ASSESMEN KOMPETENSI MINIMUM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI PESERTA DIDIK PADA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Adi Warman SDN 27 Ladang Hutan Kecamatan Baso Kabupaten Agam

DOI:

https://doi.org/10.61722/jirs.v1i1.20

Keywords:

Asesmen Kompetensi Minimum, literasi, numerasi

Abstract

Pelaksanaan ujian nasional mengalami kendala mulai dari sebelum pelaksanaan, proses pelaksanaan dan pasca pelaksanaan. Pemanfaatan hasil ujian nasional sebagai satu-satunya indikator keberhasilan peserta didik selama proses pembelajaran tentu kurang tepat kemudian sistem evaluasi diubah di Indonesia. Penghapusan ujian nasional secara tidak langsung berdampak pada proses pembelajaran di sekolah. Sebagai pengganti ujian nasional ini adalah Asesmen Kompetensi Minimum dan survei karakter. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan pengetahuan tentang konsep Asesmen Kompetensi Minimum dalam rangka meningkatkan kemampuan literasi numerasi peserta didik di sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian studi literatur. Dari hasil penelitian diketahui bahwa Asesmen dilakukan tidak berdasarkan kemampuan penguasaan materi sesuai kurikulum seperti pada ujian nasional, tetapi dirancang untuk memetakan dan meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan. Asesmen Kompetensi Minimum berfokus pada penguasaan kompetensi literasi dan numerasi yang diukur. Dengan demikian, pelaksanaan Asesmen Kompetensi Minimum diharapkan dapat meningkatkan kemampuan literasi numerasi peserta didik di Sekolah Dasar.

References

Azizu, & Abdul, B. Y. (2015). Tujuan Besar Pendidikan Adalah Tindakan. Prosiding Penelirian Dan Pengabdian Masyarakat, 295.

Cahyana, & Ade. (2020). Prospek AKM dan Surver Karakter : Memperkuat Basis Praliterasi dan Pranumerasi Usia Dini. In Branpaud Kemendikbud, 1–4.

Dwi Cahyanovianty, A., & Wahidin. (2021). Analisis Kemampuan Numerasi Peserta Didik Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal AKM. Jurnal Cendikia, 5.

Ghan, Salakhuddin, & Zharfa, M. (2020). Pengaruh Penghapusan Ujian Nasional Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Tematik, 1, 184.

Gloria, & Yulia, R. (2012). Pentingnya Asesmen Alternatif Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir dan Membaca Ilmiyah Siswa pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Scientie Educatia, 1.

Kartina, Missriani, & Fitriani, Y. (2022). Peningkatan Kemampuan Asesmen Kompetensi Minimum Literasi Siswa Melalui Pendekatan Saintifik SMPN 2 Payaraman. Wahana Didaktika, 20.

M.Ana, Muchson, M., Sugiono, & Rr.Forijati. (2021). Pengembangan Kemampuan Guru Ekonomi di Kediri Melalui Kegiatan Pelatiahan Asesmen Kompetensi Minimum. Rengganis Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1.

Mendikbud. (2020). Pusat Asesmen dan Pembelajaran Badan Penelitian dan Pengembangan Pembukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. AKM Dan Implikasinya Pada Pembelajaran.

Nehru, & Nio, A. (2019). Asesmen Kompetensi Sebagai Bentuk Perubahan Ujian Nasional Pendidikan Indonesia. Journal Of Chemical Information and Modeling, 9, 168.

Novita, N. (2021). Asesmen Nasional Pengetahuan dan Persepsi Calon Guru. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 5.

Pangesti, & Puji, F. T. (2018). Menumbuhkembangkan Literasi Numerasi Pada Pemnelajaran Matematika Dengan Soal Hots. Indonesia Digital Of Mathematics and Education, 5, 75.

Resti, & Kresnawati. (2020). Peningkatan Kemampuan Numerasi Melalui Pelatihan dalam Bentuk Tes untuk Asesmen Kompetensi Minimum Bagi Guru Sdit Aula di Sebrang Ulu Palembang. Jurnal Pendidikan, 18.

Rohim, D. C., Rahmawati, S., & Ganestri, I. D. (2021). Konsep Asesmen Kompetensi Minimum Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa SD. JUrnal Varidika, 33, h.55.

Sinambela, Pretty, Suhada, S., & Susilo, G. (2020). Analisis mengenai dampak penghapusan Ujian Nasional Terhadap Kelulusan Peserta Didik Jenjang SMP di Era Pandemi Covid 19. In Seminar Nasional Dan Diskusi Panel Matematika, 281.

Tyas, F., & Pangesti, P. (2018). Menumbuhkembangkan Literasi Numerasi Pada Pembelajaran Matematika dengan Soal Hots. Indonesian Digital Jurnal of Matematics and Education, 5.

Wulan, & Ratna, A. (2010). Pengertian dan Esensi Konsep Evaluasi. IN FMIPA Universitas Pendidikan Indonesia, 1.

Downloads

Published

2023-09-28

Issue

Section

Articles