STRATEGI PENGEMBANGAN INDUSTRI HALAL SEBAGAI PENDORONG EKONOMI LOKAL
DOI:
https://doi.org/10.61722/jaem.v2i4.7681Keywords:
produk lokal halal, strategi pemasaran digitalAbstract
Strategi pengembangan industri adalah rencana dan tindakan yang dirancang untuk mengembangkan sektor industri guna mendorong pertumbuhan ekonomi, meningkatkan daya saing, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Strategi ini mencakup berbagai pendekatan seperti pengembangan sumber daya manusia, inovasi teknologi, peningkatan kapasitas produksi, dan penciptaan lingkungan usaha yang kondusif. Tujuannya adalah untuk menciptakan industri yang berkelanjutan dan bernilai tambah. Metode penelitian yg digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi patisipatif dan studi dokumentasi terhadap seorang mahsiswa yg mendirikan usaha makanan halal sebagai pendorong ekonomi lokal (umkm). Hasil penelitian menunjukkan berbasi offline dan online, dengan memanfaatkan media sosial seperti instagram, tiktok, facebook, dan whatsapp, sedangkan offline membuka stand bertempat di jalan tugu boto, boyolali. Penelitian ini menjunjukkan bahwa produk ini menjadi daya tarik masyarakat umum, karena merupakan makanan tradisional yg lestari, memiliki rasa yg lezat dan beragam varian rasa dan toping, serta harga yg terjangkau.
References
Yestas, M., Balia, N., Sinaga, N., Haetubun, F., Rahaded, L., Ekonomi, F., & Bisnis, D. (n.d.). STRATEGI PEMASARAN PRODUK LOKAL PAPUA DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN PRODUK MODERN. https://e-jurnal.nobel.ac.id/index.php/jpm










