PENGARUH PERSEPSI MANFAAT, KEMUDAHAN PENGGUNAAN, DAN RISIKO TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN QRIS PADA MASYARAKAT DI KOTA JAMBI
DOI:
https://doi.org/10.61722/jaem.v1i3.2477Keywords:
Perceived Benefits, Perceived Ease of Use, Perceived Risk, Interest in UsingAbstract
QRIS is a QR code-based payment standard set by Bank Indonesia to support and facilitate digital payments in Indonesia, as an effort to encourage the realization of an integrated payment system. The purpose of this study was to examine the effect of perceived benefits, ease of use, and risk on interest in using qris in the people of jambi city. The research method used is quantitative method. The population and samples used in this study were people in the city of Jambi. Data collection was carried out by distributing questionnaires with Likert scale measurements. Then, the data testing techniques used in this study are validity and reliability tests, R-Squer tests, and hypothesis testing through bootsrapping using Smart PLS 3.0 software. The results showed that perceived ease of use, and risk had a positive and significant effect on interest in using qris while perceived benefits had a positive and insignificant effect on purchasing decisions.
References
Alis Santika, Ranti Aliyani, dan Ria Mintarsih,”Persepsi Dan Intensi Pelaku UMKM Terhadap Penggunaan QRIS Sebagai Sistem Pembayaran Digital Di Kota Tasikmalaya,” Jurnal Transekonimika, Vol 2, no 4,(2022)h. 61-70
Audy Maudya, “Analisis Pengaruh Celebrity Endorsment, Kualitas Produk Dan Packaging Terhadaap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Produk Skincare Klarity)”, Jurnal Ekonomi Bisnis Indonesia, Vol. 17 No. 1 (Juni 2022)
Dewi Kusuma Wardani, Anita Primastiwi, Hermalia,” Persepsi Kemanfaatan dan Persepsi Kemudahan pada Minat Membayar PBB Menggunakan Go-Pay dengan Sikap Penggunaan sebagai Variabel Intervening,” Jurnal Exero Journal of Research in Business and Economics, Vol 3, no 1,(Mei 2020)
Dyah Anggita Febriyani,”Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan Dan Persepsi Kemanfaatan Terhadap Minat Beli Online Pada Mahasiswa Ust Yogyakarta Pengguna Zalora,” Jurnal Ekobis Dewantara, Vol 1, no 11,(November 2018)
Erwinsyah, Kartina Eka Ningsih, Syahruddin S, Kamila Anjelita,” Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan dan Persepsi Kegunaan Terhadap Niat Untuk Menggunakan dan Penggunaan Aktual Teknologi Pembayaran Digital Qris,” Jurnal Jemi, Vol 23, no 1(Juni 2023)
Fahri Juna R Pulungan, Hubbul Wathan, Muhammad Zuhirsyan, Muslim Marpaung,” Iplementasi Maqashit Syariah Terhadap Penggunaan Qris Dalam Transaksi Elektronik” Jurnal Bilal, Vol 3, no 2,(Desember 2022)
Hana Zahra Salsabila, Susanto, Lusia Tria Hatmanti Hutami,” Pengaruh Persepsi Risiko, Manfaat Dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Aplikasi Shopee,” Jurnal Ilmiah Manajemen, Vol 9, no 1,(Maret 2021)
Hutami A. Ningsih , Endang M. Sasmita , Bida Sari,” Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Menggunakan Uang Elektronik (QRIS) Pada Mahasiswa,” Jurnal IKRA-ITH Ekonomika, Vol 4, no 1,(Maret 2021)
Irmadhani, Mahendra Adhi Nugroho,” Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan, Persepsi Kemudahan Penggunaan Dan Computer Self EffIcacy, Terhadap Penggunaan Online Banking Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta,” Jurnal Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol 1, no 3, (2012)
Irwan and khaeryna Adam, “ Metode Particial Least Squer (PLS) Dan Terapannya ( Studi Kasus: Analisis Kepuasan Pelanggan Terhadap Layanan Unit Camming Kab.Bone)”, Jurnal Teknosains, Vol.9, No 1, (Januari 2015)
Imam Ghozali, Structual Equation Modeling Metode Alternatif Dengan Partial Least Squeares (PLS) Dilengkapi Softwer Smartpls 3.0 Xlsttat 2014 dan WarpPLS 4.0 ( Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2014)
Luh Putu Eka Ulansari, I Gede Agus Pertama Yudantara,” Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Persepsi Kepercayaan, dan Norma Subjektif terhadap MInat Menggunakan Sistem Informasi Pembayaran Elektronik (E-Payment),” Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Humanika, Vol 11, No 2,(Mei 2021)
Made Irma Lestari,”Kesediaan Micro Merchants Membayar Merchant Discount Rate dan Biaya Settlement Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS): Studi Eksplorasi Pada Usaha Mikro Menengah,” Jurnal Infestasi, Vol 19, no 1,(Juni 2023)
Niko Faizal Akbar,”Analisis Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Dan Kualityas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi Komunikasi Snapp Pada Sd Ignatius Slamet Riyadi Karawang,” Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, Vol 3, no 3,(2019)
Novia Ayu Resa, Anik Lestari Andjarwati,”Kepercayaan Dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian Online,” Jurnal Ilmu Manajemen, Vol 7, no 4,(2019)
Oktoviana Banda Saputri,” Preferensi konsumen dalam menggunakan quick response code indonesia standard (qris) sebagai alat pembayaran digital” Jurnal Kinerja, Vol 17, no 2 (2020)
Purnama Ramadani Silalahi, Kharina Tambunan, dan Tryana Ramdhany Batubara,”Dampak Penggunaan QRIS Terhadap kepuasan Konsumen Sebagai Alat Transaksi,” Jurnal Ilmiah Multidisiplin, Vol 1, no 2,(Januari 2022)
Pradika Muthiya Shafa, Jusuf Hariyanto,”Pengaruh Harga, Ulasan Produk, Dan Metode Pembayaran Terhadap Keputusan Pembelian Dalam Berbelanja Online Melalui Aplikasi Shopee (Studi Kasus Pada Pengguna Aplikasi Shopee Di Bekasi),” Jurnal Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia,(2020)
Priambodo, S. & Prabawani,”Penagruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Menggunakan Layanan Elektronik”, Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis S1. (Maret 2016, 127-135).
Risma Arum Azzahroo, Sri Dwi Estiningrum,” Preferensi Mahasiswa dalam Menggunakan Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) sebagai Teknologi Pembayaran,” Jurnal Manajemen Motivasi, Vol 17,(2021)
Timothius Tandio, A. A. G. P. Widanaputra,” Pengaruh Pelatihan Pasar Modal, Return, Persepsi Risiko, Gender, Dan Kemajuan Teknologi Pada Minat Investasi Mahasiswa,” Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, Vol 16, no 3,(September 2016)
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2019)
ValaentineِParengkuan,ِAltjeِTumbel,ِandِRudyِWenas,ِ“ِAnalisisِ Pengaruh ِbrandِ Imageِ Dan Celebrity Endorsment Terhadap Keputusan Pembelian Produk Shampo Head And Shoulders DiِMartِManado”,ِJuenalِEMBA, Vol.2, NO.3,( September 2014
Yasinta Maulida Rohma, Nila Tristiarini,” Pengaruh Sistem Pembayaran E-Money Dalam Era Digital Di Tengah Wabah Covid-19 : Studi Kasus Pada Masyarakat Semarang,” Jurnal Akutansi dan Pajak, Vol 22, no 1,(Januari 2021)