Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Fitri Rias Di Ranca Iyuh Tangerang Banten

Authors

  • Siti Nurpadilah Universitas Pamulang
  • Renny Anggraini Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.61722/jaem.v2i1.4012

Keywords:

Service Quality, Promotion, Consumer Satisfaction

Abstract

This research aims to find out how much influence Service Quality and Promotion has on Consumer Satisfaction at Fitri Rias in Ranca Iyuh Tangerang Banten Partially or Simultaneously. The method used by researchers is a quantitative method. The population in this study were all consumers at Fitri Rias Ranca Iyuh Tangerang Banten. The sample collection technique used the Slovin formula which obtained a sample of 60 respondents. This research uses a questionnaire as a data collection tool. The data analysis method used is multiple linear regression analysis. The research results show that the value of tcount > t table (6.183 > 2.001) with a significance level of (0.000<0.050) which means that Service Quality has a positive and significant effect on Consumer Satisfaction. The calculated t value > t table (3.707 > 2.001) with a significance level of (0.000<0.050) which means that promotion has a positive and significant effect on consumer satisfaction. Apart from that, service quality and promotion simultaneously influence consumer satisfaction. This can be seen based on the calculated F value > F table (25.682 > 3.160) with a significance level of (0.000 < 0.050). With the multiple linear regression equation Y= 16.004+0.442X1+0.267X2

References

Sumber Buku:

Aditama, R. A. (2020). Pengantar Manajemen: Teori dan Aplikasi. AE Publishing.

Afandi, P. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori, Konsep dan Indikator). Riau: Zanafa Publishing.

Ahmad Riva’i, Nana Sudjana. (2019). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo

Anang Firmansyah. (2018). Pengantar Manajemen. Edisi ke-1. Yogyakarta: Deepublish.

Assauri, S. (2020). Manajemen Pemasaran (14th ed.). PT RajaGrafindo Persada.

Buchari, A. (2019). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Christian. Adhitya. R dan Sulistiyani. (2021). Pengantar Manajemen Bisnis. Yogyakarta: Cetakan pertama. Penerbit Uad Press

Dewi, N. S. (2020). Lokasi Usaha dan Pemilihan Lokasi. Penerbit Prenadamedia Group

Ghozali, I. (2017). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

Hanggraeni, D. (2021). Strategi bisnis dan manajemen risiko dalam pengembangan UMKM di Indonesia (Nurul Fatimah Hadiyanti (ed.); 2nd ed.). PT Penerbit IPB Press.

Hasibuan, Malayu S. P. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi revisi. Jakarta: PT Bumi Aksara

Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Unitomo Press. Surabaya. ISBN 978-623-91788-2-6

Istijanto. (2014). Aplikasi Praktis Riset. PT Gramedia Pustaka Utama.

Kotler, P, & Armstrong, G. (2016). Principles of Marketing Scandinavian Edition. In Pearson.

Kasmir. 2016. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Laksana, M. F. (2019). Praktis Memahami Manajemen Pemasaran. Sukabumi: CV Al Fath Zumar.

Malau, Herman. (2017). Manajemen Pemasaran: Teori dan Aplikasi Pemasaran Era Tradisional sampai Era Modernisasi Global. Bandung: Alfabeta.

Sudarsono, H. (2020). Manajemen Pemasaran. Pustaka Abadi.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Cetakan ke-24. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatig, dan R&D, penerbit Alfabeta, Bandung.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, Fandy, (2017), Service Management edisi 3, Andi offset, Yogyakarta.

Tjiptono. (2017). strategi promosi yang kreatif. CV Budi Utama

Sumber Jurnal:

Akakip, F. E. D., Ariwijaya, H., & Milang, I. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Santika Luwuk. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 9(1), 485-500.

Anggraini, R. R. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Pada Loyalitas Konsumen Yang Menggunakan Aplikasi Dana Di Bakmi Gm Bintaro X-Change. Jurnal Semarak, 3(3), 50-65.

Anggraini, R. R., Hermawan, H., & Nurlina, I. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Pada Keputusan Konsumen Di Tip Top Supermarket Ciputat. JURNAL SeMaRaK, 6(1), 84-90.

