PENGARUH ENTREPRENEURIAL COMPETENCE, ENTREPRENEURIAL MINDSET DAN DIGITAL LITERACY TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA PESERTA DIDIK SMK
DOI:
https://doi.org/10.61722/jaem.v2i2.4865Keywords:
Entrepreneurial Interest, Competence, Mindset, Digital Literacy.Abstract
Masalah penelitian rendahnya tingkat minat berwirausaha peserta didik di SMK Negeri 4 Tasikmalaya. Tujuannya yaitu untuk mengetahui pengaruh entrepreneurial competence, enrepreneurial mindset dan digital lliteracy terhadap minat berwirausaha pada peserta didik SMK secara parsial dan simultan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling dengan metode simple random sampling. Pada penelitian ini pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil menunjukkan bahwa: 1) Entrepreneurial Competence berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Berwirausaha dengan nilai signifikansi 0,007 < 0,05. 2) Entrepreneurial Mindset berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Berwirausaha dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. 3) Digital Literacy berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Berwirausaha dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. 4) Entrepreneurial Competence, Entrepreneurial Mindset dan Digital Literacy berpengaruh secara simultan terhadap Minat Berwirasaha dibuktikan dengan Fhitung 215,264 > Ftabel 2,65 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05.
References
Abror, Farhan, Pardiman, and Arini Fitria Mustapita. “Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Pola Pikir Kewirausahaan Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha ( Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi DanBisnis Universitas Islam Malang).” E – Jurnal Riset Manajemen PRODI MANAJEMEN, 2021, 82–94.
Aini, Qurratul, and Farah Oktafani. “Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan, Motivasi Berwirausaha Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Komunikasi Dan Bisnis Telkom University” 17, no. 2 (2020): 151–59.
Anggresta, Vella, Siska Maya, and Desy Septariani. “Pengaruh Literasi Digital Dan Mata Kuliah Kewirausahaan Terhadap Kesiapan Berwirausaha.” Research and Development Journal of Education 8, no. 1 (2022): 153. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i1.12090.
Ilman, Khoeru, Sri Suwarsi, and Firman Shakti Firdaus. “Pengaruh Kompetensi Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Manajemen Angkatan 2017-2019 FEB Universitas Islam Bandung.” Bandung Conference Series: Business and Management 3, no. 1 (2023): 476–81. https://doi.org/10.29313/bcsbm.v3i1.7144.
Nanda, Aulia Dwi, and Kiki Sudiana. “Pengaruh Digital Literacy Dan Locus of Control Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Telkom.” J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains) 7, no. 1 (2022): 49. https://doi.org/10.33087/jmas.v7i1.366.
Rahmi, R. “Pengaruh Kompetensi Wirausaha Dan Kemandirian Pribadi Terhadap Keberhasilan Usaha (Studi Pada Usaha Mikro Di Kecamatan Galesong Utara Kabupaten Takalar).” (Doctoral Dissertation, UNEVERSITAS NEGERI MAKASSAR), 2019.
Shapero, A., and L. Sokol. The Social Dimensions of Entrepreneurship. Encyclopedia of Entrepreneurship, 1982.










