Analisis Penggunaan Business Model Canvas Terhadap Persaingan Bisnis Pada BMT El-Mentari Purwokerto
DOI:
https://doi.org/10.61722/jaem.v2i2.4758Keywords:
Kata Kunci: Business Model Canvas; BMT; Koperasi syariah; daya saing; strategi bisnisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan Business Model Canvas (BMC) dalam memahami dan meningkatkan daya saing bisnis di BMT El-Mentari Purwokerto. Menggunakan metode deskriptif kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan manajer dan karyawan BMT, serta dokumentasi dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesembilan elemen BMC (Customer Segments, Value Propositions, Channels, Customer Relationship, Revenue Streams, Key Resources, Key Activities, Key Partnership, dan Cost Structure) telah diterapkan secara efektif untuk menjawab kebutuhan pasar, memperkuat hubungan dengan nasabah, serta menjaga keberlanjutan operasional koperasi syariah tersebut. Strategi seperi sistem jemput bola, promosi berbasis komunitas, dan penguatan kemitraan lokal menjadi kunci dalam menciptakan nilai tambah dan diferensiasi layanan. Kesimpulan dari studi ini menyatakan bahwa Business Model Canvas mampu manjadi alat strategis dalam meningkatkan efisiensi dan daya saing lembaga keuangan syariah di tengah dinamika pasar yang kompetitif.
References
Afriandi, R. (2022). Business Model Canvas for Social Enterprise Pada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas).
Alesia Santoso, I. (2022). Perancangan value proposition canvas. Business…/Jurnal Titra, 10(1), 31–38.
Aliwinoto, C., Hediyani, M., & Malinda, M. (2022). Analisis Business Model Canvas Usaha Mikro Kecil Menengah. Seminar Nasional Pariwisata Dan Kewirausahaan (SNPK), 1, 173–182. https://doi.org/10.36441/snpk.vol1.2022.35
Amour, S. A. Z. K., Fatimatusalwa, S., & Bastomi, M. (2024). Efisiensi dan Efektivitas Pengembangan Bisnis Melalui Pendekatan Business Model Canvas (BMC) dan Analisis SWOT. Revenue : Jurnal Lentera Bisnis Manajemen JLBM , 02(03), 90–102. https://lenteranusa.id/
Anter, R. E., Jan, A. B. ., & Pondaag, J. J. (2022). Analisis Business Model Canvas Pada UD. Perdana Motor. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(2), 144. https://doi.org/10.35794/emba.v10i2.39510
Athia, I., Saraswati, E., & Normaladewi, A. (2018). Penerapan Business Model Canvas (Bmc) Untuk Mendorong Mindset Kewirausahaan Di Kalangan Mahasiswa Universitas Islam Malang. JU-Ke (Jurnal Ketahanan Pangan), 2(1), 66–75. https://doi.org/10.36728/jpf.v5i2.3481
Dewobroto, W. S. (2012). Penggunaan Business Model Canvas Sebagai Dasar Untuk Menciptakan Alternatif Strategi Bisnis Dan Kelayakan Usaha. Jurnal Teknik Industri, 2(3), 215–230. https://doi.org/10.25105/jti.v2i3.7032
Fadli, F., Suryadi, S., Tanjung, A. F., Barmawi, B., Azzahra, A., & Mustika, J. (2023). Pendampingan Pengembangan Usaha UMKM Baru Dengan Model Bisnis Canvas. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 1(10), 2182–2188. https://doi.org/10.59837/jpmba.v1i10.490
