MANAJEMEN PELAKSANAAN BIMBINGAN DAN KONSELING SECARA LANGSUNG DALAM LAYANAN KONSELING INDIVIDUAL DAN KELOMPOK

Authors

  • Elin Mutia Ramadhani Universitas Negeri Surabaya
  • Naila Nadya Universitas Negeri Surabaya
  • Angely Agustine Blezyinsky Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.61722/jssr.v4i1.7730

Keywords:

Keyword : Counseling Services; Group Counseling; Guidance and Counseling Management; Individual Counseling, Kata kunci : Manajemen BK; Layanan Konseling; Konseling Individual; Konseling Kelompok

Abstract

Abstrak.
This literature review aims to describe the management of direct implementation of guidance
and counseling (GC) services in schools, focusing on individual counseling and group counseling.
Relevant journal articles and scientific sources were examined to identify how both services are
planned, implemented, evaluated, and followed up by school counselors. The findings indicate
that individual counseling is conducted through face-to-face interaction that allows counselors to
explore students’ personal issues in depth, whereas group counseling relies on group dynamics as
a medium for sharing experiences and providing social support. Although both services follow
similar stages, their implementation still encounters challenges such as limited service time, an
imbalanced counselor–student ratio, and program planning that is not yet fully structured. The
review also reveals that previous studies tend to emphasize the effectiveness of counseling
techniques rather than the managerial aspects of service delivery. Therefore, improvements in
service management are needed to ensure that individual and group counseling can operate more
systematically and meet students developmental needs.

Abstrak.
Penelitian ini memiliki tujuan untuk menjelaskan terkait manajemen pelaksanaan layanan
bimbingan dan konseling (BK) secara langsung, khususnya konseling individual dan konseling
kelompok di sekolah, melalui kajian literatur terhadap jurnal dan sumber ilmiah yang relevan.
Hasil telaah menunjukkan bahwa konseling individual dilaksanakan melalui interaksi tatap muka
yang memungkinkan konselor menggali permasalahan siswa secara personal, sedangkan
konseling kelompok menekankan dinamika antaranggota sebagai media berbagi pengalaman dan
dukungan sosial. Kedua layanan tersebut memiliki tahapan yang serupa, meliputi perencanaan,
pelaksanaan, evaluasi, dan tindak lanjut, namun penerapannya di lapangan masih menghadapi
kendala seperti keterbatasan waktu, rasio konselor BK dan siswa yang tidak ideal, serta
perencanaan program yang belum sepenuhnya terstruktur. Kajian juga menemukan bahwa
penelitian sebelumnya lebih banyak menyoroti efektivitas teknik konseling dibandingkan aspek
manajemen pelaksanaannya. Dengan demikian, perbaikan dalam cara pengelolaan layanan diperlukan agar konseling individual dan kelompok dapat berjalan lebih teratur dan sesuai dengan
kebutuhan perkembangan peserta didik

References

DAFTAR PUSTAKA

Andriyani, N. (2020). PELAKSANAAN KONSELING INDIVIDUAL DALAM MENINGKATKAN

KEPERCAYAAN DIRI SISWA TERISOLIR (Studi Kasus: Sekolah Menengah Atas Negeri 1

Pusako Siak Sri Indrapura). UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM

RIAU.

Fizian, Suyata, & Widodo. (2020). Manajemen Layanan Bimbingan Dan Konseling Di Smp

Negeri 1 Aikmel Lombok Timur. Jurnal At-Tadbir STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang,

Imelda Bii Padha, M., Ardika Miftah Farid, D., & Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas

Pedagogi dan Psikologi, P. (2021). PENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK SELF-

MANAGEMENT DALAM KONSELING KELOMPOK MELALUI GOOGLE MEET

TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA DALAM PEMBELAJARAN

DARING SAAT PANDEMI COVID-19 DI SMA Dr. SOETOMO SURABAYA. Jurnal

Bimbingan Dan Konseling, 6(1).

Komang, N., Yuliastini, S., & Mahaardhika, M. (2019). EFEKTIVITAS LAYANAN

KONSELING KELOMPOK TEKNIK MANAJEMEN DIRI UNTUK MENINGKATKAN

SELF-ESTEEM SISWA. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia, 4.

Machfudz, M. (2023). Penerapan Manajemen Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Upaya

Meningkatkan Mutu Belajar Siswa. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 4(3).

https://doi.org/10.51214/bocp.v4i3.396

Magpiroh, N. L., Nurhida, D., Rohman, R. I., Nurhidayah, P., & Nurpadiati, V. (2024). Analisis

Manajemen Bimbingan Konseling Kelompok di SMA Negeri 1 Parigi. JSTAF : Siddiq,

Tabligh, Amanah, Fathonah, 3(3). https://doi.org/10.62515/staf

Mardiana, T., Riyanto, Y., Sholeh, M., Khamidi, A., Nursalim, M., Purwoko, B., & Amalia, K.

(2025). MANAJEMEN LAYANAN KONSELING INDIVIDUAL DALAM

MENINGKATKAN KEMATANGAN KARIR SISWA KELAS XII DI SMAN

MENGANTI. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(1).

Nisa’, K., Asri, D. N., & Seteijarini, E. (2025). PT. Media Akademik Publisher SOSIAL DAN

AKADEMIK SISWA KELAS X-5 DI SMAN 2 MADIUN. JURNAL MEDIA AKADEMIK

(JMA), 3(6), 3031–5220. https://doi.org/10.62281

Nuraidah, E., Wandani, E., Mubarok, H., & Eliawati, N. (2024). Implementasi Manajemen

Bimbingan Konseling Kelompok di SMA Negeri 1 Cikalong. JSTAF : Siddiq, Tabligh,

Amanah, Fathonah. https://doi.org/10.62515/staf

Nurhasanah, S. (2021). Penerapan Layanan Konseling Individual Dengan Teknik Modelling Untuk

Meningkatkan Kepemimpinan Ketua Kelas Di Smp Taman Harapan Tahun Ajaran 2020/2021

Sarah Nurhasanah. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan [JIMEDU], 1, 1–13.

http://jurnalmahasiswa.umsu.ac.id/index.php/jimedu

Purnamasari, I., & Ardiansyah, M. (2021). IMPLEMENTASI MANAJEMEN LAYANAN

KHUSUS BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMA NEGERI 11 MAKASSAR. Jurnal

Administrasi, Kebijakan Dan Kepemimpinan Pendidikan, 2(1). http://ojs.unm.ac.id/JAK2P/

Rahmawati, N., Wibowo, S. B., & Septora, R. (2022). COUNSELING MILENIAL (CM)

Managemen Layanan Konseling Individu untuk Meningkatkan Self-Acceptance. Counseling

Milenial (Journal), 4(1).

Wulandari, E. (2024). Pengaruh Konseling Individual Dalam Mengatasi Masalah Manajemen

Waktu Peserta Didik. IJoCE : Indonesian Journal of Counseling and Education, 5(1), 30–33.

https://doi.org/10.32923/ijoce.v5i1.4954

Downloads

Published

2025-12-17

Issue

Section

Articles