PERAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENGAMBILAN KEPUTUSAN BERBASIS DATA PADA SEKTOR PENDIDIKAN

Authors

  • Suci Ramadani Harahap Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Muhammad Irwan Padli Nasution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.61722/jssr.v4i1.7482

Keywords:

Sistem Informasi Manajemen, pengambilan keputusan, Dapodik, EMIS, tata kelola pendidikan

Abstract

istem Informasi Manajemen (SIM) memegang peranan strategis dalam meningkatkan mutu pengambilan keputusan pada sektor pendidikan. Di tengah arus digitalisasi, SIM menjadi fondasi bagi pengumpulan, pengelolaan, dan analisis data sehingga dapat digunakan sebagai dasar penyusunan kebijakan yang lebih tepat dan transparan. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan untuk mengeksplorasi bagaimana SIM, termasuk sistem nasional seperti Dapodik dan EMIS, memperbaiki tata kelola pendidikan. Hasil kajian menunjukkan bahwa SIM berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kualitas data dan efektivitas kebijakan, meskipun pemanfaatannya masih terkendala oleh rendahnya literasi digital, ketimpangan infrastruktur, dan sistem yang belum terintegrasi optimal. Penelitian ini juga menegaskan pentingnya etika Islam, terutama nilai amanah dan keadilan, agar keputusan berbasis data dapat dijalankan secara bertanggung jawab dan berkeadaban.

References

Ahmad, M., & Noor, H. (2023). Data-driven decision making in education management systems. Journal of Educational Technology, 12(2), 115–128.

Anwar Darwis, A., & Mahmud, H. (2023). Sistem Informasi Manajemen pada lembaga pendidikan Islam. Jurnal Kelola: Journal of Islamic Education Management, 4(1), 70–83.

Ekiaryadi. (2025). Integrasi data pendidikan melalui sistem Dapodik dan EMIS untuk peningkatan tata kelola sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan Nusantara, 7(1), 60–72.

Kemdikbudristek. (2024). Laporan resmi pengelolaan data pendidikan nasional melalui Dapodik. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Kristanti, T., & Ramadhan Putra, H. (2025). Penerapan Sistem Informasi Manajemen di sekolah untuk meningkatkan efisiensi administrasi dan pembelajaran. Dirasah: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam, 7(1), 88–99.

Laudon, K. C., & Laudon, J. P. (2022). Management information systems: Managing the digital firm (17th ed.). Pearson.

Nurhikmah. (2024). Analisis kebijakan pendidikan tentang Sistem Informasi Manajemen Pendidikan. Jurnal Imagine, 10(2), 55–64.

Siagian, R. (2023). Etika pengelolaan data dalam pendidikan Islam. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 45–58.http://dx.doi.org/10.30588/SOSHUMDIK.v5i1.142.

Downloads

Published

2025-12-07

Issue

Section

Articles