INOVASI PENYUSUNAN ELEMEN PEMASARAN ORGANISASI SEBAGAI UPAYA PENGUATAN MARKETING SKILL PRAKTIS

Authors

  • Syahla Nabila Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Zuhrinal M. Nawawi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.61722/jaem.v2i2.4779

Keywords:

innovation; marketing mix; digital marketing; practical skills; capacity building

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana inovasi dalam penyusunan elemen

pemasaran organisasi dapat berkontribusi terhadap penguatan keterampilan pemasaran secara

praktis (marketing skill). Di tengah dinamika pasar dan transformasi digital, organisasi dituntut

untuk meninggalkan pendekatan pemasaran konvensional dan beralih pada strategi yang lebih

adaptif dan kreatif. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan

studi kasus pada beberapa organisasi profit dan non-profit. Data dikumpulkan melalui wawancara

mendalam dan kuesioner, kemudian dianalisis dengan pendekatan tematik. Hasil penelitian

menunjukkan bahwa penerapan inovasi dalam elemen pemasaran seperti digitalisasi promosi,

penyesuaian produk berbasis kebutuhan konsumen, dan penggunaan media sosial—secara

signifikan meningkatkan keterampilan teknis dan interpersonal tim pemasaran. Inovasi juga

mendorong proses pembelajaran berbasis pengalaman (experiential learning) yang berperan

dalam penguatan kapasitas sumber daya manusia organisasi secara menyeluruh.

References

Anwar, R. A., Ramadhan, R., & Artikel, I. (2022). Pentingnya Pemasaran Dalam Menunjang Perkembangan Bisnis. Journal for Management Student (JFMS, 2(4), 5–7. https://journal.unsika.ac.id/index.php/jfms

Dr. Basu Swastha Dharmansta. (2015). ◻Pengertian pemasaran. 1.

Dwi, A. (2023). Inovasi Dalam Pemasaran, Pengertian, Manfaat Beserta Contohnya. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. https://feb.umsu.ac.id/inovasi-dalam-pemasaran/

Fitrianto, E. M. (2022). Pemasaran Sosial; Sejarah, Isu, Dan Perkembangan Masa Kini. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, 21(3), 247–270. https://ejournal.undip.ac.id/index.php/jspi/article/view/47848/25376

GreatNusa. (2023). Manajemen Inovasi: Pengertian, Tujuan, dan Cara Penerapannya. 8 Februari, 10. https://greatnusa.com/artikel/manajemen-inovasi-adalah/

Hildebrandt, H. W., & Snyder, R. D. (1981). The Pollyanna Hypothesis in Business Writing: Initial Results, Suggestions for Research. Journal of Business Communication, 18(1), 5–15. https://doi.org/10.1177/002194368101800102

Jurnal, M. (2024). 7 Strategi Pemasaran Produk yang Harus Anda Cba, Apa Saja. Kami, H. (2024). Artikel Perilaku Konsumen di Era Digital : Strategi Efektif untuk

Perusahaan. July.

Rao, S., & Delhi, N. (1990). Peningkatan Kapasitas Kota. 2, 497–510.

Sekarang, I., & Blog, K. K. E. (n.d.). Bauran Pemasaran Apa Itu ? Ini Pengertian dan Contoh Implementasi.

Downloads

Published

2025-05-27