STRATEGI PENGEMBANGAN INDUSTRI HALAL SEBAGAI PENDORONG EKONOMI LOKAL

Authors

  • Waluyo Waluyo Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta
  • Lingga Puspita Sekar Ayu Ramadhan Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta
  • Naili Mursidah Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta
  • Sania Redza Priyono Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta
  • Ika Maya Desy Ana Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta
  • Rahma Nisa Aulia Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta
  • Rila Dyah Wening Tyas Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.61722/jaem.v2i4.7681

Keywords:

produk lokal halal, strategi pemasaran digital

Abstract

Strategi pengembangan industri adalah rencana dan tindakan yang dirancang untuk mengembangkan sektor industri guna mendorong pertumbuhan ekonomi, meningkatkan daya saing, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Strategi ini mencakup berbagai pendekatan seperti pengembangan sumber daya manusia, inovasi teknologi, peningkatan  kapasitas produksi, dan penciptaan lingkungan usaha yang kondusif. Tujuannya adalah untuk menciptakan industri yang berkelanjutan dan bernilai tambah. Metode penelitian yg digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi patisipatif dan studi dokumentasi terhadap seorang mahsiswa yg mendirikan usaha makanan halal sebagai pendorong ekonomi lokal (umkm). Hasil penelitian menunjukkan berbasi offline dan online, dengan memanfaatkan media sosial seperti instagram, tiktok, facebook, dan whatsapp, sedangkan offline membuka stand bertempat di jalan tugu boto, boyolali. Penelitian ini menjunjukkan bahwa produk ini menjadi daya tarik masyarakat umum, karena merupakan makanan tradisional yg lestari, memiliki rasa yg lezat dan beragam varian rasa dan toping, serta harga yg terjangkau.

Author Biographies

Waluyo Waluyo, Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta

Dosen Program Studi Akuntansi Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam

Lingga Puspita Sekar Ayu Ramadhan, Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta

Program Studi Akuntansi Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam

Naili Mursidah, Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta

Program Studi Akuntansi Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam

Sania Redza Priyono, Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta

Program Studi Akuntansi Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam

Ika Maya Desy Ana, Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta

Program Studi Akuntansi Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam

Rahma Nisa Aulia, Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta

Program Studi Akuntansi Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam

Rila Dyah Wening Tyas, Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta

Program Studi Akuntansi Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam

References

Yestas, M., Balia, N., Sinaga, N., Haetubun, F., Rahaded, L., Ekonomi, F., & Bisnis, D. (n.d.). STRATEGI PEMASARAN PRODUK LOKAL PAPUA DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN PRODUK MODERN. https://e-jurnal.nobel.ac.id/index.php/jpm

https://share.google/F0iKZ2k8L7I4HHD2F

Downloads

Published

2025-12-15

Issue

Section

Articles