Analisis Promosi Melalui Market Place Shopee Dalam Peningkatan Penjualan Pt Angkasa Multitama Jakarta Selatan
DOI:
https://doi.org/10.61722/jaem.v2i1.4043Keywords:
Analysis, promotion, e-commerce, sales increaseAbstract
. This research aims to analyze the promotion of the use of Shopee Onlineshop E-Commerce at PT Angkasa Multitama. This research is qualitative research with a descriptive approach. The data sources obtained are primary and secondary data. Data collection methods use interviews, observation and key informants. Researchers used triangulation from informants to draw data. The data analysis technique uses data from semi-structured interviews. The results of this research state that promotions based on attractive and good advertising can attract the hearts of consumers so that companies can increase their sales through the use of Shopee online shop E-Commerce. This is stated in several statements from informants that they need to improve their product copywriting and increase the supply of product stock. when the buyer experiences order broadcasting and uses advertisements optimally to get closure on every advertisement clicked by the buyer. Increasing human resources is also an evaluation for the owner to create increased sales because increasing human resources can help encourage promotions in order to increase sales for the company.
References
Firli Musfar, T. (2020). Buku Ajar Manajemen Pemasaran (Bauran Pemasaran Sebagai Materi Pokok Dalam Manajemen Pemasaran). Bandung: Media Sains Indonesia
Alma, Buchari. 2019. Manajemen Pemasaran & Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta cv.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2019). Manajemen Pemasaran. 13th Edition. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2019). Prinsip-Prinsp Pemasaran. Edisi 12. Jakarta: Erlangga
Laksana, F. (2019). Praktis Memahami Manajemen Pemasaran. Edisi 1. Depok: Khalifah Mediatama
Sugiyono.2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta cv.
Moleong, L. J. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Elsa Febri Damayanti, 2023 Penggunaan Aplikasi Cake Dalam Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Menggunakan Pendekatan Emred Kelas Iv Sdn Dalung 1. perpustakaan upi.edu.
Mardiyono, R. (2022). Analisis kekuatan dan kelemahan dalam bisnis mikro. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 10(1), 45-60.
Perkasa, R. D., & Safitri, E. (2023). Analisis Swot Sebagai Strategi Pengembangan Usaha Ksu Riya Mandiri Jaya Tanjung Haloban. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 13922-13930.
Rahayu, S. (2021). Pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui pembiayaan mikro. Surabaya: Universitas Airlangga Press.
Rangkuti, F. (2015). Analisis SWOT: Teknik membedah kasus bisnis. Jakarta: Gramedia.
Sattar, A. (2019). Strategi manajemen dan pemasaran. Jakarta: Salemba Empat.
Syafrizal. (2019). Strategi untuk mencapai tujuan organisasi. Jakarta: Salemba Empat.
Tanjung, H. (2021). Strategi pengembangan usaha mikro melalui analisis SWOT. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 22(1), 45-57.
Latief, A. (2018). Analisis pengaruh produk, harga, lokasi dan promosi terhadap minat beli konsumen pada warung wedang jahe (Studi Kasus Warung Sido Mampir di Kota Langsa). Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 7(1), 90-99.
Hidayah, S. A., & Apriliani, R. A. E. (2019). Analisis Pengaruh Brand Image, Harga, Kualitas Produk, Dan Daya Tarik Promosi Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Batik Pekalongan (Studi Pada Pasar Grosir Setono Batik Pekalongan). Journal of Economic, Business and Engineering (JEBE), 1(1), 24-31.
Fredik, T. F., & Dewi, S. I. (2019). Analisis Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (JISIP), 7(2).
Maydianasari, L., & Ratnaningsih, E. (2021). Analisis Kebutuhan Media Promosi Kesehatan Layanan Provider Initiated Testing and Counseling (PITC) bagi Ibu Hamil. Jurnal Kesehatan Vokasional, 6(1), 1.
Kurnianingsih, K., & Achsa, A. (2022). Analisis Pengaruh Citra Merek dan Promosi Terhadap Keputusan Minat Beli Konsumen (Studi Kasus: Mie Gacoan Magelang). Economic and Education Journal (Ecoducation), 4(2), 181-206.
Wahyuningrum, R. (2019). Analisis Strategi E-marketing untuk meningkatkan minat beli online. Tekinfo: Jurnal Bidang Teknik Industri dan Teknik Informatika, 20(1), 8-17.
Jannah, M. (2018). Analisis penerapan bauran pemasaran (marketing mix) berbasis syariah dalam meningkatkan minat beli konsumen pada produk nozy juice di kota banda aceh (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Banda Aceh).
Irawan, M. R. N. (2020). Pengaruh Kualitas produk, harga dan promosi terhadap minat beli konsumen pada PT. Satria Nusantara Jaya. Ekonika: Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 5(2), 140-156.
Muhtarom, A., Syairozi, M. I., & Rismayati, R. D. (2022). Analisis Citra Merek, Harga, Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Dimediasi Minat Beli Pada Umkm Toko Distributor Produk Skincare Kfskin Babat Lamongan. Derivatif: Jurnal Manajemen, 16(1), 36-47.
Hidayat, A., & Fadillah, F. (2024). Pengaruh Promosi dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan pada CV Haimatt Project di Tangerang Selatan. Jurnal Ilmiah Swara MaNajemen (Swara Mahasiswa Manajemen), 4(3), 579–586.
Buulolo, B., & Akbar, M. F. (2022). Pengaruh Promosi dan Variasi Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Kopi Sungguh Pasar Modern Intermoda Cisauk. Jurnal Ilmiah Swara MaNajemen (Swara Mahasiswa Manajemen), 2(1), 8–15.
Erikha, R. A., & Faroh, W. N. (2024). Pengaruh Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Skincare Acne Series Ms Glow. Jurnal Ilmiah Swara MaNajemen (Swara Mahasiswa Manajemen), 4(1), 121–131.