Implementasi Manajemen Konflik Dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Guru Dan Staf Di SD Islam Terpadu Al Hikam Banyudono Boyolali

Authors

  • Atik Shaimah Rabiah UIN Raden Mas Said Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.61722/jssr.v4i1.7652

Keywords:

conflict management, work motivation, phenomenology

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi konflik dalam meningkatkan motivasi kerja guru dan staf di SD Islam Terpadu Al Hikam Banyudono Boyolali. Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah belum optimalnya motivasi kerja yang dipengaruhi oleh munculnya berbagai konflik internal sekolah.  Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desan studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi melibatkan kepalas sekolah, guru, dan staf. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi manajemen konflik yang dilakukan oleh kepala sekolah, termasuk komunikasi efektif, mediasi, penguatan hubungan antar individu, dapat meningkatkan motivasi kerja guru serta menciptakan lingkungan kerja yang kondusif. Peneliti menyimpulkan bahwa pengelolaan konflik yang efektif tidak hanya mengurangi ketegangan antar individu, tetapi juga berkontribusi langsung terhadap meningkatnya motivasi kerja dan kinerja guru. Temuan ini menegaskan pentingnya kompetensi manajerial kepala sekolah dalam mengelola konflik sebagai strategi peningkatan kualitas pendidikan.

Kata Kunci: manajemen konflik, motivasi kerja, fenomonologi

 

 

References

Afriani, R., & Marwa, M. (2025). Implementasi Manajemen Konflik Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Sd Negeri 10 Tualang Kabupaten Siak Provinsi Riau. Prosiding Seminar Nasional Magister Pedagogi Innovation and Sustainability in Pedagogical Research and Education (SEMNAS INSPIRE), 65–74.

Faqrurrowzi, L., & Dharma, H. (2023). Manajemen Konflik dalam Dunia Pendidikan Perguruan Tingggi. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 12(2), 92–102.

Fauzi, I. (2023). Manajemen Konflik dan Cara Penyelesaian Konflik dalam Organisasi Sekolah. 1(1), 108–115.

Hafifah, N. (2025). Implementation Of Hypnotherapy In The Recovery Process Of Traumatic Behavior : A Qualitative Study At Manawiyah Counseling Center. Jurnal Pendidiksn , Konseling, Dan Psikologi, 12–22.

Hasanah, D. M., Izsasi, N., Haryanti, A., & Ustazia, P. A. (2024). Model Pengelolaan Konflik di Lembaga Pendidikan Islam. 4.

Levitt, H. M., Bamberg, M., Creswell, J. W., Frost, D. M., & Suárez-orozco, C. (2018). Journal Article Reporting Standards for Qualitative Primary , Qualitative Meta-Analytic , and Mixed Methods Research in Psychology : The APA Publications and Communications Board Task Force Report. 73(1), 26–46.

Lidan, A., Lubis, S. A., & Hadijaya, Y. (2023). Pengaruh Manajemen Konflik Dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru Man Se-Kabupaten Aceh Tenggara. 9(2), 1171–1178.

Masjudin, Thohri, M., & Na’amy, N. (2024). Pengaruh Manajemen Konflik Terhadap Peningkatan Kompetensi, Motivasi, dan Kinerja Pendidik. Jurnal Manajemen Dan Budaya, 4, 39–51.

Nur Azizah, D., Nurlaeli, A., & Ma’shum, S. (2024). Implementasi Manajemen Konflik Sebagai Upaya dalam Meningkatkan Produktivitas Kerja di Lembaga Pendidikan Islam. Dirasah : Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam, 7(2), 619–629. https://doi.org/10.58401/dirasah.v7i2.1380

Safira, A. K., Kamalia, A., Dewi, safri R., Shopiah, H. S., & Silvia, T. (2025). Studi Literatur : Strategi Manajemen Konflik Untuk Meningkatkan Teamwork Dalam Organisasi. Jurnal Riset Multidisiplin Edukasi, 2, 252–267.

Downloads

Published

2025-12-11

Issue

Section

Articles