Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Volume Penjualan Pada Pangsit Goreng Viral Tangerang Selatan

Authors

  • M. Deni mahendra Universitas Pamulang
  • Jaenudin Jaenudin Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.61722/jaem.v2i1.4021

Keywords:

Price, Service Quality, Sales Volume

Abstract

The aim of this research is to determine the effect of price and service quality on sales volume at Viral Fried Dumplings in South Tangerang. The method used is a quantitative research method and uses a descriptive approach. The sampling technique used was probability sampling, a proportional stratified random sampling technique with sampling using the Slovin formula of 99 respondents. Data analysis uses simple linear regression analysis, multiple linear regression analysis, correlation coefficient analysis, coefficient of determination and hypothesis testing. The results of this research are that price has a positive and significant influence on sales volume. Service Quality has a positive and significant influence on Sales Volume. Price and Service Quality simultaneously have a positive and significant influence on Sales Volume. Price and service quality contributed to sales volume by 84.1%. The most dominant independent influence is service quality with a contribution of 67.5%. Meanwhile, price contributed 57.1%.

References

Buku :

Abdullah, K., Jannah, M., Hasda, S., Taqwin, Masita, Ardiawan, K. N., & Sari, M. E. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Ali, M. M., & Suciana, A. (2019). The influencee of location, price and service quality on a house purchase decision. International Journal of Business Marketing and Management, 4(8), 2456-4559.

Djaslim Saladin. (2013). Manajemen Pemasaran Ringkasan Praktik, teori, aplikasi, dan tanya jawab. Linda Karya. Bandung

Hikmawati, F. (2020). Metode Penelitian (4 ed.). PT RajaGrafindo Persada.

Kotler dan Amstrong, 2012. Dasar-Dasar pemasaran, Alih Bahasa : Alexander Sindoro, Jakarta, Prehallindo

Kotler, Pjilip dan Gary Amstrong. 2013. Principle of marketing, edisi 15. Pearson prentice hall. New jersey

Lesmana, N., Hakim, I., Sanjaya, A., Witiyastuty, H., Jamal, I., & Herman, H. (2022). Manajemen Pemasaran. Strategy Cita Semesta.

Malau, 2017. Manajemen Pemasaran : Teori dan Aplikasi pemasaran era modernisasi Global, (cet. 1 ed.) Alfabeta, Bandung

Malayu S.P. Hasibuan. 2015. Manajemen : Dasar, pengertian dan masalah. Bumi Aksara. Jakarta

Mukarom, Zaenal dan Muhibudin Wijaya Laksana, 2015. Manajemen pelayanan public. (cet. 1 ed.) Bandung : CV Pustaka Setia

Nugraha, J. P., Alfiah, D., Sinulingga, G., Rojiati, U., Rosmawati, & Fatima, M. (2021). Teori Perilaku Konsumen. PT. Nasya Expanding Management.

Nuryadi, Astuti, T. D., Utami, E. S., & Budiantara, M. (2017). Dasar-Dasar Statistik Penelitian. Sibuku Media.

Widodo, S., Ladyani, F., Asrianto, L. O., Rusdi, Khairunnisa, Lestari, S. M. P., Devriany, A., Hidayat, A., Dalfian, Nurcahyati, S., Sjahriani, T., Armi, Widya, N., & Rogayah. (2023). Buku Ajar Metode Penelitian (1 ed.). CV Science Techno Direct.

JURNAL :

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Jurnal Pendidikan, 6(1).

Arianto, N., & Difa, S. A. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap minat beli konsumen pada PT Nirwana Gemilang Property. Jurnal Disrupsi Bisnis, 3(2).

Bria, D. K., & Gemina, D. (2017). Pengaruh Harga Jual Produk dan Biaya Promosi Terhadap Volume Penjualan Pada PT. Dragon Produk Indonesia Caringin Kabupaten Bogor. Jurnal Visionida, 3(2), 25-38.

Bulu, D., Pramitasari, T. D., & Minullah, M. (2024). Pengaruh Brand Image, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Riski Pakan Burung Di Situbondo Dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Mahasiswa Entrepreneurship (Jme), 3(10), 2055-2069.

Candra, K., Siregar, R. M., Candra, D., Yonatan, Y., & Ramadani, A. (2024). Pengaruh Harga, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Volume Penjualan Dan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Moderasi Pada Pt Ocean Centra Furnindo. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (Mea), 8(1), 1237-1252.

Fajri, B. R. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Concierge Terhadap Kepuasan Konsumen Di Hotel Mercure Serpong Alam Sutera (Doctoral Dissertation, Poltekpar Nhi Bandung).

Fauzi, A. (2022). Pengaruh Desain User Interface, Harga Produk Dan Reputasi Merchant Terhadap Keputusan Pembelian Gadget Di Tokopedia (Studi Kasus Mahasiswa Stie Indonesia) (Doctoral dissertation, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta).

Fauziah, U. U., Eldine, A., & Sume, S. A. (2019). Sales Promotion Dan Harga Terhadap Volume Penjualan. Manager : Jurnal Ilmu Manajemen, 2(1), 145–160. https://doi.org/10.32832/manager.v2i1.1873

Fibrianingsih, S. (2019). Pengaruh Harga, Kualitas Layanan, Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Transportasi Online Go-Jek (Studi Pada Mahasiswa Manajemen Universitas Muhammadiyah Gresik) (Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Gresik).

