Pengaruh Model Pembelajaran Savi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema 1 Subtema 1 Organ Gerak Hewan Kelas V SD Negeri 097320 Serapuh

Authors

  • Naomi Srirejeki Harianja Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Yanti Arasi Sidabutar Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Sudirman T P Lumbangaol Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.61722/jssr.v1i1.80

Keywords:

Learning Outcomes, SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual), Thematic Learning

Abstract

The purpose and influence of the SAVI Learning Model. This research was conducted at SD Negeri 097320 Serapuh. Quantitative research using experimental techniques is the methodology used. This research uses a Pre-Experimental "One Group Pretest-Posttest" design. There were 28 fifth grade children at SD Negeri 097320 Serapuh who were the samples for this research. The analysis shows that the average results of the experimental class support the research hypothesis that has been tested and have quite a large influence on the data that has been studied.

References

Ambarwati, N. (T.T.). Penerapan Model Pembelajaran Savi Untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Di Kelas 5 Sdn Sumberejo 01 Batu.

Ambarwati, N. (T.T.). Penerapan Model Pembelajaran Savi Untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Di Kelas 5 Sdn Sumberejo 01 Batu.

Amri, S. (2013). Pengembangan & Model Pembelajaran dalam Kurikulum2013. Jakarta: PT. Prestasi Puspata Karya. Anas, d. (2019). Pengaruh Model SAVI Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Islam dan Teknologi Pendidikan, Vol. VII. NO.2.

Artini, d. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI Terhadap hasil belajar IPA Pada Siswa Kelas V SD di Gugus XII Kecamatan Buleleng Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Vol.2 No.1.

Arikunto, Suharsimi. 2009. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. 2010. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Bumi Aksara, Jakarta.

Budiyanti, Y, dan K. (2019). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Melalui Model Pembelajaran Somatic, Auditory, Visualiztion, Intellectualy (SAVI) Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas V MI Mifftahul Huda Kota Bekasi. PEDAGOGIK, VII.

Defantri. 2009. Pembelajaran Tematik, (Online), (http://defantri.blogspot. com/2009/06/pembelajarantematik.html/), diakses tanggal 11 April 2012.

Dinas Pendidikan. 2009. Model Pembelajaran Tematik (Power Point), (Online), (http://akhmadsudrajat.files.wordpress.com/2009/.../pembelajarantematik.ppt/), diakses tanggal 11 April 2012.

Dalyono, M. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta. Rineka Cipta

Dewantara, Ki Hadjar. 2011. Karya Ki Hadjar Dewantara Bagian Pertama Pendidikan. Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Taman siswa

Fathurrohman, P dan Sobry Sutikno. 2007. Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umun & Konsep Islami. Bandung: PT Refika Aditama

Fuad, Ihsan. 2008. Dasar-dasar Kependidikan. Jakarta:. Rineka Cipta Suwarno, Wiji. 2009. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Hamalik, O. (2013). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bum Aksara.

Huda, M. (2017). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Meier, D. 2003. The Accelerated Learning Handbook: Panduan Kreatif & Efektif Merancang program Pendidikan dan Pelatihan.Terjemahan Rahmani Astuti. Kaifa, Bandung

Pardosi, B.,Tanjung, D. S., & Anzelina, D. (2020). Pengaruh Model Savi Terhadap Hasil Belajar Pada Tema Organ Gerak Hewan Dan Manusia Di Kelas V Sd Negeri 173593 Parsoburan. Esj (Elementary School Journal), 10(3), 175–184.

Rusman. (2014). Model-model Pembelajaran. Jakarta: Raja Frafindo.

Setiawan, E. (2018). Pembelajaran Tematik Teoritis dan Praktis. Erlangga.

Sudjana N. (2018). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Sutarna, N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Savi (Somatic Auditory Visual Intellectualy) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 1(2), 119.

Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Cet. Ke-4, Jakarta, Rineka Cipta, 2003.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kulaitatif Dan R & D, Bandung, Alfabeta, 2011 , Statistik untuk Penelitian,Bandung, Alfabeta, 2013

Trianto. (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

2023-10-01