PENGARUH KUALITAS PRODUK, DESAIN DAN HARGA PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI KASUS PRABOTMAMA DI SHOPEE)
DOI:
https://doi.org/10.61722/jaem.v2i1.4046Keywords:
Product Quality, Product Design, Price, Purchasing DecisionsAbstract
The background to this research is the development of marketplaces in the digital era where purchases of various kinds of products can be accessed anytime and anywhere, this creates opportunities for people to create the business ventures they desire. The aim of this research is to find out whether product quality, product design and product price influence Prabotmama consumer purchasing decisions at Shopee. The sample was 96 respondents calculated using the Rao Purba (1996) formula. “This analysis technique uses multiple linear regression analysis, t test, and analysis of the coefficient of determination using SPSS version 25. Based on the results of the t test, it shows that product quality (X1) and product design have no significant effect on purchasing decisions, while the price variable (X3) has an effect. significant to purchasing decisions.”
References
Agatha, M. (2018). Analisis Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Batik Barong Gung Tulungagung. Journal of Chemical Information and Modeling, 3(2), 27–35.
Al Hakim, R., Mustika, I., & Yuliani, W. (2021). Validitas Dan Reliabilitas Angket Motivasi Berprestasi. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 4(4), 263. https://doi.org/10.22460/fokus.v4i4.7249
Asiva Noor Rachmayani. (2015). Pengaruh Kinerja Keuangan terhadap Nilai Perusahaan dengan Dewan Ko- misaris Independen sebagai Variabel Pemoderasi pada Perusahaan manu- faktur yang terdaftar di Bursa efek Indonesia. Jurnal Riset Akuntansi Juara, 9(1), 6.
Azli, M. (2024). Keunggulan Bersaing di Warna Digital Print Aceh. 4(2), 98–106.
Bagida, D. L., Tumbel, T. M., & Mukuan, D. (2021). Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Beat pada CV. Lion Jailolo. Productivity, 2(2), 146–151. https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/productivity/article/download/34132/32203/71920#:~:text=Menurut Alma (2011)%2C keputusan,dan mengambil kesimpulan berupa respon
Belvia, S., Suhendry, W., & Budi Handayani, E. F. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kue Ulang Tahun Saltxsucre Pontianak. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 10(1), 31–42. https://doi.org/10.35794/jmbi.v10i1.46226
Etik Setyorini, E. S., & Hanifah Noviandari. (2022). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Pengalaman Kerja, dan Komitmen terhadap Kinerja Karyawan. QULUBANA: Jurnal Manajemen Dakwah, 3(1), 47–61. https://doi.org/10.54396/qlb.v3i1.295
Fahmeyzan, D., Soraya, S., & Etmy, D. (2018). Uji Normalitas Data Omzet Bulanan Pelaku Ekonomi Mikro Desa Senggigi dengan Menggunakan Skewness dan Kurtosi. Jurnal VARIAN, 2(1), 31–36. https://doi.org/10.30812/varian.v2i1.331
Girsang, W. S. (2019). Pengaruh Budaya Organisasi Dan Komitmen Terhadap Kinerja Karyawan RS Putri Hijau No. 17 Medan. AJIE-Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship, 4(2), 159–170.
Hananto, D. (2021). Pengaruh Desain Produk, Kualitas Produk, dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Jersey Sepeda Di Tangsel. Jurnal Ekonomi Manajemen, 1–10. http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit
Handayani, J., Deriawan, D., & Hendratni, T. W. (2020). Pengaruh Desain Produk terhadap Keputusan Pembelian dan Dampaknya pada Kepuasan Konsumen. Journal of Business and Banking, 10(1), 91. https://doi.org/10.14414/jbb.v10i1.2261
Heryenzus. (2017). Pengaruh Price Dan Product Quality Terhadap Consumer Purchase Decision Pada Pt Semen Holcim Batam. Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Putera Batam, 5(1), 231595.
Istiyono, W. A., & Rizal, A. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, dan Kepercayaan terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi pada Pelanggan Restoran Mie Gacoan Cabang Semarang). Journal of Management & Business, 5(2), 2022–2395. https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i2.2174
Jumani, F. (2015). Pengaruh Pengembangan Karir Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt.Pelabuhan Indonesia I (Persero) Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 15(01), 1693–7619. http://jurnal.umsu.ac.id
Junior, O. M. S., Areros, W. A., & Pio, R. J. (2019). Pengaruh Brand Image dan Persepsi Harga Terhadap Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan (Studi pada Pelanggan Datsun Nissan Martadinata). Jurnal Administrasi Bisnis, 8(2), 1. https://doi.org/10.35797/jab.8.2.2019.23508.1-9
Lystia, C., Winasis, R., Widianti, H. S., & Hadibrata, B. (2022). Determinasi Keputusan Pembelian: Harga, Promosi Dan Kualitas Produk (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Umum Manajemen Terapan, 3(4), 392–403. https://doi.org/10.31933/jimt.v3i4
Musay, F. P. (2023). Pengaruh Brand Image terhadap Keputusan Pembelian. Media Ekonomi Dan Manajemen, 38(1), 15. https://doi.org/10.56444/mem.v38i1.3030
Niluh Kurnia Dewi Pratami, N. D., Triansari, N. T., & Rahutama Atidira, R. A. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Scoopy Pada Pt. Mertha Buana Motor Singaraja. Prospek: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 31. https://doi.org/10.23887/pjmb.v2i1.26187
Nirma, K. (2019). Harga dan Kualitas terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Trunojoyo, 5(2), 67–79.
