Analisis Literatur Tentang Pemanfaatan Teknologi Digital dalam Pembelajaran Keperawatan
DOI:
https://doi.org/10.61722/jssr.v4i1.7478Keywords:
Teknologi Informasi, Pendidikan Keperawatan, Virtual Reality, Virtual Nursing Simulation, E-learning, Video PembelajaranAbstract
Pembelajaran keperawatan mengalami peningkatan yang signifikan sejalan dengan kemajuan teknologi informasi (TI). Ini sudah teruji dengan mengintegrasikan teknologi seperti virtual reality, simulasi keperawatan virtual, video pendidikan, e- learning, keahlian teknologi informasi serta komunikasi (TIK), dan dokumentasi berbasis komputer membantu mahasiswa lebih kompeten. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran keseluruhan mengenai penerapan teknologi terhadap pendidikan keperawatan. Penelitian ini meninjau 8 artikel yang diterbitkan pada tahun 2018-2024 dengan menggunakan pendekatan tinjauan literatur sistematis bersumber pada prinsip PRISMA 2020. Hasil sintesis tema menunjukkan bahwa penggunaan teknologi informasi dapat meningkatkan kinerja lulusan keperawatan dan keahlian klinis, pengetahuan, keyakinan diri, dan rasa empati mereka. Analisis sistematik juga menunjukkan bahwa mengintegrasikan teknologi data ke dalam kurikulum adalah komponen penting dari pembelajaran keperawatan kontemporer.
References
Ignata Yuliati, M. R. W. (2020). HUBUNGAN KEMAMPUAN MENGGUNAKAN TEKNOLOGI KEPERAWATAN DENGAN CARING MAHASISWA PROFESI NERS DI SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN WILAYAH SURABAYA The Relationship Between Technological Skill Competency and Caring of Nursing Profession Students in Surabaya Regio. 6.
Lumenta, D. F. (2021). PENGGUNAAN TEKNOLOGI VIRTUAL REALITY DALAM PENDIDIKAN KEPERAWATAN JIWA : LITERATURE REVIEW. 15(1), 7–15.
Sari, I. P., & Sundari, S. (2019). Penerapan Video Pembelajaran dapat Meningkatkan Keterampilan Klinis dalam Pendidikan Keperawatan : A Literature Review. https://doi.org/10.17509/jpki.v5i1.15128
Sianturi, S. R. (2022). Upaya Peningkatan Pengetahuan Mahasiswa Mengenai Teknologi Informasi Dalam Keperawatan. 2(1), 51–58.
Sukihananto, D. P. (2019). Penerapan Sistem Informasi KeperawatanVirtually Nursing Technologies in Nursing Education: Sebuah Tinjauan Literatur. 10(April), 135–138.
Tarigan, R., & Handiyani, H. (2019). Manfaat Implementasi Dokumentasi Asuhan Keperawatan Berbasis Komputerisasi Dalam Meningkatkan Mutu Asuhan Keperawatan. 08(2), 110–116.
Tarnoto, K. W. (2018). LITERATUR REVIEW : E-LEARNING DAN APLIKASINYA DALAM BIDANG PENDIDIKAN KEPERAWATAN Koko Wahyu Tarnoto 1. 7, 109–115.
Yosef, M. A. (2024). Pengaruh Keterampilan Teknologi Informasi terhadap Kinerja Lulusan Keperawatan dalam Praktik Klinis. 11(1), 187–201
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JOURNAL SAINS STUDENT RESEARCH

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










