Membangun SDM Melek Teknologi dan Berintegritas dalam Bingkai Filsafat Pendidikan Islam di Era Digital
DOI:
https://doi.org/10.61722/jssr.v4i1.7640Keywords:
Filsafat Pendidikan Islam, Etika Digital; Akhlakul Karimah, Literasi Teknologi; Pendidikan Islam Era Digital.Abstract
Evolusi teknologi digital menciptakan tantangan serta kesempatan baru untuk pendidikan Islam. Peralihan pembelajaran menuju digitalisasi memerlukan paradigma yang tidak sekadar berfokus pada penguasaan teknologi, tetapi juga pada pengembangan akhlak dan etika dalam penggunaan media. Artikel ini mengupas peranan filsafat pendidikan Islam sebagai dasar konseptual dalam menyusun pendidikan yang berlandaskan nilai-nilai tauhid, etika digital dari sudut pandang Islam sebagai acuan moral di dunia maya, serta strategi dan jalan keluar untuk menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang bermoral dan terampil teknologi. Melalui studi literatur kualitatif, penelitian ini menekankan bahwa teknologi seharusnya menjadi alat (wasilah) yang dikendalikan oleh nilai-nilai moral. Pendidikan Islam memainkan peranan penting dalam menyatukan literasi digital dengan akhlakul karimah, demi membentuk peserta didik yang cerdas, beretika, dan bertanggung jawab dalam menggunakan teknologi.
References
Abduh, A. N. (2025). Pandangan Filsafat Tentang Hubungan Manusia dan Pendidikan. 2(6), 445–458.
Burgess, S. (2016). Human Capital and Education : The State of the Art in the Economics of Education. 9885.
Deesaeh, K. A. (2025). Strategi Pengembangan SDM dalam Manajemen Pendidikan Islam.
Goal, S. D. (n.d.). Incheon Declaration Framework for Action.
Islam, J. K. (2016). AL-QALAM AL-QALAM. 8(1), 10–18.
Islam, U., & Sunan, N. (n.d.). FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM.
Mustaqim, A., & Bakar, M. Y. A. (2025). Ilmu Akhlaq sebagai Pengembangan Keilmuan dalam Perspektif Filsafat Ilmu. 3.
Nur, S., & Jannah, S. (2024). Urgensi Filsafat Pendidikan Islam Dalam Membentuk Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas Di Era Modernisasi. 2(6), 311–323.
Nurpriatna, A., Afifah, Y. A., Shalehah, N. W., & Kharisma, S. (2025). Pendidikan Islam dan Literasi Digital : Strategi Mengatasi Hoaks dan Konten Negatif di Kalangan Remaja Muslim. 3, 104–113.
Pendidikan, S., Kontekstual, I., Era, M., & Digital, D. (2024). Pengertian : Jurnal Pendidikan Indonesia ( PJPI ).
Safitri, S. N., Azhim, N. M., Azzahra, N. N., Bakar, M. Y. A., Arab, P. B., Islam, P., & Manusia, S. D. (2024). Cendekia pendidikan. 8(4).
Schultz, T. W. (1961). Investment in human capital. The American Economic Review, 51(1), 1–17..pdf. (n.d.).
Suryansyah, M. D., Islam, U., Maulana, N., Ibrahim, M., Islam, U., Maulana, N., & Ibrahim, M. (2024). Strategi Penguatan Literasi Digital untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran di MTSN 2 Kabupaten Kediri. 260–270.
Working Group on Education : Digital skills for life and work Working Group on Education : Digital skills for life and work. (2017). September.
Zafira, H., & Subagyo, Z. (2024). Membangun Kepribadian Muslim dan Sumber Daya Manusia yang berkualitas melalui Revitalisasi Pendidikan Islam. 1(6), 437–446.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JOURNAL SAINS STUDENT RESEARCH

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










