PENGARUH OPTIMISME MASA DEPAN DAN DUKUNGAN KELUARGA TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI MAHASISWA (Survey Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi Angkatan 2022)

Authors

  • Shelvina Erma Fitriawati Universitas Siliwangi
  • Gugum Gumilar Universitas Siliwangi
  • Astri Srigustini Universitas Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.61722/jaem.v2i2.4931

Keywords:

Motivasi Berprestasi, Optimisme Masa Depan, Dukungan Keluarga

Abstract

Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya motivasi berprestasi yang dimiliki mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode survei eksplanasi. Populasi pada penelitian ini yaitu mahasiswa Pendidikan ekonomi Angkatan 2022 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh sehingga didapatkan 128 responden. Teknik pengumpulan menggunakan kuesioner tertutup dan teknik analisis data yaitu menggunakan uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, analisis regresi linear berganda, uji koefisien determinasi R2, uji t, dan uji F. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Terdapat pengaruh optimisme masa depan terhadap motivasi berprestasi mahasiswa dengan nilai signifikansi (0,000 < 0,05). 2) Terdapat pengaruh dukungan keluarga terhadap motivasi berprestasi mahasiswa dengan nilai signifikansi (0,038 < 0,05). 3) Terdapat pengaruh optimisme masa depan tdan dukungan keluarga terhadap motivasi berprestasi mahasiswa dengan nilai signifikansi (0,000 < 0,05).

References

Agripinata, D., & Dewi, K. S. (2013). Pengaruh Pelatihan Keterampilan Regulasi Emosi Pada Peningkatan Optimisme Masa Depan. Jurnal Empati, 344-350.

Cresswell. (2014). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dede Basriyanto. (2019). Dukungan Orang Tua terhadap Motivasi Berprestasi Dukungan Orang Tua terhadap Motivasi Berprestasi Pada Atlet Muda Sepakbola Di Pekanbaru. PSYCHOPOLYTAN (Jurnal Psikologi) ISSN CETAK : 2614-5227 VOL. 2 No. 2, Februari 2019 ISSN ONLINE : 2654-3672 70.

Matondang, A. (2018). Pengaruh Antara Minat dan Motivasi Dengan Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 24-32

Muhammad, M. (2016). Pengaruh Motivasi Dalam Pembelajaran. Lantanida jOURNAL, 87-97.

Nuryati, Mutmainnah, Lubis, H. Z., Talango, S. R., Ibrohim, B., & Nadjih, D. (2021). Metode Role Playing Dalam Meningkatkan Motivasi Berprestasi Anak Usia Dini Selama Masa Learning From Home . As-Sibyan, 139-148.

Priyatno, Duwi. (2017). Panduan Praktis Olah Data Menggunakan SPSS. Yogyakarta: ANDI.Ria, I. A., Redjeki, S., & Dewi, W. N. (2023). Indikator- Indikator yang Mempengaruhi Motivasi Berprestasi Siswa SMP Negeri 1 Karangrayung. Emphaty Cons: Journal Of Guidance and Counseling, 27- 36.

Sulistyowati, I., Cahyaningsih, O., & Alfiani, N. (2020). Dukungan Keluarga Dalam Pemberian Asi Eksklusif. Jurnal SMART Kebidanan, 47-51.

Sujana, I. W. (2019). Fungsi dan Tujuan Pendidikan Indonesia. ADI WIDYA Jurnal Pendidikan Dasar, 29-39.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kunatitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Warisno, A. (2022). Konsep mutu pembelajaran dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Attractive: Innovative Education Journal, 4(1), 310- 322.

Winarsih, M., Nasution, E. S., & Ori, D. (2020). Hubungan Keluarga Dengan Penerimaan Diri Orang Tua yang Memiliki ABK di SLB Cahaya Pertiwi Kota Bekasi. Jurnal IKRA -ITH Humaniora, 73-82.

Downloads

Published

2025-06-04