. https://journal.ummat.ac.id/index.php/fkip/article/view/16457
Haryanti, N. D., Ratnasari, Y., & Riswari, L. A. (2023a). Strategi Penanaman Karakter Toleransi Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 1167–1175. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.5014
Kholisah, N., Anggraeni Dewi, D., & Furi Furnamasari, Y. (2021). Meningkatkan Sikap Toleransi Antar Sesama Masyarakat di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9021. https://www.academia.edu/download/94718260/483330676.pdf.
Kurnia Sari, N., & Dian Puspita, L. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar. Jurnal DIKNAS BANTARA, 2(1), 57–72. https://doi.org/https://doi.org/10.32585/jdb.v2i1.182
Mariyah, S. (2023). Implementasi Pengajaran Nilai-Nilai Toleransi melalui Pendidikan Akhlak Budi Pekerti pada Siswa Sekolah Dasar. JMPIS, 5(1). https://doi.org/10.38035/jmpis.v5i1
Nadhifah, I., Eka Subekti, E., Haryati, T., & Estiyani. (2023). Analisis Pembentukan Karakter Toleransi Siswa Melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaran Di SDN Pandeanlamper 03 Semarang. 5(2), 3120–3124.
Nur, Z., & Rizkia Pangestika, R. (2022). Penguatan Karakter Toleransi Melalui Budaya Sekolah. 1(2), 60–67. https://doi.org/https://doi.org/10.56916/bip.v1i2.264
Nurul Annisa, M., Wiliah, A., & Rahmawati, N. (2020). PENTINGNYA PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK SEKOLAH DASAR DI ZAMAN SERBA DIGITAL. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(1), 35–48. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang
Septina Rawanoko, E., & Wuryandani, W. (2018). Implementasi pendidikan karakter demokratis melalui pembelajaran ppkn pada siswa kelas XII. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 4(2), 187–196. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v4i2.10188
Yosiphanungkas, Y., & Mandayu, B. (2020). PEMBENTUKAN KARAKTER TOLERANSI MELALUI HABITUASI SEKOLAH. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 5(2), 31–33. https://doi.org/10.1007/978-3-319-78692
Yuliani, D., Isnaini, P. N., Nafisah, S., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. (2021). Implementasi Nilai Karakter Toleransi dalam Pembelajaran PKn di SDN Baranangsiang. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(3), 137–142. https://doi.org/10.31004/aulad.v4i3.183
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JOURNAL SAINS STUDENT RESEARCH

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










