SISTEM PEMASARAN DAN MOTIVASI KERJA UNTUK MENINGKATKAN PENGEMBANGAN CATERING MAK NI EPI DI DESA GEDANGAN, KECAMATAN WIROSARI KABUPATEN GROBOGAN

Authors

  • Nuruddin Mahmud STIE ANINDYAGUNA SEMARANG
  • Akhmad Nurrofi STIE ANINDYAGUNA SEMARANG
  • Fiderius Ismanto STIE ANINDYAGUNA SEMARANG

DOI:

https://doi.org/10.61722/japm.v2i4.1972

Keywords:

Pemasaran, Manajemen Sumber Daya Manusia

Abstract

UMKM yang menjadi mitra dalam kegiatan pengabdian ini adalah pengelola katering yang mana adanya keterbatasan pemasaran produk yang disebabkan kurangnya upaya peningkatan kemampuan karyawan. 

Metode kegiatan yang menjadi solusi untuk permasalahan mitra adalah dengan pendampingan berupa sosialisasi yang berhubungan dengan peningkatan sumber daya manusia. Kegiatan ini diarahkan untuk memberi motivasi kepada pengelola agar bisa menanamkan pemahaman akan pentingnya pemberian pengarahan bagi mitra sehingga dapat memperluas pengetahuan dan dalam rangka meningkatkan pengguna jasa katering pada produk mitra. Selain itu dilakukan juga kegiatan pendampingan yang berhubungan dengan peningkatan pengetahuan untuk memasarkan produk. Dari kegiatan ini diharapkan dapat memperluas pengetahuan pengelola uasaha.

Hasil dari pengabdian ini adalah terwujudnya peningkatan pengetahuan pengelola mengenai pemasaran dan manajemen sumber daya manusia, serta memberikan pemahaman mitra mengenai pembukuan sederhana.

References

Kerja, Budaya Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dinas Sosial Kabupaten Jember. Jurnal Penelitian IPTEKS, 4(1), 47. https://doi.org/10.32528/ipteks.v4i1.2109

https://lsupariwisata.com/2023/08/05/apakah-catering-termasuk-umkm/

https://www.bluecart.com/blog/what-is-catering

Kasman, P. S. P. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Bank Syariah Indonesia: Pemberdayaan Sumber Daya Manusia, Motivasi Kerja dan Perubahan Organisasi (Literature Review Manajemen). Jurnal manajemen pendidikan dan ilmu sosial, 2(2), 689-696.

Kotler, P. and Keller, Kevin L. 2016: Marketing Management, 15th Edition New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc..

Limakrisna, N. dan Purba, T.P. (2019) Manajemen Pemasaran, Teori dan Aplikasi dalam Bisnis di Indonesia, jilid 3. Mitra Wacana Media. Bogor.

Downloads

Published

2024-07-05