Oktavenia, K. A. R., & Ardani, I. G. A. K. S. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Nokia Dengan Citra Merek Sebagai Pemediasi. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(3), 1374. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i03.p08
Pengaruh, A., Konsumen, M., & Dan, P. K. (2022). Eiger Di Kota Semarang. 01(03), 374–380.
Ph.D. Ummul Aiman, S. P. D. K. A. S. H. M. A. Ciq. M. J. M. P., Suryadin Hasda, M. P. Z. F., M.Kes. Masita, M. P. I. N. T. S. K., & M.Pd. Meilida Eka Sari, M. P. M. K. N. A. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. In Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Picaully, M. R. (2018). Pengaruh Kepercayaan Pelanggan Terhadap Niat Pembelian Gadget Di Shopee Indonesia. Jurnal Manajemen Maranatha, 18(1), 31–40. https://doi.org/10.28932/jmm.v18i1.1094
Pratiwi, A., Junaedi, D., & Prasetyo, A. (2021). Pengaruh Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen: El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 2(2), 150–160. https://doi.org/10.47467/elmal.v2i2.473
Produk, P. K., Terhadap, D. A. N. P., & Pratiwi, E. A. (2024). Keputusan Pembelian Lampu Visicom Led di Surabaya Barat. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 13(9), 1–18.
Rahayu, S., & Joko, H. (2017). Pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada majalah media asuransi. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 1(1), 64–76. http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JPK/article/view/674
Ranto, D. W. P. (2014). Pengaruh Harga, Desain Produk, Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk UKM di Yogyakarta. JBTI, 5(2), 206–218.
Rinny Meidiyustiani. (2016). Pengaruh Modal Kerja, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Penjualan Dan Likuiditas Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (Bei) Periode Tahun 2010 – 2014. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan FE Universitas Budi Luhur, 5(2), 41–59.
Sanaky, M. M. (2021). Analisis Faktor-Faktor Keterlambatan Pada Proyek Pembangunan Gedung Asrama Man 1 Tulehu Maluku Tengah. Jurnal Simetrik, 11(1), 432–439. https://doi.org/10.31959/js.v11i1.615
Sugito Sugito. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Xpander (PT. Sardana Indah Berlian Motor). Public Service and Governance Journal, 4(1), 52–60. https://doi.org/10.56444/psgj.v4i1.769
Sunarto, S. (2015). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Kerajinan Kulit Kartika Magetan. EQUILIBRIUM : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembelajarannya, 3(2), 191–205. https://doi.org/10.25273/equilibrium.v3i2.668
Supariyadi, T., Mahfud, I., & Marsheilla Aguss, R. (2022). Hubungan Tingkat Kebugaran Jasmani Terhadap Prestasi Belajar Penjas Tahun 2021. Journal of Arts and Education, 2(2), 60–71. https://doi.org/10.33365/jae.v2i2.109
Supriyatna, Y. (2020). Analisis Pengaruh Harga, Desain Produk, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Produk Yamaha Mio Di Kota Cilegon). Sains Manajemen, 6(1), 36–50. https://doi.org/10.30656/sm.v6i1.2097
Surokim. (2016). Riset Komunikasi : Buku Pendamping Bimbingan Skripsi. Pusat Kajian Komunikasi Publik Prodi Ilmu Komunikasi FISIB-UTM & Aspikom Jawa Timur, 285. http://komunikasi.trunojoyo.ac.id/wp-content/uploads/2016/01/BUKU-RISET-KOMUNIKASI-JADI.pdf
Susanti, Mulyono, H., & Syamsuri, A. R. (2023). Pengaruh Ketersediaan dan Keragaman Produk Terhadap keputusan Pembelian pada PT Sumber Perintis Jaya Dolok Masihul. Manajemen Dan Kewirausahaan, 4(1), 29–40. https://doi.org/10.53682/mk.v4i1.5821
Wisudaningsi, B. A., Arofah, I., Konstansius, D., & Belang, A. (2019). STATMAT (Jurnal Statistika dan Matematika) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DENGAN MENGGUNAKAN METODE ANALISIS REGRESI LINEAR BERGANDA. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Dengan Menggunakan Metode Analisis Regresi Linear Berganda, 1(1), 103–117.