Haqiqi, K., Rahayu, K., & Agustina, H. F. (2024). Pengaruh Citra Merek dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Mobil Penumpang Mitsubishi Pada Pt. Lautan Berlian Utama Motor Cabang Jakarta Barat. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 3(1).

Hosseini, S. M., Etesaminia, S., & Jafari, M. (2016). Identifying eleven factors of service marketing Mix (4Ps) effective on tendency of patients toward private hospital. Materia socio-medica, 28(5), 366.

Joshua, D., & Padmalia, M. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Entrepreneur Dan Entrepreneurship, 5(1), 27–32. https://doi.org/10.37715/jee.v5i1.384

Juliansyah, T., & Mustakim, M. (2024). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Brand Panama Pada Summarecon Mall Serpong Di Tangerang. Journal Of Research And Publication Innovation, 2(1), 836-846.

Kaheriyah, F. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Excellent Kids Game Muara Teweh. Jurnal Ilmu Ekonomi (Manajemen Perusahaan) Dan Bisnis, 6(1).

Kasanti, N., Wijaya, A., & Suandry, S. (2019). Pengaruh Harga dan Kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk safety merek Proguard pada PT AIM safety Indonesia. AJIE (Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship), 43-51.

Kencana, S. (2019). Analisis Strategi Penetapan Harga SKM. CLOTHING. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), (2), 1003-1011.

Losung, M. M., Lapian, J. S., & Mandagie, Y. (2021). Analisis Segmenting, Targeting, Dan Positioning Terhadap Keputusan Nasabah Pengguna Produk Kreasi Pt. Pegadaian (Persero) Upc Ratahan. Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(3).

Manao, I. K. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Volume Penjualan Di Ud. Anis Berkat Kecamatan Telukdalam. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Nias Selatan, 7(2), 204-215.

Mauludin, M. S. (2022). Analisis Perilaku Konsumen Dalam Transaksi Di e-Commerce. Proceedings of Islamic Economics, Business, and Philanthropy, 1(1), 108-123.

Nasution, A. (2019). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Alat Kesehatan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Pt. Dyza Sejahtera Medan. Jurnal Warta.

Neisia, T. C., Kalangi, J. A., & Walangitan, O. (2018). Pengaruh Harga Terhadap Penjualan Produk Motor Yamaha Mio Pada PT. Hasjrat Abadi Outlet Karombasan Manado. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 6(003).

Nurlela, I., Yanti, R. A. E., & Aryansyah, F. (2021). Pengaruh Penetapan Harga Jual terhadap Volume Penjualan. J-KIP (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 2(3), 179-184.

Pekerti, M. T., Junaida, E., & Meutia, R. (2022). Pengaruh Keragaman Produk, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Brandan Donuts Di Pangkalan Berandan. Jurnal Manajemen Akuntansi (Jumsi), 2(3), 694-699.

Petege, A., Worang, F. G., & Ogi, I. W. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Produk Tabungan Terhadap Loyalitas Nasabah Pada PT. Bank Sulut Go Cabang Utama Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 6(2).

Purwanto, H. (2020). Analisis Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. EKOBIS: Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi, 8(1), 65-74.

Putra, F. D. (2017). Pengaruh Volume Penjualan Dan Biaya Produksi Kalung Terhadap Laba Pada Hidayah Shop Kuta-Badung. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 9(2), 462-472.

Rezeki, S. (2024). Pengaruh Promosi Penjualan dan Persediaan Terhadap Volume Penjualan Pada PT Kingled Indonesia. Senashtek 2024, 2(1), 351-358.

Riyadin, R. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Keluarga Berencana Di Kecamatan Pekalongan Kabupaten Lampung Timur (Studi Kasus Pada Desa Pekalongan). Jurnal Simplex, 2(1).

Rini, V. O. (2021). Analisis Volume Penjualan Ditinjau dari Pemilihan Bahan Baku dan Persaingan Harga Pada UD. Sumber Hidup, Lumajang.

Rosidin, M. A. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan. Pembelian Kartu Selular Telkomsel Di Lumajang

Rufi’ah, S., & Utiyati, S. (2022). Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Laba Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Kesehatan. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (Jirm), 11(9).

Sartika, T. (2021). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan Dan Web Tracking System Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Pt Dakota Cargo Bekasi) (Doctoral Dissertation, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta).

Sari, A. W., & Khuzaini, K. (2021). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas Dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Harga Saham. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (Jirm), 10(2).

Sijabat, D. M., & Martini, N. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Restoran Mie Gacoan Cabang Karawang. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(12), 125-132.

Talumewo, J. G., Kalangi, J. A., & Rogahang, J. J. (2021). Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Pada Pangkalan Gas LPG 3 Kg Christian D. Assa di Desa Pontak Kecamatan Ranoyapo. Productivity, 2(5), 378-383.

Violin, V. (2019). Pengaruh Harga Pokok Produksi Terhadap Volume Penjualan Pada PT. Semen Bosowa Maros. Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan, 8(2).

Zebua, D. P. F., Gea, N. E., & Mendrofa, R. N. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Produk di CV. Bintang Keramik Gunungsitoli. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 10(4), 1299-1307

Downloads

Published

2025-02-08