Analisis Pemasaran Produk Teaching Factory SMK di Kabupaten Jember

Authors

  • Rizal Rizal Politeknik Negeri Jember

DOI:

https://doi.org/10.61722/jaem.v2i1.3974

Keywords:

Strategi Pemasaran, Teaching Factory dan Analisis SWOT

Abstract

Strategi pemasaran terdiri dari pengambilan keputusan tentang biaya pemasaran dari perusahaan, bauran pemasaran dan alokasi pemasaran. Strategi pemasaran dapat dinyatakan sebagai dasar tindakan yang mengarah pada kegiatan atau usaha pemasaran.Pembelajaran melalui teaching factory bertujuan untuk menumbuh kembangkan karakter dan etos kerja yang dibutuhkan industri, dunia usaha dan dunia kerja serta meningkatkan kualitas hasil pembelajaran dari sekedar membekali kompetensi (competencybased training) menuju ke pembelajaran yang membekali kemampuan memproduksi barang/jasa (productionbased training).Berdasarkan hasil analisis matrik IFAS merupakan prioritas yang paling dominan dalam peningkatan daya beli dan analisa pemasaran pada penelitian ini menunjukkan bahwa hasil IFAS= 2.080 dan EFAS= 2.125. Hasil matrik Internal Eksternal (IE) strategi pengembangan pemasaran produk TeFa SMK di Kabupaten Jember berada pada sel V. Strategi pertumbuhan konsentrasi melalui integrasi horizontal. Strategi yang digunakan adalah konsolidasi untuk menghindari kehilangan penjualan maupun profit perusahaan dengan pertahanan dan pemeliharaan dalam upaya meningkatkan kualitas produk.

References

A Kuswantoro. 2014. Teaching Factory: Rencana dan Nilai Entrepreneurship Graha ilmu 1.1.

Ais Zakiyudin. 2013. Teori Praktik Manajemen Sebuah Konsep yang Aplikatif disertai Profil Wirausaha Sukses, (Jakarta: Mitra Wacana Media, 2013), h.163.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Badan Pusat Statistik. 2015,2016, 2017. Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT). Jakarta.

DeMan, M. John. 1997. Kimia Makanan. Bandung: ITB.

Direktorat Pembinaan SMK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017, Panduan Pelaksanaan Teaching Factory. Jakarta.

Duncan. 2002. Berbagi Jenis Promosi Untuk Meningkatkan Penjualan dan Pemasaran Produk. www.thidiweb.com. Diakses tanggal 9 Mei 2019.

Drummond, K. E., & Brefere, L. M. 2010. Nutrition for Foodservice and Culinary Professionals. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Emawati, Reni. 2005. Strategi Pemasaran Pada Perusahaan Roti “Tiga Berlian “di Semanggi Surakarta.

Gary, Amstrong. 1996. Principles of Marketing. Upper Saddle River Prentice-Hall. 1996.

Hatch, E., & Farhady, H. 1981. Research Design & Statistics for Applied Linguistics. Tehran: Rahnama Publications.

Ibnu. 2003. Dasar-Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta.

Irayanti. 2019. Roni Slogan “SMK Bisa “dan “Setelah Lulus Bisa Langsung Kerja“ https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2018/11/09/2018-lulusan-smk-paling-banyak-menganggur. Diakses tanggal 18 Mei 2019.

Klimchuk, Marianner Roser & Krasovec, Sandra A. 2006. Desain Kemasan. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip. 2000. Marketing Management: Analysis, Planning, Implementation, and Control, 9 th ed, Upper Saddle River, Nj: Prentice Hall, Ins.

Kotler, Philip.; Amstrong, Garry. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jilid 1, Erlangga, Jakarta.

Kotler., 2018 Principles of Marketing: Global Edition, 17th. United Kingdom: Person

Margono. 2004. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Muhammad Anwar Fathoni, (2018). Konsep Pemasaran Dalam Perspektif Hukum Islam.Jurisdictive: Jurnal Hukum dan Syariah Volume 9, Nomor 1, E-ISSN: 2407-7305

Mulyadi, (2008). Sistem Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.

Nurhayati, T., and Darwansyah, A. 2013. Peran Struktur Organisasi dan Sistem Remunerasi dalam Meningkatkan Kinerja. Jurnal Ekonomi Bisnis. 14(2): 1-16.

Rangkuti, Freddy. 2014. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Rangkuti. Dkk. 2014. Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT Cara Perhitungan Bobot, Rating dan OCAI. Jakarta. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Setiadi, Nugroho J. 2003. Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi Untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Kencana.

Sugiarto, S. 2017. Analisis Variabel-Variabel Penentu Predikat Bank Umum Di Indonesia. Jurnal Bina Manajemen, 6(1), 15-25.

Sugiyono. 2008. Statistika Untuk Penelitian. Bandung. Alfabeta.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: CV. Alfabeta.

Swastha, Basu dan Irawan. 2005. Manajemen Pemasaran Modern. Liberty. Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy. 2002. Strategi Pemasaran. Penerbit ANDI, Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy. 2008. Service Management: Mewujudkan Layanan Prima. Yogyakarta: PT. Asdi Mahasatya.

Tranggono, Setiaji, dkk. 1989. Biokimia Pangan, Pusat Antar Universitas Pangan Gizi. UGM. Yogyakarta.

Usman Effendi. 2014. Asas Manajemen, (Jakarta: Rajawali Pers, 2014), h.94.

Wursanto. 2005. Dasar-Dasar Ilmu Organisasi. Yogyakarta: Andi.

Downloads

Published

2025-01-31