STRATEGI EKSPOR PRODUK UMKM KE PASAR INTERNASIONAL: STUDI KASUS PADA USAHA SEVEN COWBOY LEATHER

Authors

  • Ahmad Zhofaro Jawharul fadl Universitas Muhammadiyah Bandung
  • Farhan Mukti Mutakin Universitas Muhammadiyah Bandung
  • Muhammad Raihan Ramadhani Universitas Muhammadiyah Bandung
  • Muhammad Zaidan Ilham Supriadi Universitas Muhammadiyah Bandung
  • Nazhara Azmi Universitas Muhammadiyah Bandung

DOI:

https://doi.org/10.61722/jaem.v2i3.5953

Keywords:

Perdagangan Internasional, UMKM, Ekspor, Kerajinan Kulit

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi praktik ekspor langsung produk kerajinan kulit oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bandung ke Malaysia melalui kerja sama dengan UMKM lokal yaitu Seven Cowboy Leather. Kegiatan ini mencakup tahapan komunikasi dengan pemilik usaha, pembelian produk, pemasaran, serta proses pengiriman dan penerimaan barang oleh konsumen di luar negeri. Metode deskriptif kualitatif digunakan untuk memaparkan langkah-langkah ekspor serta tantangan dan solusi yang dihadapi. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa meskipun dilakukan secara sederhana dan tanpa skema harga khusus, ekspor dapat terlaksana dengan baik melalui komunikasi efektif, penggunaan jasa logistik internasional, dan pemanfaatan media sosial. Temuan ini memperlihatkan potensi besar pelaku muda dalam mendorong perluasan pasar produk UMKM ke tingkat global.

References

Al Farisi, S., Iqbal Fasa, M., & Suharto. (2022). Peran Umkm (Usaha Mikro Kecil Menengah) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. Jurnal Dinamika Ekonomi Syariah, 9(1), 73–84. https://doi.org/10.53429/jdes.v9ino.1.307

Anon. (1976). Literature Review. Journal of the Water Pollution Control Federation, 48(6), 997–1678.

Arumsari, A. F. (2024). Strategi Ekspor Produk Obi Belt Pt Dye Indigo Indonesia. Determinasi: Jurnal Penelitian Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi, 2(4), 14–19. https://doi.org/10.23917/determinasi.v2i4.282

Fiati, R. (2021). Strategi Pengembangan Jaringan Usaha UMKM Pigura Kaligrafi Memasuki Pasar Ekspor. Jurnal Dianmas, 5(April), 53–62.

Mardiana, S., Aini, A. N., Fauzi, M. N., Latifah, N., & ... (2025). Strategi Ekspor Produk Umkm Eatsambel: Analisis Potensi Dan Peluang Di Pasar Belanda. Jurnal Ekonomi & …, 2(01). http://ejournal.unu.ac.id/index.php/jimbis/article/view/466

Rahayu Prihandini, D., & Susanta Nugraha, H. (2023). Analisis Kemampuan Pemasaran Ekspor Produk Umkm Gresik Ke Luar Negeri Sebagai Upaya Peningkatan Ekspor Di Indonesia. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 12(3), 780–788. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab

Rusydiana, A. S. (2011). Perdagangan Internasional : Komparasi Teori Ekonomi Modern dengan Perspektif Islam Abstract. Jurnal Equilibrium Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Achmad Dahlan (STIEAD, 9(1), 1–24.

Sinaga, M. H., Sri Martina, & Purba, D. (2024). Pengaruh Modal Kerja, Jam Kerja Dan Tingkat Pendidikan Terhadap Pendapatan UMKM Di Kabupaten Simalungun. Jurnal Ilmiah Accusi, 6(1), 151–160. https://doi.org/10.36985/n4s0jb32

Suryanto, S., & Kurniati, P. S. (2022). Analisis Perdagangan Internasional Indonesia dan Faktor-Faktor yang Memengaruhinya. Intermestic: Journal of International Studies, 7(1), 104. https://doi.org/10.24198/intermestic.v7n1.6

WULANDARI, S. (2022). Dampak Perdagangan Internasional Dalam Prekonomian Indonesia. JISP (Jurnal Inovasi Sektor Publik), 2(1), 148–161. https://doi.org/10.38156/jisp.v2i1.126

Downloads

Published

2025-07-16