Fajar Azmi Kurniawan. (2019). Pendekatan Business Model Canvas Sebagai Perancangan Strategi Bisnis Baru. Sketsa Bisnis, 4(2), 123–135. https://doi.org/10.35891/jsb.v4i2.1602
Fikri Ihsanul Fuad, Juliana Kadang, & Ihksan Syarifuddin. (2023). Implementasi Business Model Canvas (Bmc) Dalam Perencanaan Strategi Pemasaran Toreko. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen, 2(1), 102–113. https://doi.org/10.58192/ebismen.v2i1.656
Hakim, L., Putri Aureli, A. B., Adam, Z., Sagita, I. A., Anisah, F. N., Nusantara, C. T. A., & Amin, A. A. (2021). Analisa Keberlanjutan Bmt Dalam Pademi Covid 19 Berbasis Bisnis Model Dan Pemilihan Pelayanan Anggota Pembiayaan (Selective Lending). El-Ecosy : Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Islam, 1(1), 17. https://doi.org/10.35194/eeki.v1i1.1135
Inayah, N. N., Dewi, A., & Balgis, L. F. (2024). ANALISIS PENERAPAN BUSINESS MODEL CANVAS DALAM MENINGKATKAN NASABAH TABUNGAN HAJI DI BSI KC BOGOR PAJAJARAN SUKASARI. NISBAH: Jurnal Perbankan Syariah, 10(2), 191–198. https://doi.org/https://doi.org/10.30997/jn.v10i2.14866
Lopes, H. E. G., Rodrigues, V. C., Leite, R. S., & Gosling, M. (2023). Business Model Canvas and Entrepreneurs: Dilemmas in Managerial Practice. Brazilian Business Review, 20(3), 260–280. https://doi.org/10.15728/bbr.2023.20.3.2.en
Mursyidah, A., & Alifa, S. (2022). ANALISIS BUSINESS MODEL CANVAS MENGENAI PROGRAM DAN STRATEGI PEMASARAN PRODUK Azizah Mursyidah danSabrina Alifa. Jurnal Ekonomi Syariah, 1(1), 28–37. https://doi.org/10.59818/tijarah.v1i1.96
Osterwalder, A., & Pigneur, Y. (2014). Business Model Generation. PT. Elex Media Komputindo.
Pravitasi, A. H. dan R. J. (2013). Business Model Canvas ( Kanvas Model Bisnis ). Akselerasi.Id, 1–23.
Purba, T., Nainggolan, N. P., Nurhabsyina, N., Rahmadani, I. A., & Putri, T. A. (2024). Penerapan Bisnis Model Kanvas Pada Produk Tawanyesss. Postgraduate Management Journal, 3(2), 52–62. https://doi.org/10.36352/pmj.v3i2.732
Rahmadiansyah, C., & Abin, R. (2023). STRATEGI PERSAINGAN USAHA MELALUI BUSINESS MODEL CANVAS PADA SENTRA INDUSTRI KECIL UD. PERCETAKAN HILMI PUTRA DI DESA KETANON KECAMATAN KEDUNGWARU KABUPATEN TULUNGAGUNG. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 2(7), 2923–2934. https://doi.org/https://doi.org/10.53625/jcijurnalcakrawalailmiah.v2i7.5279
Setiawan. (2023). BUSINESS MODEL CANVAS. Jurnal Kajian Budaya Dan Humaniora, 5(2), 199–216.
Solihah, E., Hubeis, A. V. S., & Maulana, A. (2016). Analisis Model Bisnis Pada Knm Fish Farm Dengan Pendekatan Business Model Canvas (Bmc). Jurnal Sosial Ekonomi Kelautan Dan Perikanan, 9(2), 185–194. https://doi.org/10.15578/jsekp.v9i2.1220
Sulistiani, D. (2018). Analisis SWOT dalam Memenangkan Persaingan Bisnis. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 6(11), 1–10.
Warnaningtyas, H. (2020). Desain Bisnis Model Canvas (BMC) Pada Usaha Batik Kota Madiun. Jurnal Ekomaks, 9(2), 52–65. https://ekomaks.unmermadiun.ac.id/index.php/ekomaks/article/view/62
Wijaya, F., & Adib, M. (2019). 2019 Formulasi Perancangan Strategi Pengembangan Usaha Menggunakan Analisis SWOT dan Business Model Canvas.pdf. 10(2), 205–211.










