Tantangan Pemasaran Produk Agribisnis pada UMKM Bunga Lestari: Analisis Hambatan dan Solusi
DOI:
https://doi.org/10.61722/jaem.v2i1.4210Keywords:
marketing; digital strategies; MSME challengesAbstract
Bunga Lestari MSME faces various challenges in agribusiness product marketing amidst increasingly fierce competition. This study aims to analyze the marketing challenges encountered by the MSME and formulate appropriate solutions to enhance its competitiveness. The research method employed is a qualitative approach, with data collection through direct observation and semi-structured interviews with relevant stakeholders. The results indicate that the main obstacles faced are the lack of utilization of digital media, limited market access, and minimal product innovation. These findings suggest the necessity for developing a more effective digital marketing strategy and product innovation to increase the competitiveness and sales volume of Bunga Lestari MSME in a competitive market. Thus, this study provides recommendations that can assist the MSME in addressing the existing marketing challenges.
References
Adi, and Marlia Muklim. 2024. “Strategi Pemasaran Bebek Petelur.” Wanatani 4(1):27–43. doi: 10.51574/jip.v4i1.237.
Arum Wahyuni Purbohastuti, and Fakultas. 2021. “EFEKTIVITAS BAURAN PEMASARAN PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN INDOMARET.” Jurnal Sains Manajemen 1(2):101–12. doi: 10.47467/visa.v1i2.783.
Barus, Dariz Radyananda, Handika Natanael Simamora, Michael Glora Surya Sihombing, Josua Panjaitan, and Lenti Susana Saragih. 2023. “Tantangan Dan Strategi Pemasaran UMKM Di Era Teknologi Dan Digitalisasi.” Journal of Creative Student Research (JCSR) 1(6):357–65.
DEVANA, ARA PRISTI MIKE. 2023. “STRATEGI PEMASARAN KRIPIK JAGUNG DI UMKM JAYA TANI KELURAHAN GEDOK KECAMATAN SANANWETAN KOTA BLITAR.” Pp. 1–19 in Vol. VIII.
Fahriana Nurrisa, Dina Hermina, Norlaila. 2025. “Pendekatan Kualitatif Dalam Penelitian : Strategi , Tahapan , Dan Analisis Data Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran ( JTPP ).” Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran 02(03):793–800.
Harahap, Lokot Muda, Oscar Majeovan Basieta Surbakti, Jonatan Gerald, and Rizky Ramadhan. 2024. “Strategi Pemgembangan Agribisnis Berkelanjutan Di Era Digital: Tantangan Dan Peluang.” Jurnal Ilmu Manajemen, Bisnis Dan Ekonomi | JIMBE 1(5):126–32.
Hastowo, Anggit Yudhi, Muhamad Reza, and Zulmardi Zulmardi. 2024. “Strategi Pemasaran Pupuk Organik Premium Agrina 99 Berbasis Media Sosial Untuk Meningkatkan Kinerja Pemasaran PT. Agribisnis Technology Indonesia.” Menara Ilmu 18(2):92–104. doi: 10.31869/mi.v18i2.5616.
Jumadil Abidi, Ike Kusdyah, Agus Rahman. 2023. “PENGARUH SOSIALISASI DAN EDUKASI TERHADAP KUALITAS TEMBAKAU SERTA DAMPAKNYA PADA STRATEGI PEMASARAN (Studi Pada Petani Tembakau Desa Pandan Wanggi Lombok Timur Nusa Tenggara Barat ) Jumadil.” Jurnal Ilmiah Riset Aplikasi Manajemen 1(1).
Krisna Fransina Lermating, S.P., M.Si. Megandhi Gusti Wardhana, M.P. Yenny Laura Butarbutar, S.P., M. P., and Diterbitkan. 2016. MANAJEMEN PEMASARAN Strategi Pemasaran Agribisnis. PT. Literasi Nusantara Abadi Grup.
Mangopo, Yurnaidi Indri, La Ode, and Arfan Dedu. 2024. “Strategi Pemasaran Dan Kelayakan Usaha Produk Agribisnis Di Era Digital ( Studi Kasus UMKM Agribisnis Gabin Fla Di Kota Kendari ).” 4:6879–86.
Pipit Muliyah, Dyah Aminatun, Sukma Septian Nasution, Tommy Hastomo, Setiana Sri Wahyuni Sitepu, Tryana. 2020. PEMASARAN AGRIBISNIS. Vol. 7.
Rian Andriani, Ade Mubarok, Neng Diana Fitaloka, Fransiska Sabu Kopong, Firdaus Abdul Aziz. 2024. “Strategi Pengembangan Usaha Tanaman Hias Pada UMKM Tanaman Hias Cihideung Bandung Barat.” JURNAL SOSIAL & ABDIMAS Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 6(2):124–31.
Rifai, Ahmad. 2023. “Strategi Pemasaran Usaha Tanaman Hias Aglonema ( Studi Kasus Di Suluh Nursey Batanghari Lampung Timur ) Jumlahnya Sangat Melimpah Seperti Flora Dan Fauna . Kekayaan Flora Yang Sangat Pertimbangan Dalam Menentukan Jenis Komoditas Yang Akan Dikembangkan , A.” Jurnal Ilmiah Dan Karya Mahasiswa 1(6).
Sinaga, Mahaitin H., Sri Martina, and Djahotman Purba. 2024. “Pengaruh Modal Kerja, Jam Kerja Dan Tingkat Pendidikan Terhadap Pendapatan UMKM Di Kabupaten Simalungun.” Jurnal Ilmiah Accusi 6(1):151–60. doi: 10.36985/n4s0jb32.
Sulaeman. 2023. “PERBANDINGAN TINGKAT PENDAPATAN UMKM DI MASA PANDEMI DAN PASCA COVID-19 (Studi Kasus Di Objek Wisata Loang Baloq Kota Mataram).” Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi 13(1):104–16.
Suparman, Irwansyah, Muhtar Amin, Junaedi, Muhammad Obi Kasmin, Nursalam, La Ode Mushafaat. 2024. “Peningkatan Agribisnis Peternakan Kambing Di Kabupaten Kolaka Sulawesi.” Tarjih Tropical Livestock Journal Volume 04(02):53–60. doi: 10.47030/trolija.v4i2.835.
Tulusan, Theresia, Patricia Jeaneth, and Cyntia Kojongian. 2024. “Strategi Pemasaran Digital Marketing Dalam Meningkatkan Penjualan ( Studi Kasus Pada Pelaku UMKM Pengrajin Gula Aren Di Desa Kalait Dua Kab . Minahasa Tenggara ).” Journal of Management ISSN : 2614-851X (Online) Strategi 7(3):1306–12.
Vivaldy, Eugenius, Imelda W. J. Ogi, and Debry Ch. A. Lintong. 2023. “STRATEGI PEMASARAN DALAM PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN PERUMAHAN PADA PT. ELFANDO BERSAUDARA SENTOSA DI MINAHASA UTARA.” Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi 11(1):866–72. doi: 10.35794/emba.v11i1.46461.
Yasmin, Muhamad Adiala, Nindia Ellissa Agata, Anggi Nauli, and Rafael Valentino Mauboy. 2024. “Literature Review : Strategi Pemasaran Marketing Mix Terhadap UMKM Lokal.” Jurnal Disrupsi Bisnis 7(2):287–94.
Zed, Etty Zuliawati, Salsabila Al Muniroh, and Asmala Sabrina. 2024. “Strategi Inovasi Produk Dan Pemasaran Untuk Meningkatkan Keberlanjutan UMKM.” Jurnal Pendidikan Tambusai 8(2016):48610–13.