PENGARUH PENGETAHUAN, PROMOSI DAN LOKASI TERHADAP MINAT MASYARAKAT MENABUNG DI BANK SYARIAH INDONESIA KOTA JAMBI
DOI:
https://doi.org/10.61722/jaem.v2i1.4176Keywords:
Knowledge, Promotion, Location, InterestAbstract
This study aims to analyze the influence of knowledge, promotion, and location on people's interest in saving at Bank Syariah Indonesia in Jambi City.This study uses a quantitative method with a data collection technique through a questionnaire. The population in this study were people in Jambi City. The sample collection technique used the Slovin formula so that the number of samples in this study was 98.3 ≈ 100.The results of the study indicate that the knowledge variable has a significant positive effect on people's interest in saving at Bank Syariah Indonesia in Jambi City, the promotion variable does not affect people's interest in saving at Bank Syariah Indonesia in Jambi City and the location variable has a significant positive effect on people's interest in saving at Bank Syariah Indonesia in Jambi City.
References
Ahmad Edi Saputra. (2022). “Pengaruh Pengetahuan, Promosi, Dan Fasilitas Terhadap Keputusan Menabung Dengan Minat Menabung Sebagai Variabel Intervening”, Jurnal Al-Mujaddid Humaniora, 8(1) , 10-12.
Anisa Yuri., Mufti Alam Adha & Riduwan, (2023) “Pengaruh Pengetahuan Masyarakat Tentang Produk, Pelayanan dan Lokasi Bank Dalam Memilih Jasa Bank Syariah di Kota Yogyakarta”, Journal of Islamic Economics and Banking, 4(2), 135.
G.W.I Awal Habibah & Afriani Nur Hasanah, (2021) “Pengetahuan Masyarakat Tentang Perbankan Syariah Terhadap Minat Menabung DiBank Syariah (Studi pada Masyarakat Desa Pagar Puding Kec. Tebo Ulu)”, Jurnal Margin, 1(1), 48-49.
Imam Ghozali, “ Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23,” Semarang Universitas Diponegoro, 2016, hlm. 153-156.
Kholidatul fikriyah & Rafika Rahmawati. (2022). “Analisis Minat Menabung Di Bank Syariah Pada Santri Pondok Pesantren Attaqwa Pusat Putri Bekasi”, AI-bank : Journal Islamic Banking and Finance, 2(1), 56.
Muhammad Anim Musthofa & Mila Fursiana Salma Musfiroh, (2022) “Pengaruh Produk, Promosi dan Gaya Hidup Terhadap Minat Menabung Siswa Pada Bank Syariah”, Jurnal Akuntansi, Manajemen & Perbankan syariah, 2(1), 66.
Nur Fadilah Amin., Sabaruddin Garancang & Kamaluddin Abunawas, (2023) “Konsep Umum Populasi Dan Sampel Dalam Penelitian ’’, JURNAL PILAR: Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 14(1), 17.
Nurbaiti, Supaino & Diena Fadhilah, (2020) “Pengaruh Pengetahuan Terhadap Minat Menabung Masyarakat Pesantren Di Bank Syariah,” Jurnal Bilal (Bisnis Ekonomi Halal), 1(2), 32.
Olive Mariana Paputungan., Syarifuddin & Ramli Semmawi, (2021) “ Pengaruh Lokasi Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Pembantu Unit Inobonto Terhadap Minat Nasabah Untuk Menabung”, Journal of Islamic Banking adn Finance, 1(1), 12.
Putri Indah Sari & Pani Akhiruddin Siregar, (2023) “Pengaruh Produk, Promosi, dan Gaya Hidup Terhadap Minat Menabung Siswa Di BSI KCP Bagan Batu Rokan Hilir Riau (Studi Kasus SMA AL-Muhajidin)”, Jurnal Program Studi PGMI, 10(10) , 235.
R Maharani., T Supriyanto & M Rahmi, (2021) “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Menabung Di Bank Syariah (Studi Kasus Pada BSI Ex BSM)”, Jurnal Syarikah, 7(2), 129.
Rifka Agustiani & dkk, (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif. Makassar: CV. Tohar Media.
Robby Akmal & Iswan Noor, (2021). “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Menabung Masyarakat Di Bank Syariah (Studi Kasus Masyarakat Kota Bandung Kelurahan TamanSari)”, Jurnal Ilmiah, 2.
Robby Fauji & Syifa Pramudita Faddila, (2020) “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Johar Futsal Karawang,” Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif 5, 2, 42-43.
Siti Raihana & Riza Aulia Azhary. (2020). ”Pengaruh Pengatahuan, Religiusitas, Lokasi, Dan Lingkungan Sosial Terhadap Minat Menabung Di Bank Aceh Syariah Cabang Jeuram (Studi Pada Masyarakat Kecamatan Seungan Kabupaten Nagan Raya)”, Global Journal of Islamic Banking and Finance, 2(2), 113-114.
Titin Agustin Nengsih., Arsa, & Pradita Sari Putri, (2021) “Determinan minat menabung masyarakat di Bank syariah : Studi empiris di Kota Jambi”, Jurnal of Business and Banking, 11(1), 97.
Vista Donna Citrawati., Adhi Prakosa., & Anindita Imam Basri, (2021) “Pengaruh Pengetahuan, Promosi, Produk, dan Reputasi Terhadap Minat Menabung di Tabungan Tamansari BPR Bantul”, Jurnal Ilmu Manajemen, 1(1), 2.
Yeni Nurika., Adi Rahmannur Ibnu & Imam Abdul Aziz, (2021) “Analisis Pengaruh Promosi, Keunggulan Produk, Dan Penerapan Nilai Syariah Terhadap Minat Menabung Masyarakat (Studi Pada PT.BSI Kuala Tungkal, Jambi),” Jurnal Nisbah, 7(2), 103.