Membangun Ekosistem E-Commerce yang Inklusif: Analisis Model Bisnis dan Strategi Pengembangan Platform Penjualan Produk UMKM dengan Dukungan GPN

Authors

  • Nabila Anisa Risca Lubis Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Muhammad Irwan Padli Nasution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.61722/jaem.v1i4.3117

Keywords:

Ekosistem E-Commerce Inklusif, Platform Penjualan UMKM, Dukungan GPN

Abstract

Membangun ekosistem e-commerce inklusif sangat penting untuk mendorong pertumbuhan ekonomi digital dan memberdayakan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Analisis ini membahas model bisnis dan strategi pengembangan untuk platform penjualan produk UMKM dengan dukungan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (GPN). Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus pada platform e-commerce tertentu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model bisnis platform harus didasarkan pada nilai inklusivitas, kemudahan akses, dan dukungan untuk pengembangan UMKM. Strategi pengembangan platform meliputi integrasi sistem pembayaran digital, pengembangan konten dan pemasaran digital, serta penyediaan program mentoring dan pelatihan untuk UMKM.

References

Apridonal, Y., Mardalius, M., & Dristyan, F. (2023). Optimalisasi e-commerce Sebagai

Strategi bisnis digital. Journal Of Indonesian Social Society (JISS), 1(2), 86-91.

Barkatullah, A. H. (2019). Hukum Transaksi Elektronik di Indonesia: sebagai pedoman dalam menghadapi era digital Bisnis e-commerce di Indonesia. Nusamedia.

Dwijayanti, A., & Pramesti, P. (2021). Pemanfaatan Strategi Pemasaran Digital menggunakan E-Commerce dalam mempertahankan Bisnis UMKM Pempek4Beradek di masa Pandemi Covid-19. Ikra-Ith Abdimas, 4(2), 68-73.

Effendi, B. (2020). Pengawasan Dan Penegakan Hukum Terhadap Bisnis Digital (E-Commerce) Oleh Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Dalam Praktek Persaingan Usaha Tidak Sehat. Syiah Kuala Law Journal, 4(1), 21-32.

Feblicia, S., & Cuandra, F. (2022). Analisis Faktor Pengaruh Keputusan Pembelian pada Bisnis Digital E-Commerce Shopee. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Keuangan, 3(2), 56-70.

Nasution, E. Y., Hariani, P., Hasibuan, L. S., & Pradita, W. (2020). Perkembangan transaksi bisnis e-commerce terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah), 3(2), 506-519.

Orinaldi, M. (2020). Peran e-commerce dalam meningkatkan resiliensi bisnis diera pandemi. ILTIZAM Journal of Shariah Economics Research, 4(2), 36-53.

Rozaq, A. (2020). Konsep Perancangan Sistem Informasi Bisnis Digital. Poliban Press.

Septiani, S., & Seviawani, P. (2024). Penggunaan big data untuk personalisasi layanan dalam bisnis e-commerce. ADI Bisnis Digital Interdisiplin Jurnal, 5(1), 51-57.

Sitorus, S. A., & Gheta, A. P. K. (2022). E Commerce: Strategi Dan Inovasi Bisnis Berbasis Digital.

Downloads

Published

2024-12-07

Issue

Section

Articles