EFISIENSI OPERASIONAL DENGAN PORTAL ONLINE UNTUK BISNIS E-DODOL KITA
DOI:
https://doi.org/10.61722/jaem.v1i4.3282Keywords:
Portal Online, Digitalisasi BisnisAbstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak penggunaan portal online terhadap efisiensi operasional bisnis e-Dodol Kita, sebuah usaha kecil yang bergerak dalam produksi dan penjualan dodol secara daring. Portal online memungkinkan integrasi berbagai fungsi bisnis seperti pemesanan, pembayaran, dan pelacakan pengiriman, sehingga mengurangi kebutuhan akan proses manual yang memakan waktu dan meningkatkan keakuratan data operasional. Implementasi portal online secara signifikan meningkatkan kecepatan pelayanan, menurunkan biaya operasional, dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Studi ini menyimpulkan bahwa digitalisasi melalui portal online merupakan strategi efektif untuk meningkatkan daya saing usaha kecil di era digital. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif (field research). Penelitian yang memakai penelitian kualitatif bertujuan untuk konsep sensitivitas dalam kasus yang dihadapi, memberitahukan empiris yg berhubungan dengan menggunakan penelusuran teori menurut bawah (grounded theory) dan memberikan pemahaman akan satu atau lebih menurut kenyataan yang dihadapi. Penelitian kualitatif bersifatnya naratif analitik. Data yang diambel seperti hasil pengamatan, hasil wawancara, hasil pemotretan, analisis dokumen, catatan lapangan, disusun peneliti di lokasi penelitian, tidak ditaungkan dalam bentuk dan angka-angka. Peneliti langsung melakukan analisis data dengan menyebarkan informasi, mencari keterkaitan, membandingkan, mehubungkan pola atas dasar dengan data aslinya. Hasil analisis data berupa pemaparan mengenai situasi yang diteliti yang disajikan dalam bentuk uraian naratif.
References
Sinta Tridian Galih, “Rancang Bangun Portal E-Commerce Semarang-Handycraft Berorientasi Obyek,” Journal Unsbank 2, No. 1 (2010).
Mochammad Faizal, “Penggunaan Website Portal Berita Sebagai Media Informasi Untuk Mahasiswa,” Jurnal Bahasa Rupa 2, No. 1 (2018).
Acai Sudirman Anna, Marganingsih, Dkk, Technopreneurship (Inovasi Dan Kreativitas Digitalisasi Bisnis), Penerbit Media Sains Indonesia (Cv. Media Sains Indonesia), Terbit Pada: Juni 2023.
Dea Aditia Maharani, Gandes Jingga Wahdani, Dkk, Pengaruh Strategi Pemasaran Digital Terhadap Dodol, Jurnal Fercfet Education Fairy, Volume 1, Number 4, 2023.
Ghina Sevty Jou Ananda, Ahsan Putra Hafiz, Dkk, Pengaruh Literasi Digital Terhadap Pelaku Umkm Dalam Pemasaran Syari’ah, Jurnal Nuansa: Publikasi Ilmu Manajemen Dan Ekonomi Syariah Vol. 2, No. 3 September 2024.
Lailatus Sa’diyah, “Tahapan Pengembangan Portal Di Perpustakaan Perguruan Tinggi,” Al Maktabah 3, No. 2 (2018): 60
lif Ekasmara And Nurudin Santoso, “Pengembangan Web Portal Landing Page E-Commerce Dengan Pola Single Page Application,” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer 4, No. 8 (2020).
Aulia Alma Utami And Trisha Gilang Saraswati, “Analisis Model Bisnis Pada Bisnis Start-Up Web Hosting Di Kota Bandung Mengguakan Business Model Canvas (Studi Kasus Pada Qwords.Com),” E-Proceeding Of Management 5, No. 2 (2018).
Desita Ria Yusian And Niza Aulia, “Start Up Digital Business: Mengenal Peluang Dan Tips Bisnis Bagi Para Pemula,” Jurnal Pengabdian Masyarakat Inotec Uui 3, No. 2 (2021).
Utami And Saraswati, “Analisis Model Bisnis Pada Bisnis Start-Up Web Hosting Di Kota Bandung Mengguakan Business Model Canvas (Studi Kasus Pada Qwords.Com).”
Yusian And Aulia, “Start Up Digital Business: Mengenal Peluang Dan Tips Bisnis Bagi Para Pemula.”
Dwi Robiul Rochmawati, Hani Hatimatunnisani, Dkk, Mengembangkan Strategi Bisnis Di Era Transformasi Digital, Jurnal Ilmu Manajmen, Vol. 14 No.1, 2023.
Achmad Munawar, Erick Harlest Budi Raharjo, Dkk, Perancangan Sistem Informasi Penjualan Kue Berbasis Web Pada Toko Dodol Betawi Rogayah, Jurnal Ilmukom Putera Dan Informatika, Volume 7 Juli No 2 2024.
Suwandi, Riyadini Riyan Utami, Dkk, Pengembangan Dodol Juwadah Berbasis Website Melalui E-Commerce, Jurnal Pengabdian Bersama Masyarakat Indonesia Vol. 1, No. 2 April 2023.
Tri Novianta Yohana Sihombing, Analisis Pengembangan Dan Keuntungan Produsen Dodol Di Pasar Bengkel (Studi Kasus : Desa Bengkel, Kec. Perbaungan, Kab. Serdang Bedagai), Program Studi Agrbisnis Fakultas Pertanian Universitas Medan Area Medan 2020.
Miswan Gumanti, Satria Abadi, Dkk, Implementasi E-Commerce Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Umkm Home Industri Dodol Suwar Suwir Kabupaten Pringsewu, Jurnal Pengabdian Bakti Nusantara Vol.2, No.1, September 2023.
Ni Luh Nurkariania, Dkk, Digital Marketing Training In Efforts To Increase Consumer Purchase Power In “Dodol Penglatan” , Jurnal Community Engagement & Emergence Journal Volume 3 Nomor 3, Desember 2022.










