PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP REVISIT INTENTION DENGAN CUSTOMER SATISFACTION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DI RESTORAN WAROENG STEAK AND SHAKE DI ROYAL PLAZA SURABAYA

Authors

  • Aulia Savira Ananta Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Hanafi Adi Putranto Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.61722/jaem.v2i4.7418

Keywords:

experiential marketing, customer satisfaction, revisit intention, restauran, kuliner

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh experiential marketing terhadap revisit intention pada Waroeng Steak & Shake Surabaya, dengan customer satisfaction sebagai variabel mediasi. Penelitian ini melibatkan 96 responden yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling, dengan fokus pada konsumen yang pernah berkunjung ke restoran tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, dan pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner online menggunakan Google Forms. Analisis data menggunakan Partial Least Squares - Structural Equation Modeling (PLS-SEM) dengan bantuan program SmartPLS 4.1.0.3, serta meliputi uji validitas, reliabilitas, outer model, inner model, dan pengujian mediasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa experiential marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer satisfaction dan revisit intention. Namun, customer satisfaction tidak berpengaruh signifikan terhadap revisit intention dan tidak memediasi pengaruh experiential marketing terhadap revisit intention. Penelitian ini menegaskan bahwa strategi pemasaran pada industri restoran tidak hanya perlu berfokus pada kualitas makanan, tetapi juga pada penciptaan pengalaman bersantap yang berkesan melalui suasana, pelayanan, dan desain restoran. Peningkatan pengalaman pelanggan dengan memperhatikan kualitas makanan, variasi menu, penyajian, suasana, dan pelayanan dapat meningkatkan kepuasan serta mendorong niat kunjungan ulang pelanggan.

References

Adhari, I. Z. (2021). Kepuasan Pelanggan & Pencapaian Brand Trust. CV. Penerbit Qiara Media.

Febrianti, I. N., & Keni, K. (2021). Pengaruh Experiential Marketing dan Service Quality terhadap Customer Loyalty: Customer Satisfaction sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 5(1), 56–61. https://doi.org/10.24912/jmbk.v5i1.10400

Feriska, F., Kusnadi, E., & Praja, Y. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen melalui Minat Beli sebagai Variabel Intervening pada Toko Kecantikan Fithka Ms Glow di Mangaran Situbondo. Jurnal Mahasiswa Entrepreneurship (JME), 1(8), Article 8. https://doi.org/10.36841/jme.v1i8.2216

Lonardi, S., Lan, W. P., Hutabarat, F. A. M., Nugroho, N., & Supriyanto, S. (2021). Peranan Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna E-commerce Shopee Di Politeknik Cendana. Journal of Business and Economics Research (JBE), 2(3), Article 3. https://doi.org/10.47065/jbe.v2i3.955

Marcellino, L., Ellitan, L., & Muljani, N. (2021). Pengaruh Experiential Marketing terhadap Repurchase Intention dimediasi oleh Customer Satisfaction pada Restoran X Surabaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, 10(1), Article 1. https://doi.org/10.33508/jumma.v10i1.3254

Meillycent, J., Oslan, S. J., & Aprilia, A. (2023). Pengaruh Dining Experience terhadap Kepuasan Konsumen di Rustic Market By The Lake Restoran Graha Natura Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 17(1), 31–40. https://doi.org/10.9744/jmp.17.1.31-40

Mulyono, A. V., Septiano, B., & Aprilia, A. (2021). Pengaruh Dining Experience terhadap Kepuasan Konsumen dan Revisit Intention di Restoran Korea di Surabaya pada Era New Normal. Jurnal Manajemen Perhotelan, 7(1), 20–31. https://doi.org/10.9744/jmp.7.1.20-31

Nurhastuti, E. F., Prabowo, H., & Indiworo, R. H. E. (2024). Pengaruh Price dan Experiential Marketing terhadap Revisit Intention melalui Customer Satisfaction sebagai Variabel Intervening pada Customer Puninoth Studio Self Photo Studio Semarang. Jurnal Ilmiah Manajemen, Bisnis Dan Kewirausahaan, 4(1), 69–85. https://doi.org/10.55606/jurimbik.v4i1.738

Pertiwi, R. I., Rizan, M., & Sari, D. A. P. (2024). Pengaruh Utilitarian Value dan Experiential Marketing terhadap Revisit Intention dimediasi Customer Satisfaction: Studi pada Pelanggan Restoran All You Can Eat di Jakarta. Indonesian Journal of Economics, Management and Accounting, 1(1), Article 1.

Rahmadsyah, A., Lubis, R. K. H., Febrianda, D., Alifiyah, A., Jasmine, C. S., Cahyati, D. U., & Nasution, I. H. (2024). Pengaruh Store Atmosphere terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran Le Chateau. 5.

Salsabila, I., & Rini, R. O. P. (2023). Pengaruh Dining Experience terhadap Kepuasan Konsumen dan Revisit Intention di Restoran Indonesia di Korea Selatan (Studi Kasus di Bali Resto , Daejeon). Media Bina Ilmiah, 17(7), Article 7. https://doi.org/10.33578/mbi.v17i7.297

Syachadi, N. D., & Widyastuti, W. (2021). Pengaruh Experiential Marketing terhadap Niat Mengunjungi Kembali di Rumah Makan dengan Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Ilmu Manajemen, 9(3), 966–978. https://doi.org/10.26740/jim.v9n3.p966-978

Wijaya, S. M., Kevin, N., Kurniawan, A. P., & Wijaya, A. (2023). Giant Flavours: Strategi Pertumbuhan Bisnis yang Sukses di Industri Makanan dan Restoran Australia. 01(02).

Downloads

Published

2025-12-06

Issue

Section

Articles