PENGARUH KENYAMANAN RUANG PUBLIK DAN FASILITAS TERMINAL TERHADAP KEPUASAN PENUMPANG PADA AREA TERMINAL KEDATANGAN BANDAR UDARA JENDERAL AHMAD YANI SEMARANG
DOI:
https://doi.org/10.61722/jaem.v2i2.4915Keywords:
Kenyamanan, Fasilitas, KepuasanAbstract
Transportasi udara merupakan sarana mobilisasi yang bisa dikatakan begitu efektif, karena waktu pergerakan umumnya lebih singkat daripada transportasi lainnya. Guna mendukung kelancaran transportasi udara, dibutuhkan bandar udara yang akan menjadi hubungan dari jaringan transportasi udara. Perencanaan bandar udara kerap didasarkan dari beberapa patokan kesesuaian untuk pesawat yang memenuhi syarat yang diharapkan dapat digunakan di masa depan. Mereka membutuhkan pelayanan dan kenyamanan selama di bandar udara. Beberapa orang menunggu di bandara sampai berjam-jam, mereka akan mengunakan fasilitas ruang publik dan fasilitas dari bandar udara. Maka pihak bandar udara perlu memperhatikan kepuasan penumpang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan dilakukan di Bandar Udara Ahmad Yani Semarang dengan 103 jumlah responden penumpang domestik yang sedang landing di terminal. Variabel Independen dalam penelitian ini adalah Kenyamanan Ruang Publik dan Fasilitas Terminal. Variabel Dependennya adalah Kepuasan Penumpang. Teknik analisis data menggunkan uji instrumen validitas reabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji t, uji f, dan koefisien determinasi. Hasil uji parsial dari penelitian ini adalah Kenyamanan Ruang Publik Tidak Berpengaruh Secara Signifikan terhadap Kepuasan Penumpang Hasil analisis menunjukkan bahwa kenyamanan ruang publik tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan penumpang, ditunjukkan oleh nilai t_hitung (0,830) < t_tabel (1,983) dengan signifikansi 0,409 > 0,05. Fasilitas Terminal Berpengaruh Signifikan terhadap Kepuasan Penumpang Hasil penelitian menunjukkan bahwa fasilitas terminal memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan penumpang, dengan nilai t_hitung (8,584) > t_tabel (1,983) dan signifikansi 0,000 < 0,05. Secara simultan kedua variabel tersebut berpengaruh signifikan.
References
Adeline, V. (2018). Analisis Kepuasan Penumpang Terhadap Tingkat Pelayanan Fasilitas Di Bandar Udara Adi Sutipto Yogyakarta. E-journal Uajv.
Afrilliana, N. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Grab di Kota Palembang. Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM, 1(2), 46-55.
Ahmad Yani International Airport. (2022). Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani layani 1,6 juta penumpang selama periode tahun 2022. Ahmad Yani International Airport.
Ahmad Yani International Airport. (2023). Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang layani 91 ribu penumpang selama periode libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Ahmad Yani International Airport.
Amril, A. J. U. (2021). Analisis Ketersediaan Fasilitas Terminal Penumpang Terhadap Kepuasan Penumpang Di Bandar Udara Sultan Babullah Ternate. Skripsi , Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta.
Apriyadi, D. (2017). Analisis pengaruh ketepatan waktu, fasilitas dan harga tiket terhadap kepuasan penumpang kereta api di stasiun Purwosari. Magistra, 29(99), 73-77.
Azizah, A. N. (2022). Analisis Pengaruh Fasilitas Pada Terminal 1 Terhadap Kepuasan Penumpang di Bandar Udara Juanda Surabaya. Ground Handling Dirgantara, 4(2), 2962–6625.
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Gultom, S., Marlita, D., & Wardana, A. (2018). Kualitas Layanan , Kepercayaan Merek dan Kepuasan Penumpang The Service of Quality , Brand Trust and the Passengers ’ Satisfaction. Jurnal Manajemen Transportasi & Logistik, 05(02), 169–178.
Irfan, & Mutmainnah, N. (2018). Optimalisasi Kapasitas Apron Bandar Udara Internasional Minangkabau Padang. Teknik dan Keselamatan Transportasi, 1(1), 17–25. https://doi.org/10.46509/ajtk.v1i1.30
Kementerian Perhubungan. (2010). Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 11 tahun 2010 Tentang Tatanan Kebandarudaraan Nasional.
Kementerian Perhubungan. (2015). Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor Pm 77 Tahun 2015 Tentang Standarisasi Dan Sertifikasi Fasilitas Bandar Udara.
Kusuma, N. M. P. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Ketersediaan Fasilitas Terhadap Kepuasan Penumpang di Ruang Tunggu Bandar Udara Ahmad Yani Semarang. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 631-640.
Mintardjo, B. H. (2023). Pengaruh Kenyamanan Ruang Pulik, Pelayanan Dan Fasilitas Taman Jayawijya Mojosonggo Di Surakarta Terhadap Kepuasan Wisatawan. NAWASENA: Jurnal Ilmiah Pariwisata, 2(2), 09-28.
Riduwan. 2014. Metode & Teknik Penyusunan Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Tjiptono, F. (2014). Pemasaran jasa-prinsip, penerapan,dan penelitian. Yogyakarta: And Offset.
Shazif, M., & Dyahjatmayanti, D. (2024). Pengaruh Fasilitas Terminal Keberangkatan terhadap Kepuasan Pengguna Jasa di Bandar Udara Radin Inten II Lampung. 4.
Widagdo, D. (2019). Analisa Kualitas Pelayanan Keamanan Petugas Aviation Security (Avsec) Terhadap Kepuasan Penumpang Di Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo Surakarta. Jurnal Optimal, 16(2), 35-45.