Anggraini, R. R. (2019). Faktor-faktor yang mempengaruhi customer loyalty pada konsumen reksadana autoinvest di Bank Commonwealth Jakarta. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 2(2), 83-95.

Ariyanto, A., & Diana, M. L. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Teradap Kepuasan Konsumen Pada Paxel Home Panjang Jakarta Barat. Jotika Journal In Management and Entrepreneurship, 3(2), 76-86.

Apriansyah, R. (2018). Pengaruh kualitas pelayanan dan promosi terhadap volume penjualan pada PT. Prioritas Rengat. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 7(2), 37-45.

Dimyati, M., & Afandi, M. F. (2018). Model empiris membangun kesetiaan pelanggan berbasis kualitas pelayanan dengan mediasi kualitas hubungan pada industri ritel berbasis jejaring minimarket. Jurnal Manajemen dan Pemasaran Jasa, 11(2), 311-328.

Efnita, T. (2017). Pengaruh Variasi Produk, Kualitas Pelayanan, Harga, dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Wedding Organizer. Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 14(2), 172-180.

Efrianova, V. (2018). Studi Tentang Tata Rias Pengantin Padang Di Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang. UNES Journal of Social and Economics research, 3(2), 178-184.

Faradina, A., & Satrio, B. (2016). Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Rumah Cantik Alamanda. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 5(7).

Fardian, F. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Toko Handphone Adink Cell Di Asembagus Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Toko Handphone Adink Cell Di Asembagus Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening, 2(8), 1-18.

Fitriana, S., & Lesmana, R. (2024). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Vivo Pada Erafone Summarecon Mall Di Kabupaten Tangerang. JEAC: Journal of Economic Academic, 1(02), 145-154.

Hamdani, N. A. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi terhadap Kepuasan Konsumen pada Pizza Express Jakarta. Jurnal Wacana Ekonomi, 16(2), 090-096

Roselina, M. A., & Niati, A. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Elsa Hijab Semarang. Solusi, 17(3).

Jacobus, T. S. W., Lumanauw, B., & Kawet, R. C. (2022). Pengaruh Kelengkapan Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Freshmart Superstore Bahu Manado Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(4), 95-105.

Kurniasih, D. (2021). Kepuasan konsumen: studi terhadap word of mouth, kualitas layanan dan citra merek. Bintang Visitama.

Nikmah, M., & Siswahyudianto, S. (2022). Strategi Diferensiasi untuk Menciptakan Keunggulan Kompetitif pada UMKM Catering Pawon Gusti Desa Surondakan Kecamatan Trenggalek Kabupaten Trenggalek. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Madani, 4(1), 66-82.

Nurmanah, I., & Nugroho, E. S. (2021). Pengaruh Kepercayaan (Trust) Dan Kualitas Pelayanan Online (E-Service Quality) Terhadap Keputusan Pembelian Online Shop Bukalapak. At-Tadbir: jurnal ilmiah manajemen, 5(1), 11-21.

Pertiwi, S.P., Amelia, KR. Adiningsih, W.,Sewaka., Dan Anggraini, K. (2022). Pengaruh promosi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada routine coffe & eatery di tangerang selatan. Jurnal Perkusi. 2(4)

Purnama, N. I., Nasution, M. F. H., & Astuti, R. (2022). Pengaruh Harga Kelengkapan Produk Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Di 212 Mart. Jurnal AKMAMI (Akuntansi Manajemen Ekonomi), 3(1), 74-86.

Saota, S. (2021). Pengaruh Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di UD. Trialvela kecamatan Fanayama Kabupaten Nias Selatan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Nias Selatan, 4(2).

Sigit, K. N., & Soliha, E. (2017). Kualitas produk dan kualitas layanan terhadap kepuasan dan loyalitas nasabah. Jurnal Keuangan Dan Perbankan, 21(1), 157-168

Syahputri, A. Z., Della Fallenia, F., & Syafitri, R. (2023). Kerangka berfikir penelitian kuantitatif. Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pen

Downloads

Published

2025-02-06