INOVASI PENYUSUNAN ELEMEN PEMASARAN ORGANISASI SEBAGAI UPAYA PENGUATAN MARKETING SKILL PRAKTIS
DOI:
https://doi.org/10.61722/jaem.v2i2.4779Keywords:
innovation; marketing mix; digital marketing; practical skills; capacity buildingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana inovasi dalam penyusunan elemen
pemasaran organisasi dapat berkontribusi terhadap penguatan keterampilan pemasaran secara
praktis (marketing skill). Di tengah dinamika pasar dan transformasi digital, organisasi dituntut
untuk meninggalkan pendekatan pemasaran konvensional dan beralih pada strategi yang lebih
adaptif dan kreatif. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan
studi kasus pada beberapa organisasi profit dan non-profit. Data dikumpulkan melalui wawancara
mendalam dan kuesioner, kemudian dianalisis dengan pendekatan tematik. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa penerapan inovasi dalam elemen pemasaran seperti digitalisasi promosi,
penyesuaian produk berbasis kebutuhan konsumen, dan penggunaan media sosial—secara
signifikan meningkatkan keterampilan teknis dan interpersonal tim pemasaran. Inovasi juga
mendorong proses pembelajaran berbasis pengalaman (experiential learning) yang berperan
dalam penguatan kapasitas sumber daya manusia organisasi secara menyeluruh.
References
Anwar, R. A., Ramadhan, R., & Artikel, I. (2022). Pentingnya Pemasaran Dalam Menunjang Perkembangan Bisnis. Journal for Management Student (JFMS, 2(4), 5–7. https://journal.unsika.ac.id/index.php/jfms
Dr. Basu Swastha Dharmansta. (2015). ◻Pengertian pemasaran. 1.
Dwi, A. (2023). Inovasi Dalam Pemasaran, Pengertian, Manfaat Beserta Contohnya. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. https://feb.umsu.ac.id/inovasi-dalam-pemasaran/
Fitrianto, E. M. (2022). Pemasaran Sosial; Sejarah, Isu, Dan Perkembangan Masa Kini. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, 21(3), 247–270. https://ejournal.undip.ac.id/index.php/jspi/article/view/47848/25376
GreatNusa. (2023). Manajemen Inovasi: Pengertian, Tujuan, dan Cara Penerapannya. 8 Februari, 10. https://greatnusa.com/artikel/manajemen-inovasi-adalah/
Hildebrandt, H. W., & Snyder, R. D. (1981). The Pollyanna Hypothesis in Business Writing: Initial Results, Suggestions for Research. Journal of Business Communication, 18(1), 5–15. https://doi.org/10.1177/002194368101800102
Jurnal, M. (2024). 7 Strategi Pemasaran Produk yang Harus Anda Cba, Apa Saja. Kami, H. (2024). Artikel Perilaku Konsumen di Era Digital : Strategi Efektif untuk
Perusahaan. July.
Rao, S., & Delhi, N. (1990). Peningkatan Kapasitas Kota. 2, 497–510.
Sekarang, I., & Blog, K. K. E. (n.d.). Bauran Pemasaran Apa Itu ? Ini Pengertian dan Contoh Implementasi.










