ANALISIS EKSTERNAL DAN INTERNAL PADA PERUSAHAAN BATU ALAM JIBAL STONES

Authors

  • Nazhara Azmi Universitas Muhammadiyah Bandung
  • Zikra Muhammad Filah Universitas Muhammadiyah Bandung
  • Achmad Mansur Pauji Universitas Muhammadiyah Bandung
  • Dimas Muhammad Ramdhani Universitas Muhammadiyah Bandung
  • Jaya Kusuma Universitas Muhammadiyah Bandung
  • Rizal Mustofa Universitas Muhammadiyah Bandung
  • Siti Mardiana Universitas Muhammadiyah Bandung

DOI:

https://doi.org/10.61722/jaem.v2i3.5782

Keywords:

Analisis internal-eksternal, batu alam, strategi bisnis, Jibal Stones, PESTLE, VRIO, IFAS-EFAS.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor eksternal dan internal yang memengaruhi keberlangsungan dan daya saing perusahaan batu alam Jibal Stones. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara langsung kepada pemilik usaha serta kajian literatur dari sumber-sumber akademik. Analisis lingkungan eksternal menggunakan pendekatan PESTLE dan Porter’s Five Forces, sedangkan analisis internal dilakukan melalui VRIO, Value Chain, dan matriks IFAS-EFAS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Jibal Stones memiliki kekuatan pada kualitas produk, estetika, layanan terintegrasi, dan pemasaran digital. Namun, perusahaan menghadapi tantangan seperti fluktuasi pasokan bahan baku, harga tinggi, serta kurangnya dukungan dari pemerintah. Strategi S/O (Strength-Opportunity) dinilai paling sesuai untuk mengoptimalkan peluang pasar melalui penguatan keunggulan internal, digitalisasi, dan inovasi produk.

References

(Barney 1991) Firm resources and sustained competitive advantage. Journal of Management.

(David and David 2016) Strategic Management: A Competitive Advantage Approach, Concepts and Cases (16th ed.). Pearson.

(Johnson, Scholes, and Whittington 2008) Exploring Corporate Strategy: Text and Cases (8th ed.). FT Prentice Hall.

(Wheelen and Hunger 2017) Strategic Management and Business Policy: Globalization, Innovation and Sustainability (15th ed.). Pearson.

(Porter 2008) The Five Competitive Forces That Shape Strategy. Harvard Business Review, 86(1).

Downloads

Published

2025-07-07